Pemetaan Pemasaran UMKM Kuliner Singkong di Kecamatan Cibadak, Banten Dengan Metode AHP

  • Tati Handayani UPN Veteran Jakarta
  • Pusporini Pusporini Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor eksternal dan internal dari Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) serta penentuan indikator unggulan usaha mikro kecil dan menengah kuliner singkong di Kecamatan Cibadak, Banten. Metode pengumpulan data melalui kuesioner. Sampel  penelitian sebanyak 5 responden yang unit usahannya kuliner singkong. Metode analisis menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan analisis SWOT dan  Analytical Hierarchy Process (AHP) serta menggunakan diagram grand strategy.  Hasil dari penelitian menunjukkan adanya alternatif strategi diversifikasi konsentris, sedangkan indikator unggulan UMKM  dari perhitungan Analytical Hierarchy Process, yaitu adanya peluang dengan cara  pertama memperbanyak variasi produk bertujuan agar pelanggan lebih tertarik dan banyak pilihan, supaya pelanggan mereka tidak beralih kepada pesaing, adapun cara kedua dengan menaikkan harga produk jika pelanggan membeli secara eceran , cara ketiga menampung singkong dengan kapasitas yang cukup banyak dari petani saat panen raya singkong tiba beserta kelengkapannya, namun tetap konsisten menerapkan harga jual dan kualitas produk yang selama ini dimiliki toko dan mempromosikan variasi baru yang dimiliki kepada pelanggan dengan pemanfaatan media sosial yang dimiliki toko tersebut. Hasil penelitian ini dikemudian hari memberikan kontribusi pada peningkatan pendapatan serta penciptaan lapangan kerja yang paling penting untuk kelompok masyarakat di Kecamatan Cibadak yang berpenghasilan rendah.

Keywords: Kata Kunci AHP, Kuliner Singkong , SWOT.

References

Affanddy, M. R. (2017). Perencanaan Strategi Pemasaran Perhiasan Imitasi Dengan Metode Analisis SWOT Dan Analytical Hierarchy Prosess ( Studi Kasus : UD . AQILA ). Jurnal Matrik, XVIII(1), 61–70.

Agnia Eva Munthafa, H. M. (2017). Penerapan Metode Analytical Hierarchy Process dalam Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Mahasiswa Berprestasi. Jurnal Siliwangi, 3(2), 192–201.

Ahmad Soleh, I. (2018). Analisis Pemetaan, Potensi Usaha Kecil Menengah (UKM) Di Kota Jambi. Jurnal Sungkai, 6 No. 1(Edisi Februari), 125–138, https://doi.org/10.30606/js.v6i1.1530.

Ananda, A. D., & Susilowati, D. (2019). Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Berbasis Industri Kreatif di Kota Malang. Jurnal Ilmu Hukumrnal Ilmu Ekonomi, X(X), 120–142.

Caroline, C., & Lahindah, L. (2018). Analisa Dan Usulan Strategi Pemasaran Dengan Metode Qspm (Studi Kasus Pada Umkm Di Bandung : Pakan Ikan Waringin Bandung). Jurnal Sains Pemasaran Indonesia (Indonesian Journal of Marketing Science), 16(2), 86. https://doi.org/10.14710/jspi.v16i2.86-102

Fatimah, F., Rhamadanita, M. W., & Sofianto, M. (2019). Pemetaan Pasar Dan Strategi Pemasaran Secara Islami Bagi Usaha Mikro Kecil Dan Menengah. Relasi : Jurnal Ekonomi, 15(2), 337–354. https://doi.org/10.31967/relasi.v15i2.316

Fitri Damayanti Berutu. (2017). Branding Strategy Perusahaan Bakpia Di Daerah Istimewa Yogyakarta. Jbma, Vol. IV(1), 2252–5483.

Katili, W., Tolinggi, W. K., & Murtisari, A. (2016). Analisis Pemetaan Industri Rumah Tangga Berbasis Tanaman Pangan di Kota Gorontalo. AGRINESIA : Jurnal Ilmiah Agribisnis, 1(1), 51–60.

Krisning, T. S., & Chriswahyudi. (2017). Perencanaan Strategi Pemasaran Dengan Pendekatan Matrik IE, SWOT dan AHP Untuk Mendapatkan Alternatif Strategi Prioritas. Jurnal Tenik Industri, (November), 1–2.

Magdalena, H. (2018). Komparasi Model E-Commerce Ukm Bangka Belitung Dengan Analytical Hierarchy Process (Ahp). Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro Dan Ilmu Komputer, 9(1), 425–442. https://doi.org/10.24176/simet.v9i1.1989

Malahayatie. (2019). Etika Marketing Dalam Perspektif Ekonomi Islam Marketing Ethics In Islamic Economic Perspective. Jurnal Ekonomi Syariah, Akuntansi Dan Perbankan, 3(1).

Narto, N., & HM, G. B. (2020). Penguatan Strategi Pemasaran Pudak di Tengah Pandemi Covid-19 untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing Usaha Mikro Kecil Menengah Kota Gresik. Jurnal INTECH Teknik Industri Universitas Serang Raya, 6(1), 48–54. https://doi.org/10.30656/intech.v6i1.2195

Oktri Permata Lani, I. H. (2018). Komunikasi Pemasaran Usaha Kuliner Di Kota Pekanbaru. Jurnal Sosial Keagamaan, 2(2), 92–106.

Qomaro, G. W., Hammam, H., & Nasik, K. (2019). Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah Sektor Pangan dalam Meningkatkan Perekonomian Lokal Melalui Pendampingan Sertifikasi Halal di Kecamatan Tragah Bangkalan. Jurnal Ilmiah Pangabdhi, 5(2), 137–142. https://doi.org/10.21107/pangabdhi.v5i2.6116

Rif’an, M., Aisyah, S., Fatma, F., & Ferdiawan, F. (2019). Strategi Pemasaran Produk Khas Daerah oleh Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM Kota Palu dalam Perspektif Ekonomi Syariah. Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Bisnis Islam, 1(1), 85–107. https://doi.org/10.24239/jiebi.v1i1.6.85-107

Setiawan, T. F., Suharjo, B., & Syamsun, M. (2019). Strategi Pemasaran Online UMKM Makanan (Studi Kasus di Kecamatan Cibinong). MANAJEMEN IKM: Jurnal Manajemen Pengembangan Industri Kecil Menengah, 13(2), 116. https://doi.org/10.29244/mikm.13.2.116-126

Setyowati, N. W. (2016). Pengaruh Lingkungan Eksternal Dan Lingkungan Internal Terhadap Keunggulan Bersaing Pada Industri Kecil Dan Menengah Di Bandung, Jawa Barat. Esensi, 5(1), 9–26. https://doi.org/10.15408/ess.v5i1.2330

Siti Asmaul Mustaniroh , Fatwatul Amalia, Mas’ud Effendi, U. E. (2016). Strategi Pengembangan Klaster Keripik Apel dengan K-means Clustering dan Analytical Hierarchy Process Analytical Hierarchy Process. Jurnal Teknologi Dan Manajemen Agroindustri, 5(2), 67–74.

Sonalitha, E., & Ratih, S. (2017). Analisis Perbandingan Metode Analytical Hierarchy Process Dan Fuzzy Dalam Process Market Matching UMKM. Jurnal Unmer Malang, (September), 850-860,https://jurnalfti.unmer.ac.id/index.php/.

Tamamudin. (2012). Melalui Pendekatan Strategi Pemasaran( Pendekatan Marketing Mix dalam Prespektif Islam ). Jurnal Hukum Islam (JHI), 10(nomor 2), 261–276.

Tuzmen, S., & Sipahi, S. (2011). A multi-criteria factor evaluation model for gas station site selection. Journal of Global Management, 2(1), 12–21. Retrieved from http://www.internationalconference.com.my/proceeding/2ndicber2011_proceeding/164-2nd ICBER 2011 PG 601-610 Gas Station.pdf

Utsalina, D. S., & Dewa, W. A. (2015). Strategi Pemasaran Menggunakan Metode Kombinasi SWOT Dan AHP (Studi Kasus : STMIK Pradnya Paramita) Dwi. SMATIKA JURNAL, 05(02), 1689–1699.
     Plum Analytic Metrics

Published
2021-05-10
How to Cite
Handayani, T., & Pusporini, P. (2021). Pemetaan Pemasaran UMKM Kuliner Singkong di Kecamatan Cibadak, Banten Dengan Metode AHP. Jesya (Jurnal Ekonomi Dan Ekonomi Syariah), 4(2), 826-836. https://doi.org/https://doi.org/10.36778/jesya.v4i2.431

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.