Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Produk Hand and Body Lotion Merek Citra
Studi Kasus pada Mahasiswa IAIN Salatiga
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas produk, harga dan brand image terhadap keputusan pembelian produk hand and body lotion merek Citra. Populasi dalam penelitian ini yaitu konsumen produk tersebut dari kalangan mahasiswi IAIN Salatiga. Karena jumlahnya belum teridentifikasi secara pasti, maka penentuan jumlah sampel dengan menggunakan rumus Cochrane dan diperoleh sampel sebanyak 96 orang. Metode analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda. Dari hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa secara parsial menunjukan kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, kemudian harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dan brand image juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Sedangkan secara simultan kualitas produk, harga dan brand image berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk hand and body lotion merek Citra.
References
Ambolau, M. A. P., Kusumawati, A., & Mawardi, M. K. (2015). The Influence of Brand Awareness and Brand Image on Purchase Decision (Study on AQUA Consumers in Administrative Science Faculty Brawijaya University Class Of 2013). Jurnal Administrasi Bisnis, 2(2), 1–8.
Amelisa, L., Yonaldi, S., & Mayasari, H. (2016). Analisis Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Gula Tebu. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 7(3), 1–13.
Amron, A. (2018). Effects of Product Quality, Price, and Brand Image on the Buying Decision of City Car Product. Archives of Business Research, 6(4), 1–8.
Andriani, W., Abdurrahman, & Sari, P. R. K. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Air Mineral Dalam Kemasan Merek Dharma (Studi Kasus pada Konsumen CV. Bahana Tirta Alam Maritim di Kab. Sumbawa Besar). Jurnal Manajemen dan Bisnis, 2(1), 1–7.
Budiarto, T. (1993). Dasar Pemasaran. Jakarta: Gunadarma.
Cahyani, K. I., & Sutrasmawati, R. E. (2016). Pengaruh Brand Awareness dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian. Management Analysis Journal, 5(4), 281–288.
Deisy, M., Lapian, J., & Mandagie, Y. (2018). Analisis Citra Merek, Harga Produk dan Kualitas terhadap Keputusan Pembelian Handphone Samsung pada Seluruh Gerai-Gerai Seluler di IT Center Manado. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 6(4), 2288–2297.
Faroh, W. N. (2017). Analisa Pengaruh Harga, Promosi, dan Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian. Journal Ilmiah Prodi Manajemen, 4(2), 3–24.
Fatmaningrum, S. R., Susanto, & Fadhilah, M. (2020). Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Minuman Frestea. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi dan Akuntansi, 4(1), 176–188.
Fatmawati, N., & Soliha, E. (2017). Kualitas Produk, Citra Merek dan Persepsi Harga terhadap Proses Keputusan Pembelian Konsumen Sepeda Motor Matic “Honda.” Jurnal Manajemen Teori dan Terapan, 10(1), 1–20.
Febriani, R. R., & Sudaryanto, B. (2018). Pengaruh Brand Image dan Kualitas Layanan terhadap Kepercayaan dan Keputusan Pembelian pada Toko Online (Studi pada Konsumen OLX.co.id di Kota Semarang). Diponegoro Journal of Management, 7(2), 1–11.
Fianto, A. Y. A., Hadiwidjojo, D., Aisjah, S., & Solimun. (2014). The Influence of Brand Image on Purchase Behaviour Through Brand Trust. Business Management and Strategy, 5(2), 58–76.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariat dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit-Undip.
Habibah, Hamdani, I., & Lisnawati, S. (2018). Pengaruh Brand Image dan Celebrity Endorser terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah (Studi pada Perempuan Muslim di Kota Bogor). Iqtishoduna, 7(2), 233–261.
Hendro, C. R., & Hidayat, W. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Handphone Merek Iphone Kota Semarang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 7(4), 177–184.
Hustić, I., & Gregurec, I. (2015). The Influence of Price on Customer’s Purchase Decision. Central European Conference on Information and Intelligent Systems, 27–32.
Indah, D. R., Afalia, I., & Maulida, Z. (2020). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Produk Hand and Body Lotion Vaseline (Studi Kasus pada Mahasiswa Universitas Samudra). Jurnal Samudra Ekonomi dan Bisnis, 11(1), 83–94.
Istiyanto, B., & Nugroho, L. (2017). Analisis Pengaruh Brand Image, Harga, dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Mobil (Studi Kasus Mobil LCGC di Surakarta). Eksis: Jurnal Riset Ekonomi dan Bisnis, 12(1), 1–8.
Kasanti, N., Wijaya, A., & Suandry. (2019). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Produk Safety Merek Proguard pada PT AIM Safety Indonesia. Asian Journal of Innovation and Entrepreneurship, 4(1), 43–51.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. Gelora Aksara Pratama.
Li, X. G., Wang, X., & Cai, Y. J. (2011). Corporate-, Product-, and User-Image Dimensions and Purchase Intentions: The Mediating Role of Cognitive and Affective Attitudes. Journal of Computers, 6(9), 1875–1879.
Lubis, D. I. D., & Hidayat, R. (2017). Pengaruh Citra Merek dan Harga terhadap Keputusan Pembelian pada Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Sukma Medan. Jurnal Ilmu Manajemen, 5(1), 15–24.
Mahmudah, I. S., & Tiarawati, M. (2014). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Pond’s Flawless White Indah. BISMA: Jurnal Bisnis dan Manajemen, 6(2), 98–105.
Mandey, J. B. (2013). Promosi, Distribusi, Harga Pengaruhnya terhadap Keputusan Pembelian Rokok Surya Promild. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 1(4), 95–104.
Mulyono, H. (2016). Brand Awareness and Brand Image of Decision Making on University. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 18(2), 163–173.
Nasution, A. E., Putri, L. P., & Lesmana, M. T. (2019). Analisis Pengaruh Harga, Promosi, Kepercayaan dan Karakteristik Konsumen terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada 212 Mart di Kota Medan. Proseding Seminar Nasional Kewirausahaan, 1(1), 194–199.
Novansa, H., & Ali, H. (2017). Purchase Decision Model: Analysis of Brand Image, Brand Awareness and Price (Case Study SMECO Indonesia SME Products). Saudi Journal of Humanities and Social Sciences, 2(8), 621–632.
Puspita, S. D., Taslim, & Fitriani, A. (2015). Pengaruh Harga, Kualitas Produk, dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Yoghurt (Survey pada Konsumen Yoghurt Youjell PT. Insan Muda Berdikari). Students E-Journals, 4(1).
Razak, I., Nirwanto, N., & Triatmanto, B. (2016). The Impact of Product Quality and Price on Customer Statisfaction with the Mediator of Customer Value. Journal of Marketing and Consumer Research, 30, 59–68.
Rusman, T. (2015). Statistika Penelitian: Aplikasinya dengan SPSS. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sabrina, N. A. P., Elpawati, & Nugraha, A. T. (2018). Analisis Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Harga dan Diferensiasi Produk terhadap Keputusan Pembelian Pizza Hut di Jakarta Barat. Jurnal Agribisnis, 12(2), 148–156.
Sallam, M. A. (2016). The Impact of Brand Image and Corporate Branding on Consumer’s Choice: The Role of Brand Equity. International Journal of Marketing Studies, 8(1), 98–106.
Sarjita. (2019). Pengaruh Promosi, Harga dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian. JBMA, 4(2), 80–93.
Sitanggang, F., Sidebang, A., & Mirza, D. F. (2020). Pengaruh Harga, Promosi, dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Ban Sepeda Motor Merek Swallow pada PT. Industri Karet Deli Medan. Tijarah, 1(19), 135–142.
Sudaryanto, S., Subagio, N. A., Awaliyah, I. N., Wulandari, D., & Hanim, A. (2019). Influence of Brand Image, Price and Promotion on Consumer’s Buying Decision of Fast Moving Consumer’s Goods with Culture as a Moderating Variable in Basmallah Retail Store in Indonesia. International Journal of Scientific and Technology Research, 8(3), 85–92.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Edisi Kedua. Bandung: Alfabeta.
Suliyanto. (2011). Ekonometrika Terapan: Teori & Aplikasi dengan SPSS. Yogyakarta: Andi Offset.
Supriyadi, Fristin, Y., & Indra, G. K. . (2016). Pengaruh Kualitas Produk dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Mahasiswa Pengguna Produk Sepatu Merek Converse di Fisip Universitas Merdeka Malang). Jurnal Bisnis dan Manajemen, 3(1), 135–144.
Tjiptono, F. (2008). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi Offset.
Wicaksono, D. A., Sumarsono, H., & Santoso, A. (2019). Pengaruh Citra Merek (Brand Image), Kualitas Produk, dan Desain Produk terhadap Keputusan Pembelian pada Produk Batik Mukti. ISOQUANT : Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi, 3(1), 81–89.
Widjayanti, L., & Suprihhadi, H. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, 7(11), 1–17.
Yazia, V. (2014). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Iklan terhadap Keputusan Pembelian Handphone Blackberry (Studi Kasus Blackberry Center Veteran Padang). Journal of Economic and Economic Education, 2(2), 165–173.
Yuliardi, R., & Nuraeni, Z. (2017). Statistika Penelitian Plus Titorial SPSS. Edisi Pertama. Yogyakarta: Innosain.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


