Analisis Lokasi, Keberagaman Produk, Harga dan Perilaku Konsumen dengan Minat sebagai moderasi terhadap Kepuasan Konsumen Muslim

  • Wiyono Wiyono Pasca Sarjana IAIN Salatiga
  • Ifan Arin Wardhana Pasca Sarjana IAIN Salatiga

Abstract

Pertumbuhan ekonomi syariah baik di pasar tradisional maupun pasar modern semakin berkembang dan kuat. Konsumen muslim yang merupakan salah satu pelaku dalam perputaran ekonomi syariah di pasar. Dalam hal ini faktor apa saja yang mempengaruhi kepuasan konsumen muslim tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, variabel independen yaitu lokasi (X1), keberagaman produk (X2), harga (X3) dan perilaku konsumen muslim (X4). Sedangkan Minat (Z) digunakan sebagai variable moderating, untuk kepuasan konsumen sebagai variable dependen (Y). Penelitian ini sebanyak 97 responden dari konsumen muslim yang berasal dari beberapa toko yang dijadikan lokasi penelitian. Dari hasil penelitian ini bahwa peran minat memperkuat pengaruh lokasi sebesar t hitung -3.893 signifikan 0,00 dan minat juga memperkuat harga terhadap kepuasan konsumen sebesar t hitung -2,682 dan signifikan 0,009, sedangkan minat tidak berpengaruh terhadap variabel keberagaman produk dengan t hitung sebesar -1,440 dan signifikan 0,153 dan minat juga tidak berpengaruh terhadap perilaku konsumen muslim dengan t hitung sebesar -1,892 dan signifikan 0,072

Keywords: Interests mediator, consumer behavior, customer satisfaction

References

A.A. Anwar Prabu Mangkunegara, Perilaku konsumen, Bandung: Refika Aditama, 2002

Abdul Shomad, Hukum Islam: Penormaan Prinsip Syariah Dalam Hukum Indonesia, Edisi Revisi, Jakarta Kencana 1997

Adhiyatma Firmansyah, “ Pengaruh Lokasi, Harga, Fasilitas dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen” Skripsi, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2018

Achmad Zanul Arif, “Pengaruh Keberagaman Produk, Kualitas Produk dan Lokasi Terhadap Minat Beli Konsumen di Pasar Pabean Surabaya”, Universitas Narotoma Surabaya, 2017

Arif Purnomo Aji, “Analisis Pengaruh Harga, Lokasi dan Keragaman Produk Terhadap Minat Beli di Luwes Delanggu”, Universitas Muhammadiyah Surakarta, skripsi 2017

Astika Pratiwi, “Pengaruh Lokasi, Harga dan Keberagaman Produk Terhadap Minat Beli Pada Pasar Tradisional Argosari Wonosari”, UNY Yogjakarta, 2016.

Azwar, Reabilitas dan Validitas, Edisi 3; Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2002.

Ajzen, I The Theory of Planned behavior, Organizational Behavior and Human Decision Processes, 1991.

Dinawan. R. M. “Analisis Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Konsumen Yamaha Mio PT Harpindo Jaya Semarang). Tesis, Universitas Diponegoro Semarang, 2010.

William Doods, B, Monroe, Kent B, Grewal, Dhruv; Effect of Prece, Brand and Store Information on Buyer’s Product Evaluation, “Journal of Marketing Reseach”, Vol XXVIII, Agustus 1991.

Eka Kiki febriana, “Pengaruh Keragaman Produk, Kualitas Produk dan Lokasi Penjualan Terhadap Kepuasan Konsumen” Skripsi, Universitas Pandanaran Semarang, 2017

Githa Bannazirlie, “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Konsumen Belanja di Pasar Modern” thesis, IAIN Syekh Nurjati, Cirebon, 2012.

Haris Ilham, “Pengaruh Tingkat Religiusitas, Kualitas Pelayanan, dan Kepercayaan Terhadap Minat Masyarakat Menabung di Bank Syariah Dengan Minat Sebagao Variabel Moderasi” skripsi, IAIN Salatiga, 2019.

Hendra Fure, “Lokasi, Keberagaman Produk, Harga Dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya Terhadap Minat Beli Pada Pasar Tradisional Bersehati Calaca. Manado”, Jurnal EMBA Vol.1 No.3 September 2013 hal 1768-1780.

Hetty Sri Wardani, “Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen Muslim Pada Jaizah Boutique Tlogosari Semarang” thesis UIN Walisongo 2015

Herry Novrianda, Analisis pengaruh kualitas produk, kualitas layanan dan harga terhadap kepuasan konsumen, journal Baabu Al-Ilmi Vol. 1 No 2Oktober 2016, hal 80-93

Husein Umar, Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis , Jakarta; PT Grafindo Persada, 2013

Idri, Hadis Ekonomi: Ekonomi Dalam Perspektif Hadis Nabi, Jakarta, Prenadamedia Group, 2015

Ika Yunia Fauzia, Etika Bisnis Dasar Islam, Cet, II. Jakarta: Kencana Pranadamedia Group, 2014

Imam Ghazali. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Edisi Keempat, Penerbit Universitas Diponegoro,2010

Inggrid Panjaitan “ Pengaruh Pelayanan Dan Harga Pada Go-Jek Terhadap Kepuasan Konsumen Dengan Minat Sebagai Variabel Moderating” Jurnal Media Studi Ekonomi, Vol 19 No 2 Juli-Desember, 2016, hal 43-55.

Iwan Setiawan, Pengembangan Bisnis Tanpa Riba, Jurnal Tahkim, Volume XIII No 2 Desember 2017, hal17-30

Jonathan Herdioko, “Pengaruh Produk Dan Harga Tehadap Minat Beli Konsumen Dalam Berbelanja Produk Kopi Secara Daring: Studi Kasus Pada Situs Internet Otten Coffee, Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis,Vol 12, No 2 2017, hal 129-136.

Kinear, Thomas C and James R T aylor, Marketing Reseach: An Apllied Approach. McGraw Hill Text, 1995.

Kismono G, Pengantar Bisnis, Jakarta : BPFE, 2001

Phillip Kotler, Manajemen Pemasaran Analisis Perencanaan Implementasi Kontrol, Jilid I, Jakarta:Prehallindo, 1997.

Philip Kotler, Manajemen Pemasaran, Edisi Milenium. Jakarta: PT Prehallindo, 2002.

Linda Sari, “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Konsumen Muslim Membeli Produk Tanpa Label halal”, skripsi Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, 2018.

Lewis, Gregory, Taktik Menetapkan Harga/Pricing For Profit. Jakarta: Gramedia, 1997

Mardani, Hukum Sistem Ekonomi Islam, jakarta, PT Rajagrafindo Persada, 2015

M A Mannan (ed) Teori dan Praktek Ekonomi Islam, diterjemahkan oleh Sohaji dan Karnaen Perwataatmaja, et al dari “Islamic Economics; Theory and Practice”, Yogyakarta:PT Dana Bhakti Wakaf, 1993.

M Nur Rianto Al Arif&Euis Amalia, Teori Mikroekonomi Suatu Perbandingan Ekonomi Islam dan Ekonomi Konvensional I Cetakan ke 1; Jakarta:Kencana, 2010

M Nur Rianto, “ Perilaku Konsumen Muslim Dalam Memaksimumkan Kepuasan” jurnal Sosio-Religius LinkSas Yogyakarta, Vol. 9 No 2 tahun2010, hal 1-16

Mardikasari, “Pengaruh Store Atmosphere, Lokasi Toko dan Keberagaman Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Mirota Kampus”, S1 thesis, 2013.

Muhamad Hanafi, Prinsip dan Etika Bisnis Dalam Islam, Suatu Sorotan Etika Bisnis Rasulullah SAW Jakarta: Pustaka Antara, 1992.

Muhamad Husni Handri, Jhon Fernos, “Pengaruh Suasana Toko Dan Lokasi Terhadap Minat Bel i Konsumen Pada Minimarket Xmart Ulak Karang Padang, Skripsi STIE KBP Padang, 2018.

Muhamad Muflih, Perilaku Konsumen dalam Perspektof Ilmu Ekonomi Islam, PT Dana Bhakti Prima Yasa, 1997.

Muhammad, Ekonomi Mikro dalam perspektif Islam, Yogyakarta:BPFE, 2004.

Oetomo, Rahardian A dan Nugraheni, Rini, “Analisis Pengaruh Keberagaman Menu, Persepsi Harga dan Lokasi Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen” Skripsi, Universitas Dipenegoro, 2012.

Putong, Iskandar, PengantarMikro dan Makro, Edisi Kelima, Mita Wacana Media, Jakarta, 2013.

Prasetiyo, “Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan” Skripsi 2012.

Rahmat Nur Riandika, “Pengaruh Lokasi, Harga Dan Keragaman Produk Terhadap Keputusan Pembelian di Mall
Dinoyo City”, Jurnal riset Manajemen Fakultas Ekonomi Unisma, 2017, hal 50-64.

Rika Andriyani, ”Analisis Penerapan Prinsip-Prinsip Syariah Pada Bisnis Ritel Syariah di Minimarket Sakinah 212 Mart Wonorejo Tandes Surabaya,skripsi, UIN Surabaya, 2019

Sakti, Ali, Sistem Ekonomi Islam Filosofi dan Bangunannnya, 2003

Setiyanto, “Analisis Hubungan Harga dan Pelayanan Dengan Kepuasan Konsumen, Studi Kasus : CV Nanda Group Car Rental Yogyakarta” Sripsi Universitas Sanata Dharma, 2010.

Sopiyah dan Syihabuddin, Manajemen BisnisRitel, Andi, Yogyakarta,2010.

Sugiyono, Memahami Metode Kualitatif, Bandung CV Alvabeta, 2015.

Suryani dan Hendryadi, Metode Riset Kuantitatif (Teori Penelitian bidang Manajemen dan Ekonomi Islam) Edisi Pertama; Jakarta: Prenadamedia Group, 2015

Swastha Basu, Azaz-azaz Marketing, Yogyakarta: Liberty 2002

Swastha dan Handoko, Manajemen Pemasaran Analisis Perilaku Konsumen, Yogyakarta, BPFE 2000.

Swastha, Basu dan Irawan, Manajemen Pemasaran Modern, Yogyajarta:BPFE, 2001.

Tjiptono, Fandy. Pemasaran Jasa, Bayumedia: Malang, 2006.

Umar, Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif, Cetakan 2; Jakarta: Bumi Angkasa, 2014.

Wahyunita Nur, “Pengaruh Lokasi, Keberagaman Produk dan Harga Terhadap Minat Beli Pada Giant Express Allaudin Makasar” skripsi Universitas Alauddin Makasar, 2016.

Toni Wijaya, Metodologi Penelitian Ekonomi dan Bisnis, Yogjakarta;Graha Ilmu, 2013.

Yamin dan Kurniawan, Pengantar Analisis Jalur (Path Analysis), Salemba 2014

Yuli Mutiah Rambe dan Syaad Afifuddin , “Pengaruh Pencantuman Label Halal Pada Kemasan Mie Instan Terhadap Minat Pembelian Masyarakat Muslim”, Jurnal Ekonomi dan Keuangan, Vol 1, No1 Desember 2012.

Yusuf Qadarwi, Norma Dan Etika Ekonomi Islam,diterjemahkan oleh Zainal Arifin,Lc. Cetakan ke-2, Jakarta: Gema Insani Perss, 1999
     Plum Analytic Metrics

Published
2021-06-01
How to Cite
Wiyono, W., & Wardhana, I. (2021). Analisis Lokasi, Keberagaman Produk, Harga dan Perilaku Konsumen dengan Minat sebagai moderasi terhadap Kepuasan Konsumen Muslim. Jesya (Jurnal Ekonomi Dan Ekonomi Syariah), 4(2), 1096-1103. https://doi.org/https://doi.org/10.36778/jesya.v4i2.387

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.