Pengaruh Customer Satisfaction dan Religiusitas sebagai Variabel Moderasi Atas Penggunaan Islamic Branding terhadap Purchase Intention
Abstract
Untuk membangkitkan minat nasabah, Islamic Branding dalam industri perbankan syariah perlu memberikan sejumlah besar manfaat yang dapat diperoleh nasabah, untuk dapat memaksimalkan Customer Satisfaction sehingga dapat menghasilkan Purchase Intention yang tinggi. Tingkat Religiusitas nasabah terbukti turut memegang peranan penting dalam memilih lembaga perbankan yang menggunakan Islamic Branding. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari adalah pengaruh kepribadian Islamic Branding terhadap Purchase Intention menggunakan jasa perbankan syariah dengan Customer Satisfaction sebagai variable intervening dan Tingkat Religiusitas Pelanggan sebagai variable moderator. Prosedur pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik non-probability sampling. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan SEM (Structural Equation Modeling) dengan aplikasi PLS (Partial Least Squares). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Islamic Branding mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Customer Satisfaction, tetapi tidak berpengaruh signifikan terhadap Purchase Intention, dan tidak secara tidak langsung akan tidak signifikan mempengaruhi Customer Satisfaction sebagai variabel intervening. Serta Tingkat Religiusitas sebagai variabel moderator tidak terbukti berpengaruh signifikan atas pengaruh Islamic Branding terhadap Customer Satisfaction dan Purchase Intention nasabah BMT Kampoeng Syariah Medan.
References
El-Menouar, Y. (2014). The Five Dimensions of Muslim Religiosity . Results of an Empirical Study. Method, Data, Analyses, 8(1), 53–78.
Essoo, N., & Dibb, S. (2004). Religious Influences on Shopping Behaviour: An Exploratory Study. Journal of Marketing Management, 20(7–8), 683–712.
Fatema, M., Foyez Ahamd Bhuiyan, & Mostaq Ahmad Bhuiyan. (2013). Shari ’ a Compliance in Building Identified Islamic Brands. Ejbm, 5(11).
Ferdinand. (2006), Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian untuk skripsi, Tesis dan Disertai Ilmu Manajemen. Semarang: Universitas Diponegoro
Handayani Rinuastuti, B., Darwini, S., Agustiani, E., & Andilolo, I. R. (2018). Pengaruh Religiusitas Terhadap Perilaku Memilih Bank Syariah Melalui Kepercayaan Merek (Studi Pada Nasabah Bank Syariah di Kota Mataram). Distribusi - Journal of Management and Business, 6(2), 47–60.
Isa, M., Lubis, H. A., & Lubis, I. S. (2020). Pengaruh Religiusitas dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Rahmat Syariah Swalayan City Walk Padangsidimpuan. Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 3(1), 1–15.
Jumani, Zulfikar Ali; Siddiqui, K. (2012). Bases of Islamic Branding in Pakistan : Perceptions or Believes. Interdisciplinary Journal of Contemporary Research in Business, 3(9), 840–848.
Risal, T, & Alexander, A. (2019). Pengaruh Persepsi Bagi Hasil, Promosi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Penggunaan Jasa Perbankan Syariah Tabungan Mudharabah Pada Mahasiswa Universitas Potensi Utama. Jurnal Samudra Ekonomika, 3(2), 118–130.
Risal, Taufiq. (2019a). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Nasabah Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening Pada Bmt Kampoeng Syariah. JMB (Jurnal Manajemen Dan Bisnis), 1(1). 07
Risal, Taufiq. (2019b). Peningkatan peran perbankan syariah dengan menggerakkan sektor riil dalam pembangunan. Accumulated, 1(1), 36–47.
Shah Alam, S., & Mohamed Sayuti, N. (2011). Applying the Theory of Planned Behavior (TPB) in halal food purchasing. International Journal of Commerce and Management, 21(1), 8–20.
Tjiptono, Fandy. (2014), Pemasaran Jasa – Prinsip, Penerapan, dan Penelitian, Andi Offset, Yogyakarta.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


