Persepsi Mahasiswa terhadap kualitas Pembelajaran dalam Konteks Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara parsial bagimana persepsi mahasiswa terkait ada atau tidaknya pengaruh antara Proses belajar mengajar dan sarana serta pasarana terhadap kualutas pembelajaran yang dilakukan secara daring pada perguruan tinggi. Penelitian ini menggunakan data Primer dari hasil kuesioner dan wawwancaara dengan mahasiswa yang memprogram mata kuliah kewirausahaan. Untuk melakukan pengujian terhadap masalah yang diteliti, maka digunakan regresi berganda sebagai alat untuk menganalisis data, dan diolah dengan program statistik SPSS 24.0. Hasil analisis menujukan bahwa Proses belajar mengajar (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas pembelajaraan, yang berarti untuk mencapai kualitas pembelajaran yang maksimal mahasiswa justru dituntut untuk lebih aktif dan agressif terlibat untuk aktif secara mandiri belajar secara individu atau personal sebelum perkuliahand aring dimulai, dalam artian mahasiswa perlu memotivasi diri secara internal untuk belajar, untuk itu mahasiswa harus lebih cenderung terlibat dalam pembelajaran dan berkomitmen untuk sukses, dan lebih mungkin untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan secara mandiri, sedangkan variabel sarana dan Pasarana (X2) berpenagruh psotif dan signifikan terhadap kualitas pembelajaran, dimana mahasiswa dan dosen perlu didukung dengan sarana dan prasarana yang baik dalam proses pembelajaran secara daring maka kualitas pembelajaran juga akan tinggi, sehingga tujuan dari setiap mata kuliah dapaat tercapai. Untuk itu pada proses Pembelajaran daring baik itu mahasiswa maupun dosen dipaksa harus mampu menggunakan atau memanfaatkan teknologi sebagai satu-satunya penghubung dalam proses belajar mengajar
References
Cahyawati. D., Gunarto, M. 2020. Persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran daring pada masa pandemi Covid-19: Hambatan, tingkat kesetujuan, materi, beban tugas, kehadiran, dan pengelasan dosen. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan : 7(2), 150-161.
Innayah. R,. 2020. Pengruh Media Pembelajaran online, Motivasi belajar dan Kualitas Pembelajaran terhadap kualitas Pembelajaran. Jurnal Promosi (Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro): 8(2); 38-47
Yazdi, M,. 2012. E-Learning Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Ilmiah Foristek. Vol. 2 No. 1.
Maulana. H.A., Hamidi, M. 2020. Persepsi Mahasiswa terhadap Pembelajaran Daring pada Mata Kuliah Praktik di Pendidikan Vokasi. Equlibrium: Jurnal Pendidikan. 7(4), 224-231.
Mulyasa. 2012. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Raimanu. Gustiawan. 2020. Persiapan mahasiswa terhadap Implementasi Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi COVID-19 (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Sintuwu Maroso). Jurnal EKOMEN. 19 (2), 1-9

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


