Pengaruh Periklanan, Celebrity Endorser dan Label Halal Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Shampo Sunsilk Hijab pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Palopo

  • Risna Risna UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALOPO
  • Rahmad Solling Hamid Universitas Muhammadiyah Palopo
  • Salju Salju Universitas Muhammadiyah Palopo

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui dan menjelaskan pengaruh periklanan, Celebrity Endorser, dan label halal terhadap keputusan pembelian konsumen shampo sunsilk hijab dikalangan mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Palopo Angkatan tahun 2016 berjumlah 253 Mahasiswa. Sampel ditentukan dengan menggunakan rumus slovin dengan tingkat presisi 5% diperoleh sebanyak 155 sampel. Metode analisis yang digunakan yaitu analsiis regresi linier berganda. Hasil penelitian diperoleh informasi bahwa berdasarkan uji simultan variabel periklanan, Celebrity Endorser, dan label halal berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, selanjutnya berdasarkan uji parsial yaitu untuk periklanan dan celebrity endorser berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian, sedangkan label harga berpengaruh positif tidak signifikan terhadap keputusan pembelian.

Keywords: Periklanan, Celebrity Endorser, label halal dan Keputusan Pembelian

References

Afrian (2017) Pengaruh Daya Tarik Iklan, Citra Merek, Kemasan Produk, Label Halal Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Mie Instan Indomie di Jurnal Administrasi Bisnis Uin Raden Fatah Palembang European Scientific,1 (3) 1–10. https://doi.org/10.1037/0022-3514.51.6.1173
Andrianto (2016). Pengaruh Celebrity Endorser dan Brand Image pada Proses Keputusan Pembelian. Management Analysis Journal, 5(2), 104–109. https://doi.org/10.15294/maj.v5i2.8055
Arikunto, S. (2010). Metode Peneltian. Jakarta: Rineka Cipta.
Bearden & Ingram (2007).Marketing Managemen:Knowledge and Skills,Internasional Edition McGraw-Hill.Penerjemahan: Slamet. Jakarta.
Choirul Lutviansah. (2016). Pengaruh Iklan Shampo Pantene Di Televisi Terhadap Keputusan Pembelian Shampo Di Kota Samarinda Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia, 1(1), 1–15.
Gitosudarmo (2008). Manajemen Pemasaran,Yogyakarta:kencana.
Hamid, R. S., & Patra, I. K. (2019). PENGANTAR STATISTIKA UNTUK RISET BISNIS DAN EKONOMI Konsep Dasar dan Aplikasi SPSS versi 25. Banten: CV. AA. RIZKY.
https://www.topbrand-award.com/top-brand-index/
Kalangi Tamengkel & Walangitan, (2019). Pengaruh Celebrity Endorser Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Shampo Clear. Jurnal Administrasi Bisnis, 8(1), 44. https://doi.org/10.35797/jab.8.1.2019.23499.44-54.
Khuwaroh, K. (2018). Analisis Pengaruh Label Halal, Keamanan Bahan, Promosi, Dan Harga Pada Produk Kosmetik Sariayu Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen, Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi 1(2), 155–172.
Kotler and Amstrong (2007). Dasar-Dasar Pemasaran jilid 1, Edisi Kesembilan Indeks Jakarta: Erlangga.
Kotler, and Amstron 2012.Prinsip-prinsip Pemasaran Edisi 14. Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip & Keller, K.L. (2009). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Mentari, K. (2018). Pengaruh Celebrity Endorser Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Citra Merek Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Umsu). Jurnal Administrasi Bisnis 2(2), 1–137.
Oliver, J. (2013).. Pengaruh Bauran Promosi Shampo Hijab Terhadap Keputusan Pembelian dan Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Konsumen di Kota Bogor Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004.
Rachma, N., & Hufron, M. (n.d.). Pengaruh Celebrity Endorser dan Brand Association terhadap Keputusan Pembelian Shampo Rejoice Hijab 3in1 Malang Journal of Chemical Information and Modeling Email : ratulolye@gmail.com. 105–118.
Rizki & Agung, (2017). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek Dan Celebrityendorser Terhadap Keputusan Pembelian Shampo Sunsilk Pada Indomaret Wilayah Pasarminggu Jakarta Selatan Jurnal Ilmu Manajemen Oikonomia. Jurnal Ilmu Manajemen Oikonomia, 13(2), 1–11.
Saputra (2017). Pengaruh Iklan Dan Penjualan Personal Terhadap Keputusan Pembelian Shampo Lifebuoy Di Kota Surabaya jurnal ilmu menejemen oikonomia: 6, 5–9.
Shimp, T. A. (2007). Integrated Marketing Communication in Advertising and Promotion 7th Edition. Thompson. Ohio. Terjemahan R. Syahrial dan D.A. Sari. Periklanan Promosi Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Edisi Ke-7. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Sugiyono. (2012). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Suryadi (2006). Model Kausal Kesadaran, Pelayan, Kepatuhan Wajib Pajak, Dan Pengaruhnya Terhadap Kinerja Penerimaan Pajak, Jurnal Keuangan Publik 1:105-121.
Widyaningrum, P. W. (2017). Pengaruh Label Halal dan Celebrity Endorser terhadap Keputusan Pembelian (Survei pada Konsumen Wardah di Ponorogo). JESI (Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia), 6(2), 83-98.
Wulandari, N., & Nurcahya, I. (2015). Pengaruh Celebrity Endorser, Brand Image, Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Clear Shampo Di Kota Denpasar. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 4(11), 3909–3935.
Zubaidah (2016). Pengaruh Harga Dan Iklan Televisi Terhadap Keputusan pembelian Shampo Sunsilk Di Kalangan mahasiswi universitas Palembang Jurnal Manajemen dan Organisasi,1(1), 1-9
Zulkifli, I (2019). Pengaruh Periklanan Islami Terhadap Keputusan Pembelian Produk Shampo Hijab Sunsilk Clean And Fresh Pada Mahasiswi Universitas Islam Riau, Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia 1(1), 59–73.
     Plum Analytic Metrics

Published
2020-12-11
How to Cite
Risna, R., Hamid, R., & Salju, S. (2020). Pengaruh Periklanan, Celebrity Endorser dan Label Halal Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Shampo Sunsilk Hijab pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Palopo. Jesya (Jurnal Ekonomi Dan Ekonomi Syariah), 4(1), 82-100. https://doi.org/https://doi.org/10.36778/jesya.v4i1.258

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.