Persepsi Mahasiswa terhadap Pembelajaran Online pada masa Pandemi COVID-19
Abstract
Salah satu upaya untuk mencegah penyebaran Covid-19 adalah belajar dari rumah. Pembelajaran online merupakan alternatif untuk meerapkan pembelajaran dari rumah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi mahasiswa terhadap penerapan pembelajaran online, penggunaan aplikasi yang sesuai dalam pembelajaran online dan kelebihan serta hambatan dalam penerapan pembelajaran online pada masa pandemic Covid-19. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengambilan data dengan dokumentasi dan wawancara. Informaan dalam penelitian ini adalah mahasiswa sejumlah 128 mahasiswa. Teknik analisis data menggunakan analisis data interaktif Miles dan Huberman. Hasil Penelitian sampak dari Pandemic Covid-19 salah satunya adalah meniadakan perkuliahan secara langsung. Perkuliahan dilaksanakan dengan menggunakan pembelajaran online aplikasi yang sering digunakan dalam perkuliahan online adalah Google Clasroom, Zoom, Whatshap, Slack, Schoology, Google Clasroom, Zoom, Whatshap, Slack, Schoology, Youtube, Quizizz, Edmodo dan menggunakan aplikasi SIP (Sistem Informasi Perkuliahan) Universitas PGRI Semarang. Kelebihan pembelajaran online dimasa pandemic covid- 19 adalah mempermudah mahasiswa dan dosen tetap melaksanakan perkuliahan meskipun tidak bertemu secara langsung. hambatan pelaksanaan pembelajaran online diantaranya adalah sinyal jaringan internet yang kurang stabil, hal ini dikarenakan sebagian mahasiswa sedang berada dirumah yang tergolong masih pedesaan dengan fasilitas jaringan internet yang belum maksimal. Kesimpulan penelitian menunjukan bahwa persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran online sebesar 46,9% menjawab membantu memahami materi perkuliahan. Sebesar 39,1% menjawab pembelajaran online dapat meningkatkan motivasi belajar, hanya sebesar 21,6% mahasiswa menjawab pembelajaran online berjalan efektif. aplikasi yang dianggap efektif dalam pembelajaran online adalah google classroom, whatsap dan SIP. Pembelajaran online memiliki kelebihan dan hambatan dalam pelaksanaanya
References
Aji, R.H.S. 2020. Dampak Covid-19 pada pendidikan di Indonesia: Sekolah, keterampilan, dan proses pembelajaran. SALAM: Jurnal Sosial & Budaya Syar-i, 7(5):395-402.
Allan J. Henderson. (2003). The Elearning Question and Answer Book. USA: Amacom.
Alfano, V., & Ercolano, S. (2020). Shut it down: a cross country panel analysis on the efficacy of lockdown measures. medRxiv.
Al-Maroof, R. A. S., & Al-Emran, M. (2018). Students acceptance of Google classroom: An exploratory study using PLS-SEM approach. International Journal of Emerging Technologies in Learning (iJET), 13(06), 112-123.
Anissa, R. N., Utami, S., Setiyani, R., Sholikah, M. A., & Nurkhin, A. (2017). What’s Up with WhatsApp? The Contribution of Blended Learning Through WA Group Discussion for Better English Writing in Indonesia. Advanced Science Letters, 23(8), 7539-7544.
Alvarez, F. E., Argente, D., & Lippi, F. (2020). A simple planning problem for covid-19 lockdown (No. w26981). National Bureau of Economic Research.
Belawati, T. (2019). Pembelajaran online. Jakarta, Universitas Terbuka.
Busch, C., Ludwig, A., & Santaeulalia-Llopis, R. (2020). Emerging Evidence of a Silver Lining But Not of Effective Lockdowns: A Ridge Walk to Avoid an Economic Catastrophe in Italy and Spain.
Darmalaksana, W. (2020). Corona Hadis. Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Djaja, S. (2017). Harapan dan Tantangan Guru Pembelajar Moda Daring. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial, 10(2).
Herayanti, L., Fuaddunnazmi, M., & Habibi, H. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Moodle pada Mata Kuliah Fisika Dasar. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 1(3), 205-209.
Hilmatussa'diah, H. (2020). Mengenal Makna Bela Negara di Masa Pandemi Virus Corona (Know the Meaning of Defending the Country in the Corona Virus Pandemic Period). Available at SSRN 3575683.
Himawan, H. (2015). Analisa dan Perancangan Sistem Pembelajaran Online Menggunakan Metode Parsing. Telematika: Jurnal Informatika dan Teknologi Informasi, 7(2).
Jati, B. J. B., & Putra, G. R. A. (2020). Optimalisasi Upaya Pemerintah Dalam Mengatasi Pandemi Covid 19 Sebagai Bentuk Pemenuhan Hak Warga Negara. SALAM: Jurnal Sosial dan Budaya Syar-i, 7(5).
Ku, C. C., Ng, T. C., & Lin, H. H. (2020). Epidemiological benchmarks of the COVID-19 outbreak control in China after Wuhan’s lockdown: a modelling study with an empirical approach. Available at SSRN 3544127.
Kuntarto, E. (2017). Keefektifan Model Pembelajaran Daring dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi. Indonesian Language Education and Literature, 3(1), 99-110.
Lau, H., Khosrawipour, V., Kocbach, P., Mikolajczyk, A., Schubert, J., Bania, J., & Khosrawipour, T. (2020). The positive impact of lockdown in Wuhan on containing the COVID-19 outbreak in China. Journal of Travel Medicine.
Mahnun, N. (2019). Optimalisasi Pengelolaan dan Pembelajaran Berbasis Online Pada Lembaga Pendidikan Islam dalam Mewujudkan World Class University. Indonesian Journal Of Islamic Educational Management, 1(1), 29-36.
Marbun, P. (2021). Disain pembelajaran online pada era dan pasca covid-19. CSRID (Computer Science Research and Its Development Journal), 12(2), 129-142.
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2014). Qualitative data analysis: A methods sourcebook. 3rd
Mitjà, O., Arenas, À., Rodó, X., Tobias, A., Brew, J., & Benlloch, J. M. (2020). Experts’ request to the Spanish Government: move Spain towards complete lockdown. Lancet (London, England), 395(10231), 1193.
Mungkasa, O. (2020). Bekerja Jarak Jauh (Telecommuting): Konsep, Penerapan dan Pembelajaran. Bappenas Working Papers, 3(1), 1-32.
Piguillem, F., & Shi, L. (2020). The optimal covid-19 quarantine and testing policies (No. 2004). Einaudi Institute for Economics and Finance (EIEF).
Prajana, A. (2017). Pemanfaatan Aplikasi Whatsapp dalam Media Pembelajaran di UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Cyberspace: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 1(2), 122-133.
Praherdhiono, H., Adi, E. P., Prihatmoko, Y., Nindigraha, N., Soepriyanto, Y., Indreswari, H., & Oktaviani, H. I. (2020). Implementasi Pembelajaran di Era dan Pasca Pandemi COVID-19. Seribu Bintang.
Pujilestari, Y. (2020). Dampak Positif Pembelajaran Online Dalam Sistem Pendidikan Indonesia Pasca Pandemi Covid-19. 'ADALAH, 4(1).
Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Hyun, C. C., Wijayanti, L. M., & Putri, R. S. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 1-12.
Putri, C. D., Pursitasari, I. D., & Rubini, B. (2020). Problem Based Learning Terintegrasi STEM Di Era Pandemi Covid-19 Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. JIPI (Jurnal IPA & Pembelajaran IPA), 4(2), 193-204.
Rusdiana, E., & Nugroho, A. (2020). Respon Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Bagi Mahasiswa Mata Kuliah Pengantar Hukum Indonesia UNESA. Integralistik, 31(1), 1-12.
Sanjaya, R. (Ed.). (2020). 21 Refleksi Pembelajaran Daring di Masa Darurat. SCU Knowledge Media.
Seran, W. A., Utomo, D. H., & Handoyo, B. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Outdoor Study Berbantuan Video Conference terhadap Kemampuan Menulis Karya Ilmiah Mahasiswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 5(2), 142-152.
Surveillances, V. (2020). The epidemiological characteristics of an outbreak of 2019 novel coronavirus diseases (COVID-19)—China, 2020. China CDC Weekly, 2(8), 113-122.
Telaumbanua, D. (2020). Urgensi Pembentukan Aturan Terkait Pencegahan Covid-19 di Indonesia. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama, 12(01), 59-70.
WHO. (2020). Coronavirus disease (COVID-19) Pandemic. Retrieved April 21, 2020 https://www.who.int/emergencies/diseases/novel-coronavirus-2019
Worldometer. (2021). Coronavirus Cases. Retrieved Mei 21, 2021 https://www.worldometers.info/coronavirus/

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


