Faktor – faktor yang Mempengaruhi Pendapatan Toko Kelontong di Kabupaten Aceh Utara
Abstract
Penelitian ini bertujuan menganalisis baik secara parsial dan simultan pengaruh faktor modal dan lokasi terhadap pendapatan toko kelontong di Kabupaten Aceh Utara. Analisis kuantitatif diperoleh dari data primer melalui penyebaran kuesioner kepada responden penelitian sebanyak 73 pedagang. Kesimpulan yang didapatkan menunjukkan hasil secara simultan modal dan lokasi terbutkti signifikan mempengaruhi pendapatan, sedangkan secara parsial hanya modal yang berpengaruh signifikan
Keywords:
Location, capital, income, grocery store.
References
Al-Kaaf, Abdullah Zaky, Ekonomi dalam Perspektif Islam, Jakarta: Rineka Cipta, 2006.
Alfian, Nurul, Minimarket Matikan Pasar Tradisional, https.// academia.edu.com/, diakses pada 5 desember 2018.
Alma, Buchari, Kewirausahaan,Bandung : Alfabeta, 2011.
Baridwan, Zaki, Akuntansi Keuangan Intermediate: Masalah-Masalah Khusus Edisi I, Yogyakarta: BPFE, 2011.
Departemen pendidikan dan kebudayaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 2010.
Deputi, Kementrian Koperasi dan UKM dengan PT Solusi Dinamika Manajemen, Bidang Pengkajian Sumberdaya UKMK, 2015.
Dosen Ekonomi, 3 Fungsi Ekonomi dalam Keluarga. Di akses pada 15 Agustus 2018. https://dosenekonomi.com/ilmu-ekonomi/ekonomi-mikro/fungsi-ekonomi-dalam-keluarga.
Harding, Manajemen Produksi, Jakarta: Balai Aksara, 2002.
Hentiati, Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pendapatan Pedagang Informal dipasar Sentral Medan, 2011.
https://id.m.wikepedia.org,diakses pada 15 Desember 2018
https://id.m.wikepedia.org/wiki/pendapatandiakses pada 17 mei 2019 pukul 22:15.
Iffah, Melita, Pengaruh Toko Modern Terhadap Toko Usaha Kecil Skala Lingkungan (Study Kasus: Minimarket Kecamatan Belimbing Kota Malang, Jurnal. Jurusan Perencana Wilayah dan Kota Fakultas Teknik Universitas Brawijaya, 2017.
Jumingan, Studi kelayakan Bisnis, Gilingan: Bumi Aksrara, 2009.
Justin G. Longnecker, Kewirausahaan, Jakarta: salemba Empat, 2001.
Kasmir dan Jakfar, Studi Kelayakan Bisnis, (Jakarta: Kencana, 2006
KMK No. 59 Tentang Pedoman penyelenggaraan Pasar Sehat Tahun 2008.
Kuncoro, Mudrajad, Metode Riset Untuk Bisnis dan Ekonomi: Bagaimana meneliti dan Menulis Tesis, Jakarta: Erlangga, 2009.
Kristanto, Heru, Kewirausahaan Entrepreneurship, Pedekatan Manajemen dan Praktik, Yogyakarta: Graha Ilmu, 2009.
Ma’arif, Samsul, Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pendapatan Pasar Bandarjo Ungara Kabupaten Semarang, Skripsi, Semarang: Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang, 2013.
Mujahidin, Akhmad, Ekonomi Islam, Jakarta: Raja Grafindo Persada,2007.
Mankiw Quah Wilson, Pengantar Ekonomi Makro, Jakarta: Selemba Empat, 2014.
Marbun, Kamus Manajemen, Jakarta: Pustaka Sinar Harapan, 2003.
Naully, Wilda Nuraftia dan Irawati, Dampak Pendirian Minimarket terhadap Omset Pedagang Tradisional, (Study Kasus Desa Karang Asih Kecamatan Cikarang Kabupaten Bekasi 2011 ), Jurnal FISIP:Madani
Nazir, Faktor-Faktor yang Mempengruhi Pendapatan Usaha dan Kontribusinya pada Pendapatan Keluarga di Kota Tebing Tinggi, 2003.
Novita, Cahaya, Dampak Kehadiran Minimarket Terhadap Pendapatan Pedagang Eceran di Desa Hessa Air Genting Kecamatan Air Batu, Skripsi. Medan: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam negeri Sumatera Utara, 2018.
Pasal 4 ayat (1) Perpres 112 tahun 2007.
Alfian, Nurul, Minimarket Matikan Pasar Tradisional, https.// academia.edu.com/, diakses pada 5 desember 2018.
Alma, Buchari, Kewirausahaan,Bandung : Alfabeta, 2011.
Baridwan, Zaki, Akuntansi Keuangan Intermediate: Masalah-Masalah Khusus Edisi I, Yogyakarta: BPFE, 2011.
Departemen pendidikan dan kebudayaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 2010.
Deputi, Kementrian Koperasi dan UKM dengan PT Solusi Dinamika Manajemen, Bidang Pengkajian Sumberdaya UKMK, 2015.
Dosen Ekonomi, 3 Fungsi Ekonomi dalam Keluarga. Di akses pada 15 Agustus 2018. https://dosenekonomi.com/ilmu-ekonomi/ekonomi-mikro/fungsi-ekonomi-dalam-keluarga.
Harding, Manajemen Produksi, Jakarta: Balai Aksara, 2002.
Hentiati, Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pendapatan Pedagang Informal dipasar Sentral Medan, 2011.
https://id.m.wikepedia.org,diakses pada 15 Desember 2018
https://id.m.wikepedia.org/wiki/pendapatandiakses pada 17 mei 2019 pukul 22:15.
Iffah, Melita, Pengaruh Toko Modern Terhadap Toko Usaha Kecil Skala Lingkungan (Study Kasus: Minimarket Kecamatan Belimbing Kota Malang, Jurnal. Jurusan Perencana Wilayah dan Kota Fakultas Teknik Universitas Brawijaya, 2017.
Jumingan, Studi kelayakan Bisnis, Gilingan: Bumi Aksrara, 2009.
Justin G. Longnecker, Kewirausahaan, Jakarta: salemba Empat, 2001.
Kasmir dan Jakfar, Studi Kelayakan Bisnis, (Jakarta: Kencana, 2006
KMK No. 59 Tentang Pedoman penyelenggaraan Pasar Sehat Tahun 2008.
Kuncoro, Mudrajad, Metode Riset Untuk Bisnis dan Ekonomi: Bagaimana meneliti dan Menulis Tesis, Jakarta: Erlangga, 2009.
Kristanto, Heru, Kewirausahaan Entrepreneurship, Pedekatan Manajemen dan Praktik, Yogyakarta: Graha Ilmu, 2009.
Ma’arif, Samsul, Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pendapatan Pasar Bandarjo Ungara Kabupaten Semarang, Skripsi, Semarang: Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang, 2013.
Mujahidin, Akhmad, Ekonomi Islam, Jakarta: Raja Grafindo Persada,2007.
Mankiw Quah Wilson, Pengantar Ekonomi Makro, Jakarta: Selemba Empat, 2014.
Marbun, Kamus Manajemen, Jakarta: Pustaka Sinar Harapan, 2003.
Naully, Wilda Nuraftia dan Irawati, Dampak Pendirian Minimarket terhadap Omset Pedagang Tradisional, (Study Kasus Desa Karang Asih Kecamatan Cikarang Kabupaten Bekasi 2011 ), Jurnal FISIP:Madani
Nazir, Faktor-Faktor yang Mempengruhi Pendapatan Usaha dan Kontribusinya pada Pendapatan Keluarga di Kota Tebing Tinggi, 2003.
Novita, Cahaya, Dampak Kehadiran Minimarket Terhadap Pendapatan Pedagang Eceran di Desa Hessa Air Genting Kecamatan Air Batu, Skripsi. Medan: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam negeri Sumatera Utara, 2018.
Pasal 4 ayat (1) Perpres 112 tahun 2007.
Published
2020-12-30
How to Cite
Nurlisa, N., Suryani, S., & Ismaulina, I. (2020). Faktor – faktor yang Mempengaruhi Pendapatan Toko Kelontong di Kabupaten Aceh Utara. Jesya (Jurnal Ekonomi Dan Ekonomi Syariah), 4(1), 428-438. https://doi.org/https://doi.org/10.36778/jesya.v4i1.294
Section
Articles

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.