PENGARUH KUALITAS PRODUK, KEPERCAYAAN, DAN KEAMANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN SECARA ONLINE DI ONLINE SHOP LAZADA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian konsumen secara online di online shop Lazada; (2) pengaruh kepercayaan terhadap keputusan pembelian konsumen secara online di online shop Lazada; (3) pengaruh keamanan terhadap keputusan pembelian konsumen secara online di online shop Lazada. Penelitian ini merupakan penelitian survei, Populasi pada penelitian ini adalah keseluruhan konsumen yang pernah melakukan pembelian secara online di online shop Lazada, yang jumlahnya tidak diketahui, dan dapat dikatakan dalam kategori tidak terhingga. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji regresi linier berganda, uji hipotesis, dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa :(1) terdapat pengaruh positif kualitas produk terhadap keputusan pembelian konsumen secara online di online shop Lazada dibuktikan dari nilai t hitung sebesar 2,106 dengan nilai signifikansi 0,038 < 0,05 dan koefisien regresi sebesar 0,125; (2) terdapat pengaruh positif kepercayaan terhadap keputusan pembelian konsumen secara online di online shop Lazada dibuktikan dari nilai t hitung sebesar 5,685 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan koefisien regresi sebesar 0,350; (3) terdapat pengaruh positif keamanan terhadap keputusan pembelian konsumen secara online di online shop Lazada dibuktikan dari nilai t hitung sebesar 5,175 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan koefisien regresi sebesar 0,623; (4) bahwa peningkatan keputusan pembelian konsumen secara online di online shop Lazada dipengaruhi oleh faktor kualitas produk, kepercayaan, dan keamanan sebesar 68 % dibuktikan dari nilai R2 sebesar 0,680
References
Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Astutik, Y. (2021, Februari 25). Persaingan Panas! Awal 2021 Tokopedia Kalahkan Shopee. Retrieved from www.cnbcindonesia.com: https://www.cnbcindonesia.com/tech/20210225181934-37-226221/persaingan-panas-awal-2021-tokopedia-kalahkan-shopee
Baskara, I. P., dan Guruh Taufan Hariyadi. (2014). Analisis Pengaruh Kepercayaan, Keamanan, Kualitas Pelayanan dan Persepsi akan Resiko terhadap Keputusan Pembelian Melalui Situs Jejaring Sosial. Semarang: Universitas Dian Nuswantoro.
Etta Mamang Sangadji, S. (2013). Perilaku Konsumen. Yogyakarta: Andi.
Fika Budi Aji Saputri, A. (2015). Pengaruh keamanan, kemudahan, dan resiko terhadap keputusan pembelian secara online di Tokopedia.com. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Garvin, D., dan A. Dale Timpe. (2011). Seri Ilmu dan Seni Manajemen Bisnis “Kinerja”. Jakarta: Gramedia Asri Media.
Hardiyanti, M. (2012). Kepercayaan Pada Penjual dan Persepsi Akan Risiko Pada Keputusan Pembelian Melalui Internet (Online). Yogyakarta: Skripsi (tidak dipublikasikan), Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.
Kotler, P., dan Gary Armstrong. (2015). Prinsip - Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Kotler, P., dan Keller. (2012). Manajemen Pemasaran, Jilid 1, Edisi kedua belas. Jakarta: Erlangga.
Lovelock, C., dan et al. (2010). Pemasaran Jasa, Jilid 1, Edisi Ketujuh. Jakarta: Erlangga.
Lupiyoadi, R., dan Hamdani A. (2014). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.
Maharani. (2010). Analisis Pengaruh Kepercayaan dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Nasabah Tabungan Bank Mega Semarang. Semarang.
Martono, N. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.
McKnight, dan et al. (2017). The Impact of Initial Consumer Trust on Intention to Transact with a Website: A Trusting Building Model. Jurnal Sistem Strategi Informasi, 11.
Park, C. H., dan Young Gul Kim. (2012). The Effect of Information Satisfaction and Relational Benefit on Consumers Online Site Commitmennts. Journal of Electronic Commerce in Organizations, 4(1), 70-90.
Prawirosentono, S. (2016). Filosofi Baru Tentang Manajemen Mutu Terpadu Total Quality Management Abad 21 Studi kasus dan Analisa. Jakarta: Bumi Aksara.
Sarwono, J., dan Prihartono, K. (2012). Perdagangan Online : cara bisnis di internet. Elex Media Koputindo.
Schiffman, dan Kanuk. (2014). Perilaku Konsumen (edisi 7). Jakarta: Prentice Hall.
Schiffman, dan Kanuk. (2014). Perilaku Konsumen Edisi ke Tujuh. Jakarta: PT. Indeks.
Schroeder, R. G. (2014). Operations Management Contemporary Concepts and Cases. Fourth Edition. USA: Mc Graw-Hill.
Siagian, dan Cahyono. (2014). Analisis Website Quality, Trust, dan Loyalty Pelanggan Online Shop. Jurnal Manajemen Pemasaran, 8(2).
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
Sujarweni, W. (2015). SPSS Untuk Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
Sukma, A. A. (2012). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian melalui social networking website. Jurnal Ekonomi Manajemen.
Wiratna, S., dan Poly, E. (2012). Statistika Untuk Penelitian. Yogyakarta: Graham Ilmu.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


