Pengaruh kualitas pelayanan terhadap minat menabung nasabah di Bank Syariah Mandiri KCP Dumai Sukajadi

  • Sandi Andika STAIN Bengkalis
  • Mirza Syahputra Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Bengkalis

Abstract

Meningkatnya minat menabung nasabah disuatu perbankan syariah tentu juga dipengaruhi oleh kualitas pelayaan yang diberikan oleh pihak bank tersebut walaupun masuh ada faktor lain yang juga mempengaruhinya. Perbankan syariah yang bukan hanya bergerak pada sisi profit oriented saja tentu harus memberikan kualitas pelayanan yang jauh lebih baik agar tingkat kepercayaan nasabah bertambah sehingga akan berbanding lurus dengan minat menabung masyarakat di bank syariah. Bank syariah mandiri sangat konsentrasi dengan pelayanan  yang dimana moto dari pelayanan bank yaitu terdepan dan modern, dalam proses transaksinya kepada nasabah untuk menciptakan suasana perbankan yang erat dan bersahabat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan Bank Syariah Mandiri Kcp Dumai Sukajadi terhadap minat menabung nasabah, Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Analisis Regresi Linear Sederhana. Uji Koefisien Determinasi (R2), Uji Validitas dan Realibilitas, dan Uji Normalitas serta Uji Hipotesis (UJI T) Berdasarkan uji hipotesis yang dilakukan peneliti, telah diketahui terjadi hubungan positif antara kualitas pelayanan (X) terhadap minat menabung nasabah (Y) sebesar 0,000 < 0,05, sedangkan hasil uji T menyatakan bahwa nilai thitung lebih besar dari ttabel sebesar (4,775>1,66088), dengan signifikan lebih < 0,05. Maka hipotesis dari penelitian ini yaitu Ho  ditolak (Ha diterima), artinya variabel kualitas pelayanan (X) berpengaruh terhadap minat menabung nasabah (Y) Dengan persentase sumbangan pengaruh variabel independen sebesar 19.2%, sedangkan sisanya sebesar 80.8%  dipengaruhi atau dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model penelitian ini

Keywords: Kualitas Pelayanan, Nasabah, Persentase, dan Minat Menabung

References

Afiatin Nisa1,Dian Renata (2018) Analisis Minat Belajar Siswa dan Implikasinya Terhadap Layanan Bimbingan dan Konseling, Jurnal Bimbingan dan Konseling http://dx.doi.org/10.24042/kons.v5i2.3058

Ahmad Supriyadi (2017) Bank Syariah Dalam Perspektif Filosofis,Yuridisdan Sosiologis Bangsa Indonesia. Jurnal MALIA Vol 1, 2017.
http://dx.doi.org/10.21043/malia.v1i1.3980

Ari Cahyadi 2017 Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Menabung Nasabah (Studi Kasus Pada Bank Sumsel Babel Cabang Tebing Tinggi) Jurnal Media Ekonomi (JURMWK) https://doi.org/10.32767/jurmek.v22i3.486

Cahyo Sasmitodan Adelvia Nabunome, (2018) Analisis Kualitas Pelayanan Publik (Studi Kepuasan Pelanggan Padapln-Rayon Soe Di Wilayah Kerja Puskesmas Tobu,Kabupaten Timor Tengah Selatan) Journal Reformasi (Jurnal Ilmiah Ilmu social an Ilmu Politik). https://doi.org/10.33366/rfr.v8i2.1100

Fandy Tjiptono, Service Management Mewujudkan Layanan Prima, Penerbit CV Andi Offset. Bandung, 2012.
HibbaAl Kanzu dan Harry Soesanto (2016) Analisis Pengaruh Persepsi Kualitas Pelayanan dan perceived Value terhadap Kepuasan religius Untuk Meningkatkan Minat Menabungulang (Studi Pada Bnisyariah Semarang), Jurnal Studi Manajemen dan Organisasi (JSMO) https://doi.org/10.14710/jsmo.v13i1.13410

https://economy.okezone.com/read/2020/12/09/320/2324730/minat-menabung-di-bank-bumn-syariah-meningkat-2-kali-lipat di Akses tanggal 29 April 2021.

Reshita, Riries Mia (2015) Pengaruh Promosi, Lokasi, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Menabung Nasabah Di Bank Bni Di Sidoarjo. Undergraduate Thesis, Stie Perbanas Surabaya. http://eprints.perbanas.ac.id/id/eprint/834

Sri Budi Cantika Putri, 2012 Kualitas Layanan Bagi Nasabahdi Pt. Bank Syariah Mandiri Cabang Malang, JURNAL HUMANITY, ISSN: 0216-8995
http://ejournal.umm.ac.id/index.php/humanity/issue/view/240/showToc

Undang Undang Republik Indonesia No 21 Tahun 2008 Tentang Perbankan Syariah

Yulia Putri, Ani Solihat, Rani Rahmayani, Iis Iskandar, Andry Trijumansyah, (2019) Strategi meningkatkan Minat Menabung di Bank Syariahmelalui Penerapan Religiusitas, ISSN: 1829-8680 E-ISSN: 2599-0039, Jurnal Manajemen dan Bisnis (Performa) https://doi.org/10.29313/performa.v16i1.4532
     Plum Analytic Metrics

Published
2021-06-16
How to Cite
Andika, S., & Syahputra, M. (2021). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap minat menabung nasabah di Bank Syariah Mandiri KCP Dumai Sukajadi. Jesya (Jurnal Ekonomi Dan Ekonomi Syariah), 4(2), 1250-1257. https://doi.org/https://doi.org/10.36778/jesya.v4i2.451

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.