Strategi Peningkatan Kualitas Pelayanan Berbasis SWOT Pada Online Store Shopee

  • Mutiara Lusiana Annisa Politeknik PalComTech

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah agar dapat menganalisis bagaimana kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman dari penggunaan online store shopee. Penelitian yang dilakukan bersifat kualitatif. Adapun pengambilan data menggunakan penyebaran kuesioner. Sedangkan untuk teknik pengolahan data yang digunakan adalah dengan menggunakan metode SWOT. Penentuan populasi melibatkan pihak internal dan pihak eksternal. Teknik yang digunakan adalah dengan menggunakan metode SWOT. Dimana pihak internal melibatkan admin seller yang mempunyai akses secara langsung kepada konsumen sedangkan pihak eksternal yaitu mahasiswa yang berada dikawasan kota Palembang. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa dari sisi internal berada pada koordinat 0.54, sedangkan dalam matrik faktor sedangkan pada sisi eksternal berada pada koordinat 0.37. Sehingga dari pemetaan matrik internal dan matrik eksternal menunjukkan bahwa Shopee masih berada pada posisi kuat dan masih memiliki peluang bisnis.

Keywords: Kekuatan (Strength), Kelamahan (Weakness), Peluang (Opportunity), Ancaman (Threat), Kualitas Pelayanan, Shopee

References

A Muwafik Saleh. 2010.“Manajemen Pelayanan“. Pustaka Pelajar. Jakarta.

Kotler, Philip. 2002. Manajemen Pemasaran di Indonesia : Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian. Salemba Empat. Jakarta.

Moleong, J. Lexy. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mujiyana, Ingge Elissa. 2013. Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian via internet pada toko online. Jurnal Teknologi Informasi. Vol VIII. No 3.

Pearce, John A. dan Robinson, Richard B. 2013. Manajemen Strategis: Formulasi, Implementasi, dan Pengendalian.Jakarta: Salemba Empat.

Rangkuti, Freddy. (2009). Strategi Promosi yang Kreatif dan Analisis Kasus Integrated Marketing Communication. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.

Sari, Chacha Andira. 2015. Perilaku Berbelanja Online Di Kalangan Mahasiswi Antropologi Di Universitas Airlangga, Jurnal Antro Unairdot Net: Vol. 4 No. 2.

Tjiptono, Fandy. 2001. Strategi Pemasaran. Edisi Pertama. Andi Ofset.Yogyakarta. Tjiptono, Fandy. 2007. Strategi Pemasaran. Edisi Pertama. Andi Ofset.Yogyakarta. Sugiyono. 2005. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Alfabeta.
     Plum Analytic Metrics

Published
2020-12-23
How to Cite
Annisa, M. (2020). Strategi Peningkatan Kualitas Pelayanan Berbasis SWOT Pada Online Store Shopee. Jesya (Jurnal Ekonomi Dan Ekonomi Syariah), 4(1), 199-210. https://doi.org/https://doi.org/10.36778/jesya.v4i1.305

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.