Penerapan Prinsip Shiddiq dan Amanah pada Usaha Layanan Internet di Kota Kendari
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat penerapan prinsip shiddiq dan amanah pada pengelolaan usaha jasa layanan internet di Kota Kendari. Sampel ditentukan secara cluster random sampling, dengan total 10 warnet. Analisis data dilakukan secara deskriptif. Adapun indikator shiddiq yaitu: (1) jujur dalam menyampaikan informasi mengenai kerusakan/gangguan jaringan, (2) ketersediaan tarif yang telah tertera; (3) penyampaian kenaikan tariff, sementara manah yaitu: (1) upaya pengelola memblokir situs yang mengandung pornografi dan pornoaksi; dan (2) tanggungjawab pengawasan terhadap terhadap upaya pembukaan situs yang mengandung pornografi dan pornoaksi serta kekerasan lainnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat penerapan prinsip shiddiq dalam pengelolaan usaha jasa layanan internet di Kota Kendari berada pada penerapan syariah tinggi yakni sebesar 76.67 persen. Indikator shiddiq yang masih rendah diterapkan yaitu keterbukaan pengelola usaha dalam penyampaian kenaikan tarif. Adapun tingkat penerapan prinsip amanah dalam pengelolaan usaha jasa layanan internet berada pada kategori sangat rendah yakni sebesar 20.00 persen, disebabkan oleh rendahnya partisipasi pengelola dalam memblokir situs yang bertentangan dengan syariah, maupun dalam pengawasan akses situs yang dapat merusak moral generasi muda.
References
Andjarwati, T. (2015). Motivasi dari Sudut Pandang Teori Hirarki Kebutuhan Maslow, Teori Dua Faktor Herzberg, Teori X Y Mc Gregor, dan Teori Motivasi Prestasi Mc Clelland, JMM17 Jurnal Ilmu Ekonomi & Manajemen, 1(5), 45 - 54.
Anindya, D.A. (2017). Pengaruh Etika Bisnis Islam Terhadap Keuntungan Usaha Pada Wirausaha Di Desa Delituakecamatan Delitua . At-Tawassuth, 2(2), 389 – 412.
Baedowi, A. (2011).Etika Bisnis Perspektif Islam, Jurnal Hukum Islam, 9(2). Tersedia pada https://media.neliti.com/media/publications/37019-ID-etika-bisnis-perspektif islam.pdf
Baharuddin. (2007). Paradigma Psikologi Islami: Studi tentang Elemen Psikologi dari alQur’an, cet. ke-2, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Darmawati.(2012). Perilaku Jual Beli Di Kalangan Pedagang Kaki Lima Dalam Perspektif Etika Bisnis Islam (Studi Kasus Pedagang Buah-buahan di Kota Samarinda), Fenomena, 4(2), 127-138.
Djamil, F. (2013) Hukum Ekonomi Islam : Sejarah, Teori, dan Konsep, Jakarta: Sinar Grafika.
Djazuli, H.A. (2011). Kaedah-Kaedah Fiqh: Kaedah-kaedah Hukum Islam dalam Menyelesaikan Masalah-masalah yang Praktis, Cetakan IV, Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Hafidz, M.S., Sya’roni, S. & Marlina. (2012).Etika Bisnis Al-Ghazali dan Adam Smith Dalam Perspektif Ilmu Bisnis Dan Ekonomi. Jurnal Penelitian, 9(1), 18-34.
Lahuri, S. (2013). Corporate Social Responsisbility Dalam Perspektif Islam. Tsaqofah, 7(2), 219-237.
Lisnawati, Y., Abdussalam, A. dan Wibisana, W. (2015). Konsep Khalīfah Dalam Al-Qur`Ᾱn Dan Implikasinya Terhadap Tujuan Pendidikan Islam (Studi Maudu’i Terhadap Konsep Khalīfah Dalam Tafsir Al-Misbah), Tarbawy, 2(1), 47-57
MUI. (2005). Fatwa Majelis Ulama Indonesia Nomor: 6/MUNAS VII/MUI/10/2005 Tentang Kriteria Maslahat. Tersedia pada http://mui.or.id/wp-content/uploads/files/fatwa/40.-Kriteria-Maslahat.pdf
Norvadevi. (2015). Bisnis dalam Perspektif Islam (Telaah Konsep, Prinsip dan Landasan Normatif). Al-Tijary, 1(1), 33-46.
Prihartanta, W. (2015). Teori-Teori Motivasi. Jurnal Adabiya, Vol. 1(83), 1-11.
Rahmawaty, A. (2012). Model Perilaku Penerimaan Internet Banking Di Bank Syari’ah: Peran Motivasi Spiritual , Conference proceeding, Annual International Conference onf Islamic Studies (AICIS XII), Surabaya, 5-8 November, hal. 1784-1807, tersedia pada https://core.ac.uk/download/pdf/34212375.pdf
Riduwan. 2015. Skala Pengukuran Dalam Penelitian. Bandung : Alfabeta.
Sampurno, W.M. (2016). Penerapan etika bisnis Islam dan dampaknya terhadap kemajuan bisnis industri rumah tangga , Journal of Islamic Economics Lariba, 2(1), 13-18.
Sulaiman, A.I. (2011). Konstruksi makna Dampak Media Internet Penggunaan Media Internet oleh Pelajar di Kota Purwokerto Kabupaten Banyumas (Studi Deskriptif Kualitatif Para Pelajar di Kota Purwokerto Kabupaten Banyumas). Jurnal Penelitian Komunikasi, 14(1), 53-62.
Yusanto, M.I. & Widjajakusuma, M.K. (2002). Menggagas Bisnis Islami. Jakarta: Gema Insani Press.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


