Analisis Dampak Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Online: Perspektif Marketing MIX
Abstract
Perkembangan teknologi informasi telah membawa dampak positif dalam dunia bisnis dan pemasaran. Hadirnya platform digital marketing dapat memberikan keuntungan baik bagi pemasar maupun bagi konsumen. Tujuan penelitian bertujuan untuk mengetahui dampak kualitas produk, promosi, harga, tempat, dan kepercayaan terhadap keputusan pembelian online. Populasi dalam penelitian ini yaitu Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Palopo berjumlah 402 Mahasiswa. Penentuan jumlah sampel yaitu menggunakan rumus Slovin pada tingkat presisi 5% diperoleh sebanyak 200 sampel. Metode analisis yang digunakan yaitu analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian diperoleh informasi bahwa kualitas produk, harga, tempat, dan kepercayaan berpengaruh positif tidak signifikan terhadap keputusan pembelian onlien, sedangkan promosi memiliki dampak positif signifikan pada keputusan pembelian online.
References
Cherstiawan, A. (2019). Pengaruh Kepercayaan, Persepsi Harga, dan Promosi Dalam Keputusan Pembelian di Tokopedia pada Mahasiswa Universitas Kristen Krida Wacana. Ilmiah Manajemen Bisnis, 19(2), 1–18.
Dewi, W. S., Hasiolan, L. B., & Minarsih, M. M. (2016). Pengaruh kualitas produk, kepercayaan terhadap keputusan pembelian dengan kepuasan konsumen sebagai variabel intervening Studi kasus pada Susu Bebelac di Giant Hypermarket Karangayu Semarang. Jurnal of Management, 2(2), 1–19.
Elondri, E. (2017). Pengaruh Kemudahan, Promosi Dan Kepuasan Transaksi Onlineshopping Terhadap Keputusan Pembelian Online (Survey Pada Konsumen Shopee. co. id). Jurnal Apresiasi Ekonomi, 5(3), 155–160.
Hamid, R. S., & Ikbal, M. (2017). Analisis Dampak Kepercayaan pada Penggunaan Media Pemasaran Online ( E-Commerce ) yang Diadopsi oleh UMKM : Perspektif Model DeLone & McLean. Jurnal Manajemen Teknologi, 16(3), 310–337.
Hamid, R. S., & Patra, I. K. (2019). PENGANTAR STATISTIKA UNTUK RISET BISNIS DAN EKONOMI Konsep Dasar dan Aplikasi SPSS versi 25. Banten: CV. AA. RIZKY.
Hsu, M. H., Chang, C. M., Chu, K. K., & Lee, Y. J. (2014). Determinants of repurchase intention in online group-buying: The perspectives of DeLone & McLean is success model and trust. Computers in Human Behavior, 36, 234–245. https://doi.org/10.1016/j.chb.2014.03.065
Istanti. (2017). Pengaruh Harga, Kepercayaan, Kemudahan Berbelanja dan E-promosi Terhadap Keputusan Pembelian Belanja Online di Kota Surabaya. Jurnal Bisnis & Teknologi Politeknik, 4(1), 14–22.
Kotler, P., & Amstrong, G. (2016). Dasar-dasar Pemasaran. Jilid 1, Edisi Kesembilan. Jakarta: Erlangga.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2008). Manajemen Pemasaran (Edisi Kedua Belas), Cetakan Ketiga. Jakarta: PT. Indeks.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2015). Marketing management, global edition. Pearson Education Limited Edinburgh Gate, England.
Kurniawan, A. R. (2018). Dasar-Dasar Marketing. Penerbit Quadrant, Yogyakarta.
Lupiyoadi, R. (2013). Manajemen Pemasaran Jasa (Edisi Ketiga). Jakarta: Salemba Empat.
Napian, S. (2013). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Promosi, Kepercayaan Merek, Dan Kepuasan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha Mio Soul. (Studi Pada Pengguna Yamaha Mio Soul Di Wilayah Ciputat) (universitas islam negeri). Retrieved from http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/23781/1/skripsi pdf.pdf
Nisa, A. sholihatun. (2018). Analisis Pengaruh Harga Kepercayaan Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Ulang Dalam Berbelanja Online Di Instagram (Studi Empiris Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta). Retrieved from http://eprints.ums.ac.id/62047/12/naskah publikasi-248 athiyah.pdf
Putra, G. permadi, Arifin, Z., & Sunarti. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Dan Dampaknya Terhadap Kepuasan Konsumen (Survei Pada Mahasiswa Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Administrasi Angkatan 2013 Dan 2014 Universitas Brawijaya Yang Melakukan Pembelian Paket Data Kampus). Jurnal Administrasi Bisnis, 48(1), 1–8.
Sari, R. D. K., Arifin, R., & Hufron, M. (2020). Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Pelayanan, Lokasi, Brand Image Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pelanggan Minimarket”(Studi Pada Pelanggan Minimarket Swalayan Sauli Mart Kesamben). Jurnal Ilmiah Riset Manajemen, 9(11), 104–117.
Sitompul, S. S., & Mastono, M. (2017). ANALISIS PENGARUH PROMOSI, HARGA, DAN KEPERCAYAAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE DI LAZADA. CO. ID PADA MAHASISWA STIE PELITA INDONESIA. Procuratio: Jurnal Ilmiah Manajemen, 5(1), 81–95.
Sumarwan, U. (2011). Perilaku konsumen: Teori dan penerapannya dalam pemasaran. Bogor: Ghalia Indonesia.
Sunardi, A. T. P., & Suprianto, E. (2020). Pengendalian Kualitas Produk Pada Proses Produksi Rib A320 Di Sheet Metal Forming Shop. Jurnal Industri Elektro Dan Penerbangan, 5(2), 6–15.
Sunarto, A. (2006). Pengantar Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Yogyakarta, UST Press.
Tjiptono, F., & Chandra, G. (2016). Service, Quality dan Satisfaction Edisi 4. Yogyakarta: Andi Offset.
Yusup, M. (2011). Analisis pengaruh promosi, harga, kualitas produk dan layanan purna jual terhadap keputusan pembelian sepeda motor honda (studi kasus pada mahasiswa fakultas ekonomi universitas diponegoro semarang). Retrieved from http://eprints.undip.ac.id/29032/1/Skripsi021.pdf.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


