Does the Managerial Measurement System and TQM Affect Managerial Performance?
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis bagimana penagruh secara parsial Pengaruh Sistem Pengukuran Kinerja dan Total Quality Management terhadap kinerja manajerial pada PT Sarah Cell Makassar. Adapun data yang digunakan dalam peneitian ini adalah data primer dan data sekunder, dimana data primer diperoleh dari hasil kuesioner yang dibagikan kepada karyawan PT Sarah cell dan wawancara yang dilakukan untuk mengkonfirmasi data, sedangkan dataa sekunder diperoleh melalui bagian HRD. Adapun jumlah Populasi dalam penelitian ini adalah sebanyak 74 orang karyawan, dimana sampel dipilih menggunakan metode puspossive sampling sehingga sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 36 responden. Adapun jenis penelitian adalah kuantitatif dengan pendekataan eksplanatory reseach yang diuji dengan menggunakan alat uji SPSS versi 24.0 for windows. Hasil pengujian hipotesis secara bahwa secara parsial ditemukan bahwa SIstem Pengukuran Kinerja (X1) berpengaruh terhadap kinerja manajerial yang berarti jika perusahaan sudah melaksanakan sistem pengukuran kinerja dengan baaik maka kinerja manajerial juga akan meningkat, sedangkan TQM (X2) tidak berpengaruh terhadap Kinerja manajerial, hal ini dikarenakan perusahaan tidak fokus pada kebutuhan pelanggan, adanya karyawan yang tidak melaksanakan aspek pekerjaan secara maksimal, perusahaan tidak melakukan pendekatan ilmiah untuk jangka panjang, kerja sama tim yang masih kurang, perbaikan sistem yang belum jalan secara optimal. Selain itu, penyebab TQM tidak berpenagruh terhadap kinerja manajerial adalah masih kurangnya perusahaan pemberdayaan karyawan melalui pendidikan dan pelatihan yang memadai. Untuk itu pelaksanaan TQM perlu ditingkatkan sebagai bagian dari peningkatan kualitas pelayanan sehingga akan berpengaruh terhadap kemajuan perusahaan kedepannya
References
Boone, Louis E dan Kurtz, David L. 2002. “Pengantar Bisnis”. Erlangga. Jakarta
Jusuf, Raisa Shoffiani. 2013. Analisis Pengaruh Tqm, Sistem Pengukuran Kinerja Dan Reward Terhadap Kinerja Manajerial. Jurnal EMBA : 1 (3), 634-64.
Mintje, Nastiti. 2013. “Pengaruh TQM, Sistem Penghargaan dan Sistem Pengukuran Kinerja terhadap Kinerja Manajerial pada PT. Air Manado”, Jurnal EMBA Vol.1 No.3. Hal. 52-62
Narsa, & Yuniawati. 2003. Pengaruh Interaksi Antara Total Quality Management Dengan Sistem Pengukuran Kinerja dan Sistem Penghargaan Terhadap Kinerja Manajerial (Studi Empiris Pada PT. Telkom Divre). Jurnal Ekonomi Akuntansi dan Keuangan. 5(1).
Pujianto. W.,K. 2013. Pengaruh Sistem Pengukuran Kinerja dan Sistem Reward terhadap Total Quality Management dan Kinerja manajerial Pada Mic Transformer Surabaya. JKMP (ISSN. 2338-445X), Vol. 1, No. 2, September 2013, 111-236
Santika. Eva., Muhtarom, A., & Najiah, E.F. 2020. Pengaruh Total Quality Management (TQM), system pengukuran kinerja, system penghargaan (reward) dan komitmen organisasi terhadap kinerja manajerial pada Dealer BONANZA MOTOR Lamongan. Jurnal Ekonomi Mahasiswa (JEKMA) : 1(1), 2020.
Simamora, Hendry. 2002. Akuntansi.. Yogyakarta: UPPAMP YPKN
Tjiptono, fandy., & Anastasya, D,. 2003. Total Quality Managemet. Cetakan Kedua. Yogyakarta : Penerbit Andi Offset.
Wibowo. 2011. Manajemen Kinerja. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


