Determinan Preferensi Konsumen Memilih Hotel Syariah di Kabupaten Jember
Abstract
Hotel syariah merupakan hotel yang memperhatikan nilai moralitas, adat, dan nilai agama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui determinan preferensi konsumen dalam memilih hotel syariah di Kabupaten Jember dan pengaruh variabel pengetahuan tentang hotel syariah, produk, tarif, lokasi, serta aksesibilitas terhadap preferensi konsumen memilih hotel syariah di Kabupaten Jember. Data penelitian ini menggunakan data persepsi responden dan jumlah tamu menginap di hotel Kabupaten Jember tahun 2019. Penelitian ini dianalisis menggunakan analisis regresi logistik yang diolah dengan SPSS 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat tiga variabel yang merupakan determinan preferensi konsumen memilih hotel syariah di Kabupaten Jember yaitu variabel produk, lokasi, dan aksesibilitas. Variabel produk, lokasi, dan aksesibilitas memiliki pengaruh positif terhadap preferensi konsumen memilih hotel syariah di Kabupaten Jember. Sedangkan variabel pengetahuan tentang hotel syariah dan tarif tidak memengaruhi preferensi konsumen memilih hotel syariah di Kabupaten Jember.
References
Essa, S. P., Rahmi, D., & Riani, W. (2019). Faktor-Faktor yang Menentukan Preferensi Wisatawan dalam Memilih Hotel Syariah di Bandung. Prosiding Ilmu Ekonomi, 5(1), 24-30. DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.15032
Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 23. (Edisi 8). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Huda, N., Zulihar, Z., & Rini, N. (2019). FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PREFERENSI MASYARAKAT MUSLIM MEMILIH HOTEL SYARIAH. EKUITAS (Jurnal Ekonomi Dan Keuangan). DOI: https://doi.org/10.24034/j25485024.y2018.v2.i4.4033
Janitra, M. R. (2017). Hotel Syariah Konsep dan Penerapan. Depok: Raja Grafindo.
Kara Muslimin., Parmitasari, R. K. A., Alwi Z., & Risna. (2019). BAURAN PEMASARAN JASA DAN TINGKAT HUNIAN PADA HOTEL AL-BADAR SYARIAH. LAA MAISYIR (Jurnal Ekonomi Islam). DOI : https://doi.org/10.24252/lamaisyir.v6i1.9412
Khusaini, Muhammad. (2013). Ekonomi Mikro Dasar-Dasar Teori. Malang: UB Press.
Payangan, O. R. (2013). Pemasaran Jasa Pariwisata. Bogor: IPB Press.
Puspitasari, I., Saleh, M., & Yunitasari, D. (2018). Analisis Kontribusi Sektor Priwisata Terhadap Pendapatan Asli Daerah Kota Batu Periode Tahun 2011-2015. E-Journal Ekonomi Bisnis Dan Akuntansi. DOI: https://doi.org/10.19184/ejeba.v5i1.7720
Pratiwi, R., & Latif, M. I. (2020). Sharia Marketing Mix Terhadap Minat Menginap Kembali di Hotel. Jurnal Magisma, VII(1), 27-33. DOI: https://doi.org/10.35829/magisma.v1i1.66
Rahardi, N., & R. Wiliasih. (2016). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Preferensi Konsumen Terhadap Hotel Syariah. Jurnal Syarikah, 2(1), 180-192. DOI: http://dx.doi.org/10.30997/jsei.v2i1.293
Saleh, S. S. (2017). Willingness To Pay (WTP) dan Faktor-Faktor yang Memengaruhi Konsumen dalam Memilih Hotel Syariah di Kota Bandung [skripsi]. Bogor (ID): Institut Pertanian Bogor
Sangadji, E. M. & S. (2013). Perilaku Konsumen : Pendekatan Praktis Disertai Himpunan Jurnal Penelitian. Penerbit Salemba.
Sjafrizal. (2018). Analisis Ekonomi Regional dan Penerapannya di Indonesia. Depok: Raja Grafindo.
Sukirno, S. (2001). Pengantar Teori Mikro Ekonomi. In Rajawali Press.
Widyarin, & Kartini, F. (2014). Variabel Yang Mempengaruhi Keputusan Pemilihan Hotel Syariah. Ekbisi.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.