Pengaruh Inovasi Produk dan Promosi Penjualan terhadap Minat Beli Sepeda Motor Suzuki Satria F150 (Survei pada Komunitas Suzuki Satria F150 Indonesia)
Abstract
Teknologi yang saat ini telah berkembang pesat di hampir semua bidang aplikasi bisnis termasuk otomotif telah dimanfaatkan oleh perusahaan dalam mengembangkan sistem teknologi mereka secara sedemikian rupa sehingga mampu memajukan dan mengembangkan usaha dengan sangat baik. Transportasi merupakan komponen utama dalam sistem hidup dan kehidupan, sistem pemerintahan, dan sistem kemasyarakatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh inovasi produk dan promosi penjualana terhadap minat beli sepeda motor Suzuki Satria F150 Indonesia. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dan verifikatif. Populasi dalam penelitian ini adalah anggota yang menggunakan sepeda motor Suzuki Satria F150 Indonesia yang berjumlah 2.463 anggota, dengan sampel sebanyak 96. Teknik sampling penelitian ini adalah Purposive Sampling menggunakan rumus Slovin. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data diolah menggunakan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa Inovasi Produk dan Promosi Penjualan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Beli. Berdasarkan output SPSS pengujian koefisien determinasi secara simultan pada menunjukkan nilai R2 sebesar 41,3% minat beli (Y) dapat dijelaskan oleh inovasi produk (X1) dan promosi penjualan (X2). Sedangkan sisanya sebesar 58,7% dijelakan oleh variabel-variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Sedangkan pengujian koefisien determinasi secara parsial diketahui bahwa variabel inovasi produk memberikan pengaruh terhadap minat beli sebesar 31,3% sedangkan promosi penjualan memberikan pengaruh terhadap minat beli sebesar 9,9%, nilai tersebut menunjukan nilai R2 . Sedangkan sisanya sebesar sebesar 58,8% dijelakan oleh variabel-variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
References
Harly, G. S., & Octavia, D. (2017). Pengaruh Endorsement Fashion Blogger Terhadap Minat Beli Merek Lokal Pada Tahun 2013 2014 (Studi Kasus Pada Fashion Blogger Evita Nuh). Jurnal Manajemen Indonesia, 14(2), 140. https://doi.org/10.25124/jmi.v14i2.358
Hasan, A. (2014). Marketing dan Kasus-Kasus Pilihan. Yogyakarta: CAPS.
Kotler dan keller (p. 454). (2016).
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016a). A Framework for Marketing Management. In Marketing Management.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016b). MarkKotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management. Global Edition (Vol. 15E). https://doi.org/10.1080/08911760903022556eting Management. In Global Edition. https://doi.org/10.1080/08911760903022556
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016c). MarkKotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management. Global Edition (Vol. 15E). In Global Edition.
Sacadikiara, E. H., & Tresnati, R. (2018). Prosiding Manajemen Pengaruh Promosi Penjualan terhadap Minat Beli Konsumen pada Distro Screamous Bandung The Influence Sales Promotion and Price on Purchase Intentions at Distro Screamous Bandung. (9), 13311336.
Saladin (p. 71). (2016).
Suhardi, D., & Irmayanti, R. (2019). Pengaruh Celebrity Endorser, Citra Merek, dan Kepercayaan Merek Terhadap Minat Beli Konsumen. In Jurnal Inspirasi Bisnis dan Manajemen (Vol. 3).
Utami, R. P., & Saputra, H. (2017). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Sayuran Organik Di Pasar Sambas Medan. Niagawan, 6(2), 4453. https://doi.org/10.24114/niaga.v6i2.8334
Yoebrilianti, A. (2018). Pengaruh Promosi Penjualan Terhadap Minat Beli Produk Fashion dengan Gaya Hidup Sebagai Variable Moderator (Survei Konsumen pada Jejaring Sosial). Jurnal Manajemen, 8, 2041.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


