Dampak Covid-19 Terhadap Industri Rumah Tangga Pangan di Kota Padang

  • Radia Fitri STEI Ar Risalah Sumatera Barat
  • Mayang Bundo STEI Ar Risalah Sumatera Barat

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji lebih dalam dampak pandemi Covid-19 terhadap industri rumah tangga pangan di Kota Padang terutama dalam hal perubahan pendapatan dan bagaimana stategi bertahan mereka di tengah pandemi agar tetap eksis. Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pandemi Covid-19 berdampak pada pendapatan industri rumah tangga pangan di Kota Padang secara bervariasi tergantung pada jenis usaha serta strategi bertahan yang mereka lakukan. Adapun strategi yang dilakukan oleh usaha mikro di wilayah pariwisata Kota Padang yaitu Melalui wawancara  dan pencatatan data dari angket penelitian dapat diketahui upaya yang dilakukan dalam mempertahankan usahanya yaitu meletakkan hasil industri di warung terdekat, rumah makan, promosi melalui media sosial seperti Facebook, Marketplace, dan group Whatsapps. Promosi yang dilakukan oleh industri rumah tangga dengan media sosial cukup membantu dalam mempromosikan hasil produksinya selama covid-19 terjadi.

 Strategi bertahan yang tepat untuk meredam dampak Covid-19 adalah dengan menerapkan strategi-strategi yang dapat memberikan nilai tambah sekaligus dapat menjamin keberlanjutan usaha.

Keywords: industri rumah tangga pangan, Covid-19

References

Cahyani, Nanda. Perilaku Produsen, diakses tanggal 2 Agustus 2020, /https://nandacahyani.wordpress.com/2012/10/08/perilaku-produsen/.
Chalil, Zaki Fuad. 2009. Pemerataan Distribusi Kekeyaan dalam Ekonomi Islam. Jakarta: Erlangga.
DIKNAS. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama
Feryanto, Agung et al. 2013. Seri Ensiklopedi Materi Ekonomi Volume 2 Ketergantungan. Klaten: Cepaka Putih
Hakim, Lukman. 2012. Prinsip-Prinsip Ekonomi Islam. Jakarta: PT. Erlangga.
Haneef, Mohamed Aslam. 2010. Pemikiran Ekonomi Islam Kontemporer, terj. Suherman Rosyidi. Jakarta: Rajawali.
Hasan, Ali. 2009. Manajemen Bisnis Syari’ah Kaya di Dunia Terhormat di Akhirat. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Hidayat, Muhammad. 2010. The Sharia Economi. Jakarta Timur: Zikrul Hakim.
Hidayat, Muhammad. The Sharia Economi. 2010. Jakarta Timur: Zikrul Hakim.
Karim, Muchith A. 2013. Perilaku Komunitas Muslim Perkotaan Dalam Mengkonsumsi Produk Halal. Jakarta: Puslitbang kemenag RI
Khalil, Jafril. 2010. Jihad Ekonomi Islam. Jakarta: Gramata Publishing.
Nurbowo, Anton Apriyanto. 2003. Panduan Belanjaan Dan Konsumsi Halal. Jakarta: Khairul Bayan.
Pusat Pengkajian Dan Pengembangan Ekonomi Islam. 2014. Ekonomi Islam. Jakarta : PT. Rajagrafindo Persada.
Pusat Pengkajian Dan Pengembangan Ekonomi Islam. 2014. Ekonomi Islam. Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada.
Qardhawi, Yusuf. 1997. Daurul Qiyam wal Akhlak Fil Iqtishadil Islam,Terj. Zainal Arifin-Dahlia Husni,”Norma dan Etika Ekonomi Islam”,Cet. 1. Jakarta: Gema Insani
Raditya, Hertoni. Perilaku produsen, diakses 28 Agustus 2020 ,/https://Hertoniraditya.Wordpress.Com/2012/03/21/Perilaku-Produsen/Dowload
     Plum Analytic Metrics

Published
2021-06-01

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.