Analisis Kinerja Keuangan Koperasi pada Kospin Jasa Sebelum dan Sesudah Penerapan Sistem Online

  • H. Muhammad Arif Kurniawan Politeknik Pusmanu Pekalongan
  • Aria Mulyapradana Politeknik Pusmanu Pekalongan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji ada tidaknya perbedaan OHC, BOPO, ROA, dan LDR pada Kospin Jasa sebelum penerapan online dan sesudah penerapan online. Populasi penelitian ini adalah Kospin Jasa sejumlah 30 kantor cabang. Pemilihan sampel dilakukan dengan metode purpose sampling dengan menetapkan kriteria sampel. Kriteria saham-saham yang akan dilakukan penelitian untuk dijadikan sampel penelitian adalah sebagai berikut: Kospin Jasa yang mempunyai OHC dan ROA positif selama periode amatan. Dari 30 Kospin Jasa diperoleh sampel sebanyak sebanyak 22 Kospin Jasa. Penelitian diuji dengan menggunakan Uji beda paired sample t-test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya perbedaan yang signifikan OHC, BOPO, ROA, dan LDR pada Kospin Jasa sebelum penerapan online dan sesudah penerapan online.

Kata Kunci:Analisa, Keuangan, Koperasi, Kospin Jasa dan Sistem Online

Keywords: Analisa, Keuangan, Koperasi, Kospin Jasa dan Sistem Online
     Plum Analytic Metrics

Published
2018-01-28
How to Cite
Kurniawan, H. M., & Mulyapradana, A. (2018). Analisis Kinerja Keuangan Koperasi pada Kospin Jasa Sebelum dan Sesudah Penerapan Sistem Online. Jesya (Jurnal Ekonomi Dan Ekonomi Syariah), 1(1), 51-66. https://doi.org/https://doi.org/10.36778/jesya.v1i1.5

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.