Pengaruh Penjualan Online di masa Pademi Coviv-19 terhadap UMKM Menggunakan metode Wawancara

(Studi Kasus UKM Salad Nyoo Timoho Yogyakarta)

  • Agus Dwi Cahya Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Aminah Aminah Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Atma Fadna Rinaja Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Nadya Adelin Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Abstract

Tepat sudah setahun Pandemi Covid-19 merubah tatanan kehidupan masyarakat Indonesia. Segala aktivitas dilakukan secara online ataupun daring guna menghindari berkumpulnya manusia. Tentu saja ini keadaan sangat berdampak di perekonomian Indonesia khususnya pada UMKM. Penurunan omzet para pelaku UMKM sangat signifikan termasuk juga lapangan usaha penyedia makanan dan minuman. Penjualan online menjadi strategi juga sarana pendongkrak kehidupan ekonomi di masa pandemi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dari penjualan online selama masa Pandemi Covid-19 terhadap UKM Salad Nyoo Timoho. Metode untuk mendapatkan data dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan wawancara secara langsung dengan narasumber yaitu pelaku usaha Salad Nyoo Timoho dan juga analisis SWOT. Pada masa pandemi ini UMKM sangatlah berpengaruh karena dapat menstabilkan perekonomian Indonesia. Kolaborasi oleh UMKM dengan bekerja sama dengan platform, marketplace dan media social sangat membantu sebagai media pemasaran, promosi dan penjualan online.

Keywords: dampak pandemi covid-19, penjualan online, omzet, UMKM

References

Rosita, R. (2020). PENGARUH PANDEMI COVID-19 TERHADAP UMKM DI INDONESIA. JURNAL LENTERA BISNIS, 9(2), 109. https://doi.org/10.34127/jrlab.v9i2.380

Hardilawati, W. laura. (2020). Strategi Bertahan UMKM di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Akuntansi dan Ekonomika, 10(1), 89–98. https://doi.org/10.37859/jae.v10i1.1934

Santoso, R. (2020). Review of Digital Marketing & Business Sustainability of E-Commerce During Pandemic Covid19 In Indonesia. Jurnal Ilmu Ekonomi Terapan, 5, 13.

Anugrah, R. J. (2020). Efektifitas Penerapan Strategi Online Marketing Oleh UMKM Dalam Masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Corona Viruses Disease 2019 (Covid-19). Jurnal Manajemen dan Inovasi (MANOVA), 3(2), 55–65. https://doi.org/10.15642/manova.v3i2.302

Thaha, A. F., & Hasanuddin, U. (t.t.). DAMPAK COVID-19 TERHADAP UMKM DI INDONESIA. JURNAL BRAND, 2, 7.

Sumarni, T., & Melinda, L. D. (2020). Media Sosial dan E-commerce sebagai Solusi Tantangan Pemasaran Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus: UMKM Warung Salapan). ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis (e-Journal), 6(2), 9. https://doi.org/10.38204/atrabis.v6i2.489

Komalasari, R. (2020). MANFAAT TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DI MASA PANDEMI COVID 19. TEMATIK, 7(1), 38–50. https://doi.org/10.38204/tematik.v7i1.369
     Plum Analytic Metrics

Published
2021-05-14

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.