Pengaruh Pemberian Kompensasi Karyawan terhadap Kepuasan dalam kinerja untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian kompensasi terhadap kepuasan dalam kinerja guna meningkatkan kualitas pelayanan. Kompensasi merupakan peranan sangat penting dalam suatu usaha dikarenakan mampu memberi motivasi bagi karyawan untuk lebih giat dalam bekerja, oleh karena itu, harus dilakukan secara profesional agar terwujud keseimbangan antara kebutuhan pegawai dan tuntutan. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Proses pengambilan data dilakukan pada warung Penyetan Aprex dimana populasi dan sampel didapat dengan cara melakukan wawancara terhadap pemilik dan karyawan dari tempat tersebut. Teknik analisis data yang dipakai adalah metode induktif, melalui penyajian data tersebut diharapkan data akan terorganisasikan dan tersusun dalam pola hubungan, sehingga akan semakin mudah dipahami. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pemberian kompensasi di Penyetan Aprex ini berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Hasil penelitian tersebut didukung oleh penelitian (Salisu, Chinyio, & Suresh, 2015) temuan penelitian ini mengungkapkan bahwa kompensasi berdampak positif terhadap kepuasan kerja pekerja.
References
Atmaja, J. (2018). Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Nasabah Terhadap Loyalitas Pada Bank BJB. Jurnal Ecodemica, 2(1), 49–63. Retrieved from https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ecodemica/article/view/2713
Azhar, M. E., Nurdin, D. U., & Siswadi, Y. (2020). Pengaruh Disiplin Kerja dan Kompensasi Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan. Jurnal Humaniora, 4(1), 46–60.
Darma, G. S., Wicaksono, K., Sanica, I. G., & Abiyasa, A. P. (2019). Faktor Kompensasi Dan Strategi Gojek Dalam Meningkatkan Kepuasan Kerja Para Driver. JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 6(3), 232–244. https://doi.org/10.35794/jmbi.v6i3.27105
Daspar, D. (2020). Pengaruh Lingkungan, Motivasi dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. EKOMABIS: Jurnal Ekonomi Manajemen Bisnis, 1(02), 159–166. https://doi.org/10.37366/ekomabis.v1i02.31
Hidayat, R. (2015). Performance Appraisal sebagai Alat Pengukuran Kepuasan Kerja Karayawan. Ilman, 3(1), 1–8.
Kasenda, R. (2013). Kompensasi Dan Motivasi Pengaruhnya Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt. Bangun Wenang Beverages Company Manado. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 1(3), 853–859. https://doi.org/10.35794/emba.v1i3.1894
Mondiani, T. (2012). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Dan Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan Pt . Pln ( Persero ) Upj Semarang. Jurnal Administrasi Bisnis Volume, 1(1), 46–54.
Nabawi, R. (2019). Pengaruh Lingkungan Kerja, Kepuasan Kerja dan Beban Kerja Terhadap Kinerja Pegawai. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 2(2), 170–183. https://doi.org/10.30596/maneggio.v2i2.3667
Rijali, A. (2019). Analisis Data Kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81. https://doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2374
Rozalia, N. (2015). PENGARUH MOTIVASI KERJA DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN (Studi Kasus Pada Karyawan PT. Pattindo Malang). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 26(2), 86280.
Salisu, J. B., Chinyio, E., & Suresh, S. (2015). The impact of compensation on the job satisfaction of public sector construction workers of jigawa state of Nigeria. The Business and Management Review, 6(4), 10–11.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


