Analisis Hubungan Norma Subjektif Terhadap Minat Pengusaha UMKM Untuk Membuat Laporan Keuangan Berbasis SAK ETAP Dengan Kemampuan Akuntansi Sebagai Variabel Moderasi

  • Rizki Fitri Amalia Politeknik Palcomtech
  • Nurussama Nurussama Politeknik Palcomtech

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lebih lanjut mengenai analisis hubungan norma subjektif terhadap minat pengusaha UMKM untuk membuat laporan keuangan berbasis SAK ETAP. Penelitian ini menggunakan analisis regresi moderasi. Objek penelitian ini adalah semua UMKM di Kota Palembang. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa kemampuan akuntansi belum mampu untuk memoderasi hubungan antara norma subjektif dengan minat untuk membuat pelaporan keuangan. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan akuntansi bukanlah faktor pendukung yang dapat memperkuat ataupun memperlemah minat untuk membuat pelaporan keuangan. Dengan kata lain pengusaha kecil yang ada di Kota Palembang memiliki pertimbangan pendukung lain dalam membetuk minatnya untuk membuat laporan keuangan.

Keywords: Norma Subjektif, Minat, Kemampuan Akuntansi, dan UMKM Kota Palembang
     Plum Analytic Metrics

Published
2018-12-10

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.