Pengaruh EWOM, Travel Motivation dan Destination Attractiveness terhadap Visit Intention di Kota Batam

  • Ratih Anggraini universitas Internasional Batam
  • Noviyanti Lupita Universitas Internasional Batam

Abstract

Niat berkunjung Kembali pada suatu objek wisata adalah salah satu tolak ukur keberhasilan sebuah destinasi wisata dalam memberikan kepuasan kepada pelanggan. EWOM, motivasi, dan daya tarik destinasi memiliki peran penting dalam keputusan calon wisatawan dalam mengunjungi suatu destinasi wisata. Salah satu destinasi wisata pada penelitian ini adalah Kota Batam. Penelitianini menggunakan metode kuantitatif dikarenakan melakukan uji hipotesis dan mendeskripsikan hubungan  antar variabel. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk memperjelas dan mengetahui apakah EWOM, motivasi, daya tarik destinasi berpengaruh secara signifikan bagi calon wisatawan dalam membuat keputusan untuk berkunjung ke suatu destinasi wisata di Kota Batam. Observasi dilaksanakan dengan cara menyebarkan kuisioner berupa google form yang disebar melalui media sosial seperti line dan whatsapp untuk dapat menjangkau calon wisatawan luar kota. Narasumber yang terkumpul sebanyak 272 responden diantaranya terdapat 173 wanita dan 99 pria. Teknik yang dipakai dalam penelitian ini adalah snowball sampling yang artinya narasumber satu mereferensikan kepada yang lain dan seterusnya sehingga akhirnya responden menjadi besar. Penulis melakukan uji data menggunakan IBM SPSS Statistic setelah responden sudah terkumpul. Pada hasil penelitian, pada uji T menunjukan bahwa motivasi tidak memiliki pengaruh secara signifikan terhadap niat untuk berkunjung. Sedangkan EWOM dan daya tarik destinasi berpengaruh cukup signifikan terhadap niat untuk berkunjung dengan nilai sig ≤ 0.05 yaitu 0.00.

Keywords: Keywords: EWOM, Motivation, Attractiveness Of Destinations, Intention To Visit

References

Abubakar, A. M., & Ilkan, M. (2016). Impact of online WOM on destination trust and intention to travel: A medical tourism perspective. Journal of Destination Marketing and Management, 5(3), 192–201.

Alam, S., Pramanik, K., Hossain, E., & Azam, S. (2016). The Impacts of Visitors ’ Attitude on Visit Intention in the Context of Museum Applying SEM : Offering an Alternative Visit Intention Model. 1(1), 1–14.

Albarq, A. N. (2014). Measuring the Impacts of Online Word-of-Mouth on Tourists’ Attitude and Intentions to Visit Jordan: An Empirical Study. International Business Research, 7(1), 14–22. https://doi.org/10.5539/ibr.v7n1p14

Khan, M. J., Chelliah, S., & Ahmed, S. (2018). Intention to visit India among potential travellers: Role of travel motivation, perceived travel risks, and travel constraints. Tourism and Hospitality Research, 19(3), 351–367. https://doi.org/10.1177/1467358417751025

Krishnapillai, G., & Ying, K. S. (2017). The Infl uence of Electronic-Word-of-Mouth on Travel Intention among Foreign Students in Malaysia: Does Gender Really Matter? International Review of Management and Marketing, 7(1), 475–483.

Robinson, K. (2015). World heritage listed sites-does it attract tourists? a study of factors influencing Norwegian tourist’s intention to visit Unesco’s world heritage listed sites. Retrieved from https://brage.bibsys.no/xmlui/bitstream/handle/11250/298656/Robinson.pdf?sequence=1

Yacob, S., Johannes, J., & Qomariyah, N. (2019). Does Destination Attractiveness and Destination Image Create Increase of Visiting Intention in Indonesia Rural Tourism? Sriwijaya International Journal of Dynamic Economics and Business, 3(2), 122. https://doi.org/10.29259/sijdeb.v3i2.122-133
     Plum Analytic Metrics

Published
2021-06-01

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.