Pengaruh Kualitas Layanan Persepsi Harga dan Cita Rasa Terhadap Kepuasan Konsumen

  • Sri Mutiara Universitas Muhammadiyah Palopo
  • Rahmad Solling Hamid Universitas Muhammadiyah Palopo
  • Ahmad Suardi Universitas Muhammadiyah Palopo

Abstract

Tujuan penelitian bertujuan untuk mengetahui dampak kualitas layanan, persepsi harga dan cita rasa terhadap kepuasan konsumen. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh konsumen rumah makan ulu bete masamba. Penentuan jumlah sampel untuk populasi yang tidak diketahui yaitu dengan mengacu pada pendapat Malhotra bahwa jumlah sampel minila empat atau lima kali dari jumlah item pertanyaan. Sehingga dalam penelitian ini menggunakan 140 sampel yang diperoleh dari 5 x 28 (jumlah indikator penelitian). Metode analisis yang digunakan yaitu analsiis regresi linier berganda. Hasil penelitian diperoleh informasi bahwa berdasarkan uji simultan variabel kualitas layanan, persepsi harga dan cita rasa berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen. Berdasarkan uji parsial bahwa untuk variabel nukti fisik, daya tanggap, jaminan, harga, dan cita rasa memiliki dampak positif dan signifikan pada kepuasan konsumen, sedangkan variabek kehandalan dan empati memiliki dampak positif tidak signifikan pada kepuasan konsumen.

Keywords: Kualitas layanan, persepsi harga, cita rasa, dan kepuasan konsumen

References

Amanah, D. 2010. Pengaruh Harga dan Kualitas Produk terhadap Kepuasan Konsumen pada Majestyk Bakery & Cake Shop Cabang H.M Yamin Medan. Jurnal Keuangan & Bisnis, Vol: 2., Hal: 71-87.
Drummond, K. E., & Brefere, L. M. (2010). Nutrition for foodservice and culinary professionals (p. 480). Wiley.
Hamid, R. S., & Patra, I. K. (2019). PENGANTAR STATISTIKA UNTUK RISET BISNIS DAN EKONOMI Konsep Dasar dan Aplikasi SPSS versi 25. Banten: CV. AA. RIZKY.
Handoko, T, H. 2010. Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia (Edisi 2). BPFE. Yogyakarta.
Hardiyati, R., & KHASANAH, I. (2010). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Menggunakan Jasa Penginapan (Villa) Agrowisata Kebun Teh Pagilaran (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS DIPONEGORO).
Harjati, L., & Venesia, Y. 2015. Pengaruh Kualitas Layanan dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Maskapai Penerbangan Tiger Air Mandala. E-Journal WIDYA Ekonomika, Vol 1, Hal 64–74.
Kotler, P. 2000. Manajemen Pemasaran. Jilid kedua. Jakarta: Prenhallindo.
Kotler, P. dan G. A. 2008. Principles Of Marketing. Twelfth Edition. Pearson.
Kotler. 2009. Manajemen Pemasaran (Edisi 13). Penerbit Erlangga.
Maemunah, S. 2019. Pengaruh kualitas pelayanan, persepsi harga, cita rasa terhadap kepuasan konsumen dan loyalitas konsumen. IQTISHADequity, Vol 1(No. 2), 57–68
Maemunah, S. 2019. Pengaruh kualitas pelayanan, persepsi harga, cita rasa terhadap kepuasan konsumen dan loyalitas konsumen. IQTISHADequity, Vol 1(No. 2), 57–68.
Maimunah, S. (2020). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, PERSEPSI HARGA, CITA RASA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DAN LOYALITAS KONSUMEN. iqtishadEQUITY jurnal MANAJEMEN, 1(2).
Malhotra, Naresha K. (2006). Marketing Research: An Applied Orientation (5th Edition). Upper Saddle River, NJ: Prentice Hall.
Muhammad, A., & Sulastini. 2016. Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan Dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Minyak Goreng Kemasan CV. Indo Sari Abadi. Jurnal Komunikasi Bisnis Dan Manajemen, 3(6), 95–107
Pamela Montung, Jantje Sepang, D. A. 2015. Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan Dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Restoran Kawan Baru. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 15(5), 678–689.
Saidani, B., & Arifin, S. (2012). Pengaruh kualitas produk dan kualitas layanan terhadap kepuasan konsumen dan minat beli pada ranch market. JRMSI-Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, 3(1), 1-22.
Sasongko, F., & Subagio, H. (2013). Manajemen Pemasaran Internasional Jilid II Salemba Empat. Jurnal Manajemen Pemasaran PETRA, 1(1), 186.
Sugianto, J., & Sugiharto, S. (2013). Analisa pengaruh service quality, food quality, dan price terhadap kepuasan pelanggan restoran Yung Ho Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran, 1(2), 1-10.
Sugianto, J., & Sugiharto, S. 2013. Analisa Pengaruh Service Quality, Food Quality dan Price Terhadap Kepuasan Pelanggan Restoran Yung Ho Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra, 1(2), 1–10.
Tjiptono, Fandi. 2004. Manajemen Jasa, Edisi ketiga. ANDI: Yogyakarta.
Tjiptono, Fandi. 2005. Pemasaran Jasa, Edisi Pertama, Malang: Bayu Media Publishing.
Utami, Ida Ayu Inten Surya, I. M. J. 2015. Pelanggan Restoran Baruna Sanur Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana , Bali , Indonesia dalam bidang kuliner ( Gonius , 2013 ). Sehingga menjadikan bisnis restoran. E-Jurnal Manajemen Unud, 4(7), 1984–2000.
Wiedyani, A. H., & Prabowo, R. E. (2019). PENGARUH KUALITAS LAYANAN, PERSEPSI HARGA, DAN KEPERCAYAAN TERHADAP KEPUASAN PENUMPANG KERETA API ARGO MURIA JURUSAN SEMARANG TAWANG-JAKARTA GAMBIR.
Wijaya, T. (2010). Manajemen Kualitas Jasa: Desain Servqual,QFD, dan Kano disertai Contoh Aplikasi dalam Kasus Penelitian. PT. Indeks. Jakarta.
Yola, M., & Budianto, D. (2013). Analisis kepuasan konsumen terhadap kualitas pelayanan dan harga produk pada supermarket dengan menggunakan metode Importance Performance Analysis (IPA). Jurnal Optimasi Sistem Industri, 12(12), 301-309.
     Plum Analytic Metrics

Published
2020-12-30
How to Cite
Mutiara, S., Hamid, R., & Suardi, A. (2020). Pengaruh Kualitas Layanan Persepsi Harga dan Cita Rasa Terhadap Kepuasan Konsumen. Jesya (Jurnal Ekonomi Dan Ekonomi Syariah), 4(1), 411-427. https://doi.org/https://doi.org/10.36778/jesya.v4i1.300

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.