Determinan Preferensi Konsumen Memilih Hotel Syariah di Kabupaten Jember

  • Duwi Yunitasari Universitas Jember
  • Ines Cynthia Thresia Riswanda Universitas Jember
  • Nanik Istiyani Universitas Jember

Abstract

Hotel syariah merupakan hotel yang memperhatikan nilai moralitas, adat, dan nilai agama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui determinan preferensi konsumen dalam memilih hotel syariah di Kabupaten Jember dan pengaruh variabel pengetahuan tentang hotel syariah, produk, tarif, lokasi, serta aksesibilitas terhadap preferensi konsumen memilih hotel syariah di Kabupaten Jember. Data penelitian ini menggunakan data persepsi responden dan jumlah tamu menginap di hotel Kabupaten Jember tahun 2019. Penelitian ini dianalisis menggunakan analisis regresi logistik yang diolah dengan SPSS 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat tiga variabel yang merupakan determinan preferensi konsumen memilih hotel syariah di Kabupaten Jember yaitu variabel produk, lokasi, dan aksesibilitas. Variabel produk, lokasi, dan aksesibilitas memiliki pengaruh positif terhadap preferensi konsumen memilih hotel syariah di Kabupaten Jember. Sedangkan variabel pengetahuan tentang hotel syariah dan tarif tidak memengaruhi preferensi konsumen memilih hotel syariah di Kabupaten Jember.

Keywords: Hotel Syariah, Preferensi Konsumen, Pariwisata

References

Dwiastuti, R., Shinta, A., & Isaskar, R. (2012). Ilmu Perilaku Konsumen. Malang: UB Press.

Essa, S. P., Rahmi, D., & Riani, W. (2019). Faktor-Faktor yang Menentukan Preferensi Wisatawan dalam Memilih Hotel Syariah di Bandung. Prosiding Ilmu Ekonomi, 5(1), 24-30. DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.15032

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 23. (Edisi 8). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Huda, N., Zulihar, Z., & Rini, N. (2019). FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PREFERENSI MASYARAKAT MUSLIM MEMILIH HOTEL SYARIAH. EKUITAS (Jurnal Ekonomi Dan Keuangan). DOI: https://doi.org/10.24034/j25485024.y2018.v2.i4.4033

Janitra, M. R. (2017). Hotel Syariah Konsep dan Penerapan. Depok: Raja Grafindo.

Kara Muslimin., Parmitasari, R. K. A., Alwi Z., & Risna. (2019). BAURAN PEMASARAN JASA DAN TINGKAT HUNIAN PADA HOTEL AL-BADAR SYARIAH. LAA MAISYIR (Jurnal Ekonomi Islam). DOI : https://doi.org/10.24252/lamaisyir.v6i1.9412

Khusaini, Muhammad. (2013). Ekonomi Mikro Dasar-Dasar Teori. Malang: UB Press.

Payangan, O. R. (2013). Pemasaran Jasa Pariwisata. Bogor: IPB Press.

Puspitasari, I., Saleh, M., & Yunitasari, D. (2018). Analisis Kontribusi Sektor Priwisata Terhadap Pendapatan Asli Daerah Kota Batu Periode Tahun 2011-2015. E-Journal Ekonomi Bisnis Dan Akuntansi. DOI: https://doi.org/10.19184/ejeba.v5i1.7720

Pratiwi, R., & Latif, M. I. (2020). Sharia Marketing Mix Terhadap Minat Menginap Kembali di Hotel. Jurnal Magisma, VII(1), 27-33. DOI: https://doi.org/10.35829/magisma.v1i1.66

Rahardi, N., & R. Wiliasih. (2016). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Preferensi Konsumen Terhadap Hotel Syariah. Jurnal Syarikah, 2(1), 180-192. DOI: http://dx.doi.org/10.30997/jsei.v2i1.293

Saleh, S. S. (2017). Willingness To Pay (WTP) dan Faktor-Faktor yang Memengaruhi Konsumen dalam Memilih Hotel Syariah di Kota Bandung [skripsi]. Bogor (ID): Institut Pertanian Bogor

Sangadji, E. M. & S. (2013). Perilaku Konsumen : Pendekatan Praktis Disertai Himpunan Jurnal Penelitian. Penerbit Salemba.

Sjafrizal. (2018). Analisis Ekonomi Regional dan Penerapannya di Indonesia. Depok: Raja Grafindo.

Sukirno, S. (2001). Pengantar Teori Mikro Ekonomi. In Rajawali Press.

Widyarin, & Kartini, F. (2014). Variabel Yang Mempengaruhi Keputusan Pemilihan Hotel Syariah. Ekbisi.
     Plum Analytic Metrics

Published
2020-12-29

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.