Pengaruh Pemberian Kompensasi Karyawan terhadap Kepuasan dalam kinerja untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan

  • Agus Dwi Cahya Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Riky Artya S Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Syahril Asfiah N Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Pandu Sinawung Jati Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian kompensasi terhadap kepuasan dalam kinerja guna meningkatkan kualitas pelayanan. Kompensasi  merupakan peranan sangat penting dalam suatu usaha dikarenakan mampu memberi motivasi bagi karyawan untuk lebih giat dalam bekerja, oleh karena itu, harus dilakukan secara profesional agar terwujud keseimbangan antara kebutuhan pegawai dan tuntutan. Penelitian ini bersifat deskriptif  kualitatif. Proses pengambilan data dilakukan pada warung Penyetan Aprex dimana populasi dan sampel didapat dengan cara melakukan wawancara terhadap pemilik dan karyawan dari tempat tersebut. Teknik analisis data yang dipakai adalah metode induktif, melalui penyajian data tersebut diharapkan data akan terorganisasikan dan tersusun dalam pola hubungan, sehingga akan semakin mudah dipahami. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pemberian kompensasi di Penyetan Aprex ini berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Hasil penelitian tersebut didukung oleh penelitian (Salisu, Chinyio, & Suresh, 2015) temuan penelitian ini mengungkapkan bahwa kompensasi berdampak positif terhadap kepuasan kerja pekerja.

Keywords: Kompensasi, Kepuasan, Kinerja, Kualitas Pelayanan

References

Angliawati, R. Y. (2016). Peran Remunerasi Terhadap Kualitas Pelayanan Publik: Theoretical Review. Ecodemica, 4(2), 203–213. Retrieved from http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ecodemica/article/view/801

Atmaja, J. (2018). Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Nasabah Terhadap Loyalitas Pada Bank BJB. Jurnal Ecodemica, 2(1), 49–63. Retrieved from https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ecodemica/article/view/2713

Azhar, M. E., Nurdin, D. U., & Siswadi, Y. (2020). Pengaruh Disiplin Kerja dan Kompensasi Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan. Jurnal Humaniora, 4(1), 46–60.

Darma, G. S., Wicaksono, K., Sanica, I. G., & Abiyasa, A. P. (2019). Faktor Kompensasi Dan Strategi Gojek Dalam Meningkatkan Kepuasan Kerja Para Driver. JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 6(3), 232–244. https://doi.org/10.35794/jmbi.v6i3.27105

Daspar, D. (2020). Pengaruh Lingkungan, Motivasi dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. EKOMABIS: Jurnal Ekonomi Manajemen Bisnis, 1(02), 159–166. https://doi.org/10.37366/ekomabis.v1i02.31

Hidayat, R. (2015). Performance Appraisal sebagai Alat Pengukuran Kepuasan Kerja Karayawan. Ilman, 3(1), 1–8.

Kasenda, R. (2013). Kompensasi Dan Motivasi Pengaruhnya Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt. Bangun Wenang Beverages Company Manado. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 1(3), 853–859. https://doi.org/10.35794/emba.v1i3.1894
Mondiani, T. (2012). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Dan Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan Pt . Pln ( Persero ) Upj Semarang. Jurnal Administrasi Bisnis Volume, 1(1), 46–54.

Nabawi, R. (2019). Pengaruh Lingkungan Kerja, Kepuasan Kerja dan Beban Kerja Terhadap Kinerja Pegawai. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 2(2), 170–183. https://doi.org/10.30596/maneggio.v2i2.3667

Rijali, A. (2019). Analisis Data Kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81. https://doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2374

Rozalia, N. (2015). PENGARUH MOTIVASI KERJA DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN (Studi Kasus Pada Karyawan PT. Pattindo Malang). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 26(2), 86280.

Salisu, J. B., Chinyio, E., & Suresh, S. (2015). The impact of compensation on the job satisfaction of public sector construction workers of jigawa state of Nigeria. The Business and Management Review, 6(4), 10–11.
     Plum Analytic Metrics

Published
2021-06-27
How to Cite
Cahya, A., S, R., N, S., & Jati, P. (2021). Pengaruh Pemberian Kompensasi Karyawan terhadap Kepuasan dalam kinerja untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan. Jesya (Jurnal Ekonomi Dan Ekonomi Syariah), 4(2), 1288-1294. https://doi.org/https://doi.org/10.36778/jesya.v4i2.495

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.