Pengaruh kualitas pelayanan terhadap minat menabung nasabah di Bank Syariah Mandiri KCP Dumai Sukajadi
Abstract
Meningkatnya minat menabung nasabah disuatu perbankan syariah tentu juga dipengaruhi oleh kualitas pelayaan yang diberikan oleh pihak bank tersebut walaupun masuh ada faktor lain yang juga mempengaruhinya. Perbankan syariah yang bukan hanya bergerak pada sisi profit oriented saja tentu harus memberikan kualitas pelayanan yang jauh lebih baik agar tingkat kepercayaan nasabah bertambah sehingga akan berbanding lurus dengan minat menabung masyarakat di bank syariah. Bank syariah mandiri sangat konsentrasi dengan pelayanan yang dimana moto dari pelayanan bank yaitu terdepan dan modern, dalam proses transaksinya kepada nasabah untuk menciptakan suasana perbankan yang erat dan bersahabat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan Bank Syariah Mandiri Kcp Dumai Sukajadi terhadap minat menabung nasabah, Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Analisis Regresi Linear Sederhana. Uji Koefisien Determinasi (R2), Uji Validitas dan Realibilitas, dan Uji Normalitas serta Uji Hipotesis (UJI T) Berdasarkan uji hipotesis yang dilakukan peneliti, telah diketahui terjadi hubungan positif antara kualitas pelayanan (X) terhadap minat menabung nasabah (Y) sebesar 0,000 < 0,05, sedangkan hasil uji T menyatakan bahwa nilai thitung lebih besar dari ttabel sebesar (4,775>1,66088), dengan signifikan lebih < 0,05. Maka hipotesis dari penelitian ini yaitu Ho ditolak (Ha diterima), artinya variabel kualitas pelayanan (X) berpengaruh terhadap minat menabung nasabah (Y) Dengan persentase sumbangan pengaruh variabel independen sebesar 19.2%, sedangkan sisanya sebesar 80.8% dipengaruhi atau dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model penelitian ini
References
Ahmad Supriyadi (2017) Bank Syariah Dalam Perspektif Filosofis,Yuridisdan Sosiologis Bangsa Indonesia. Jurnal MALIA Vol 1, 2017.
http://dx.doi.org/10.21043/malia.v1i1.3980
Ari Cahyadi 2017 Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Menabung Nasabah (Studi Kasus Pada Bank Sumsel Babel Cabang Tebing Tinggi) Jurnal Media Ekonomi (JURMWK) https://doi.org/10.32767/jurmek.v22i3.486
Cahyo Sasmitodan Adelvia Nabunome, (2018) Analisis Kualitas Pelayanan Publik (Studi Kepuasan Pelanggan Padapln-Rayon Soe Di Wilayah Kerja Puskesmas Tobu,Kabupaten Timor Tengah Selatan) Journal Reformasi (Jurnal Ilmiah Ilmu social an Ilmu Politik). https://doi.org/10.33366/rfr.v8i2.1100
Fandy Tjiptono, Service Management Mewujudkan Layanan Prima, Penerbit CV Andi Offset. Bandung, 2012.
HibbaAl Kanzu dan Harry Soesanto (2016) Analisis Pengaruh Persepsi Kualitas Pelayanan dan perceived Value terhadap Kepuasan religius Untuk Meningkatkan Minat Menabungulang (Studi Pada Bnisyariah Semarang), Jurnal Studi Manajemen dan Organisasi (JSMO) https://doi.org/10.14710/jsmo.v13i1.13410
https://economy.okezone.com/read/2020/12/09/320/2324730/minat-menabung-di-bank-bumn-syariah-meningkat-2-kali-lipat di Akses tanggal 29 April 2021.
Reshita, Riries Mia (2015) Pengaruh Promosi, Lokasi, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Menabung Nasabah Di Bank Bni Di Sidoarjo. Undergraduate Thesis, Stie Perbanas Surabaya. http://eprints.perbanas.ac.id/id/eprint/834
Sri Budi Cantika Putri, 2012 Kualitas Layanan Bagi Nasabahdi Pt. Bank Syariah Mandiri Cabang Malang, JURNAL HUMANITY, ISSN: 0216-8995
http://ejournal.umm.ac.id/index.php/humanity/issue/view/240/showToc
Undang Undang Republik Indonesia No 21 Tahun 2008 Tentang Perbankan Syariah
Yulia Putri, Ani Solihat, Rani Rahmayani, Iis Iskandar, Andry Trijumansyah, (2019) Strategi meningkatkan Minat Menabung di Bank Syariahmelalui Penerapan Religiusitas, ISSN: 1829-8680 E-ISSN: 2599-0039, Jurnal Manajemen dan Bisnis (Performa) https://doi.org/10.29313/performa.v16i1.4532

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


