Analisa Dampak Kualitas Produk Informasi Terhadap Kepuasan Kerja Pengguna Sistem Informasi Manajemen Pada Universitas Potensi Utama

  • Austin Alexander Parhusip Universitas Potensi Utama
  • Wisnu Rayhan Adhitya Universitas Potensi Utama

Abstract

Penelitian ini berjudul “Dampak Kualitas Produk Informasi Tehadap Kepuasan Kerja Pengguna Sistem Informasi Manajemen Pada Universitas Potensi Utama” yang bertujuan untuk menyelidiki pengaruh sistem-sistem informasi pada hasil-hasil terkait kerja. Penelitian ini fokus terhadap variabel kualitas produk informasi (Quality of Information Product), peran kedwiartian (Role Ambiguity), konflik peran (Role Conflict), kepuasan kerja (Job Satisfaction). Penelitian ini mengambil sampel para pegawai Universitas Potensi Utama. Sampel responden diambil dengan menggunakan teknik sampling aksidental sebanyak 120 responden. Hasil penelitian menunjukan terdapat pengaruh positif dari variabel kualitas produk informasi terhadap kepuasan kerjahal ini dapat dilihat dari nilai C.R = 2.555, karena nilai C.R lebih besar dari 1,96 maka hipotesis 1 dterbukti. Hasil  estimasi  pengaruh peran konflik  terhadap peran tingkat kepuasan kerja menunujkan tidak  ada  pengaruh  dari  variabel  peran  konflik  terhadap kepuasan kerja, hal ini dapat dilihat dari nilai C.R = -1,455. Karena nilai C.R lebih kecil dari  1,96 maka dengan demikian hipotesis 2 tidak terbukti. Hasil estimasi pengaruh peran kedwiartian terhadap peran konflik diperoleh koefisien path = 0,326 (positif) dan nilai C.R = 1,662. Karena nilai C.R lebih kecil dari  1,96 menunjukan tidak ada pengaruh, dengan demikian hipotesis 3 tidak terbukti. Pada hasil estimasi pengaruh peran kedwiartian terhadap pencarian media nilai C.R = 2.013. Karena  nilai  C.R  lebih  besar dari 1,96, berarti ada pengaruh yang positif dan signifikan dari kualitas  produk informasi terhadap peran kedwiartian. dengan demikian hipotesis 4 terbukti. Sedangkan pada estimasi  pengaruh  peran konflik terhadap  pencarian  media diperoleh nilai C.R = -1.160. Karena nilai C.R lebih kecil dari 1,96  maka berarti tidak ada pengaruh kualitas produk informasi terhadap peran konflik, dengan demikian hipotesis 5 tidak terbukti.

Keywords: Kualitas Produk Informasi, Sistem Informasi Manajemen, Peran Kedwiartian, Peran Konflik, Kepuasan Kerja.

References

Bambang Prasetyo, Lina Miftahul Jannah. 2005. Metode Penelitian Kuantitatif:Teori dan Aplikasi. Jakarta: Penerbit PT.Raja Grafindo Persada.

Bailey, J.E. and S.W Pearson.1983, Development of a Tool for Measuring and Analysing Computer Satisfaction, Management Science 29 May.

Bodnar, George, William, Hopwood, 2000, Sistem Informasi Akuntansi, Edisi pertama, penerjemah, Amir Abadi Jusup dan Rudi M. Tambunan, penerbit salemba empat, Jakarta.

Brown, Carol V., DeHayes, Daniel W., Hoffer, Jefferey A., Wainright Martin, E., Perkins, William C. (2009). Managing Information Technology. (6th edition). New Jersey: Pearson Prentice Hall.

Delone, W. H., & Mclean , E. R. (1992). Information System Success: The Quest For Dependent Variable. Information Systems Research, 3(1), 60-95.

Fornell, C. G., & Larcker, D. F. (1981). Evaluating Structural Equation Models with Unobservable Variables and Measurement Error. Journal of Marketing Research 18(1), pp.39–50.

Gupta, N. & Beehr, T.A. (1979) Job Stress And Employee Behavior. Organizational Behavior And Human Performance, 23, 373-387.

Hackman, J.R. & Oldham, G.R. (1975) Development Of The Job Diagnostic Survey. Journal Of Applied Psychology, 60, 159-170.

Hair, J.F, R.E.Anderson, R.L. Tatham, W.C. Black, Multivariate Data Analysis With Readings. Prentice Hall, Upper Saddle River. Nj. 2006.

Houe, R. J. & Rizzo, J. R. (1972) Role Conflict And Role Ambiguity As Critical Variables In A Model Of Organizational Behavior. Organization Behavior And Human Performance, 7, 467-505.

Ives, et al., "The measurement of user information satisfaction," Communications of the ACM, vol. 26, no. 10, pp. 785-793, 1983.

Jogiyanto. 2003. Sistem Teknologi Informasi Edisi 2: Pendekatan Terintegrasi Konsep Dasar, Teknologi, Aplikasi Pengembangan Dan Pengelolaan. Jogjakarta: Andi.

John Wiley And Sons. (1986) Information Sytem Theory And Practici, New York

Kahn, D., Wolfe, D.M., Quinn, R.P., Snoek, J.D., & Rosenthal, R.A. (1964) Organizational Stress. Studies In Role Conflict And Role Ambiguity. John Wiley, New York.

Kemery, E.R., Bedeian, A.G.,Mossholder, K. W., & Toulitios, J. (1985) Outcomes Of Role Stress: A Multi Sample Constructive Replication. Academy Of Management Journal, 28, 33-375.

Kilash Joshi & Arun Rai. (2000) Impact Of The Quality Of Information Products On Information System User’ Job Satisfaction: An Emprical Investigation, Journal Of Information System, 10, 323-345.

Leavitt, Harold J. 1978. Managerial Psychology, an introduction to Individual. Pairs, and Groups in Organization. Chicago: The Univercity o f Chicago Press.

Lee, S.M., Kimy.R., & Lee, J. (1995) An Empirical Study Of The Relationship Among And-User Information System Acceptance. Training And Effectiveness. Journal Of Management Information System, 12, 189-202.

Martin, Wainright. 2004. Managing Information Technology Fifth Edition, Prentice Hall.

Mulyadi, Rusma. (1999) Kualitas Jasa Sistem Informasi Dan Kepuasan Para Penggunanya, Jurnal Bisnis Dan Akuntansi, 1 (2),120-133.

Nunnally, Bernstein, I.H. 1994. Psychometric Theory, Edisi ke 3. New York : McGraw Hill.

Marretih, A. K. (2013). Work-Family Conflict Pada Ibu Bekerja . Sosial Budaya ,10(1),27-37

Kreitner, R., & Kinicki, A. (2004). Organizational behavior. Boston, MA: McGraw Hill Irwin.

Pitt, L. F., Watson, R.T., & Kavan, C.B. (1995) Service Quality: A Measure Of Information Systems Effectiveness. Mis Quarterly, 19(2), 173-187.

P. Robbins, Stephen. 2003. Organizational Behaviour Ten Edition. New Jersey: Prentice hall.
Haag dan Keen. 1996. Information Technology: Tomorrow’s Advantage Today. Hammond: Mcgraw-Hill College.

Radityo, Dodi. 2006. Pengembangan Delone Dan Mclone Dalam Pengembangan Sistem Informasi Manajemen, Jurnal bisnis dan akuntansi, Universitas Diponegoro, Semarang

Rizzo, J.R., Lirtzman. (1970). Role Conflict and Ambiguity in Complex Organizations. Journal of Administrative, pp. 150-161.

Sekaran, Uma. 1992. “Research Methods for Business”. Third Edition. Southern Illionis University

Susanto, Azhar. 2004. Sistem Informasi Manajemen: Konsep Dan Pengembangannya. Bandung: Lingga Jaya

Van Sell, M., Brief, A.P. & Schuler, R.S. (1981) Role Conflict And Role Ambiguity: Integration And Directions For Future Research’, Human Relations, 34, 43-71.

Laudon, Kenneth C., and Jane P. Laudon, 2000.”Organization and Technology in The
Networked Enterprise“Management Information System, Six Edition, International Edition. www. prenhall.com/laudon.

Fujiati, Harris Kurniawan, Ria Eka Sari (2014),Rancang Bangun Sistem Informasi Pendistribusian Logistik Bencana Alam, Jurnal Seminar Nasional Informatika.
     Plum Analytic Metrics

Published
2021-01-01
How to Cite
Parhusip, A., & Adhitya, W. (2021). Analisa Dampak Kualitas Produk Informasi Terhadap Kepuasan Kerja Pengguna Sistem Informasi Manajemen Pada Universitas Potensi Utama. Jesya (Jurnal Ekonomi Dan Ekonomi Syariah), 4(1), 1-13. https://doi.org/https://doi.org/10.36778/jesya.v4i1.274

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.