Analisis Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Konsumen pada PT. Asuransi Jasa Indonesia Cabang Medan

  • Irianif Sani Universitas Harapan Medan, Indonesia
  • Saskia Saskia Universitas Harapan Medan, Indonesia
  • Syahyunan Syahyunan Universitas Harapan Medan, Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh dan signifikansi kualitas layanan yang meliputi tangible, reliability, responsiveness, assurance dan empathy terhadap kepuasan konsumen pada PT. Asuransi Jasa Indonesia cabang Medan. Penelitian ini mengunakan metode penelitian kuantitatif dengan data populasi sebanyak 29.469 polis/konsumen dari Tahun 2015-2019 yang berasal dari agen, broker dan perorangan (umum). Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan cara menyusun daftar pertanyaan sesuai dengan variabel dan indikator masalah yang diteliti kemudian disebarkan kepada responden agen dan broker sebanyak 394 responden. Hasil penelitian ini diperoleh nilai signifikansi kualitas layanan tagible  sebesar 0.602,  kualitas layanan reliability sebesar 0,564, kualitas layanan responsiveness sebesar 0,352, kualitas layanan assurance sebesar 0,756 dan nilai signifikansi kualitas layanan empathy dengan nilai t tabel sebesar –0,232 dan nilai signifikansi sebesar 0,819. Kualitas layanan tangible, reliability, responsiveness, assurance berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Sedangkan kualitas layanan empathy berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Hasil nilai R Square adalah 0,785, sehingga besarnya pengaruh variabel kualitas layanan terhadap kepuasan konsumen adalah 78,5% sedangkan sisanya 21,5% dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian.

Keywords: Kualitas Layanan, Kepuasan Konsumen, Asuransi Jasa Indonesia

References

Anggabrata, dan Rahanata. (2015). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Pada PT BPR Balidana Niaga Denpasar. E-Jurnal Manajemen Unud, Vol. 4, No. 5, 2015 : 1196-1205

Asura. (2021). Perbedaan Agen dan Broker Asuransi Yang Perlu Anda Ketahui, diakses pada 07 Juli 2021 https://www.asura.co.id/blog/perbedaan-agen-dan-broker-asuransi-yang-perlu-anda-ketahui

Barqah, Amanta, H. Hrp (2019) Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Nasabah Asuransi Kerugian Di PT Asuransi Asei Indonesia Persero Cabang Medan. Skripsi Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sumatera Utara 2019.

Dimyati, Mohammad, (2005). Pemasaran Jasa. Fakultas Ekonomi Universitas Jember

Dutka, Alan, 2008. AMA Hand Book for Customer Satisfaction. NTC Business Book,. Lincolnwood, Illinois.

Elisabeth, R. Simamora. (2007) Analisis Faktor-Faktor Yang Membangun Kepuasan Nasabah Untuk Meningkatkan Loyalitas Pelanggan (Studi Empiris Nasabah PT. Bank Tabungan Negara Cabang Semarang). Tesis Program Studi Magister Manajemen Program Pasca Sarjana, Universitas Diponegoro Semarang 2007.

Fauzi, Wetria. (2019) Hukum Asuransi Di Indonesia, (Cetakan Pertama). Padang: Andalas University Press

Ghozali, Iman (2016) Aplikasi Analisis Multivariette Dengan Program IBM SPSS 23 Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro (Cetakan VIII) Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Haris, Henry. (2017). Pengaruh Kepuasan Kerja dan Komitmen Organisasi Terhadap Kualitas Layanan di PT. Asuransi Jasindo (Persero) Kantor Cabang Korporasi dan Ritel Bandung. Jurnal Ekonomi Manajemen Sumber Daya : Vol. 19, No. 2, Desember 2017

Indonesia Spss, (2021). Makna Koefisien Determinasi R Square. SPSS: https://www.spssindonesia.com/2017/04/makna-koefisien-determinasi-r-square.html (2021, 07 September)

Ivan, Muttaqin. (2013) Analisis Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Asuransi Jasaraharja Putera Semarang. Skripsi Ekonomi Bisnis Universitas Diponegoro Semarang 2013.

Jasindo (2021). Tentang Kami Visi Misi: http://www.jasindo.co.id/tentang-kami/visi_misi. (2021, 07 April)

Kotler, P. (2009). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga

Mastura, Zainatun. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepercayaan Nasabah Terhadap Kepuasan Nasabah. Skripsi Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh 2018.

Muhammad, Abdulkadir. (2006) Hukum Asuransi Indonesia (Cetakan Keempat). Bandung: PT Citra Aditya Bakti.

Mulyana dkk. (2019). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Dan Dampaknya Terhadap Kepercayaan Konsumen Asuransi Kendaraan Bermotor Pada Asuransi Jasindo (Persero) Kantor Cabang Palu

Mustakim, Zainal, dkk. (2018) Pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan dan dampaknya terhadap kepercayaan tertanggung asuransi kendaraan bermotor pada asuransi jasindo (persero) kantor cabang palu. Jurnal Katalogis: Vol 6 Nomor 4 April 2018 hlm 58-70

Raharja dan Khasanah (2015). Analisis Pengaruh Kualitas Layanan, Kualitas Produk, Dan Nilai Pelanggan Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi pada konsumen PT. Prudential Life Assurance Semarang.)

Santoso, Singgih (2012) Aplikasi SPSS Pada Statistik Multivariat. Jakarta: PT. Elexmedia Komputindo

Sandi, Gusti. (2019). Pengaruh Tarif Premi, Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen Dalam Meningkatkan Loyalitas Konsumen PT. Asuransi Jiwasraya (Persero) Cabang Medan Selatan. (Tesis Magister, Universitas Sumatera Utara 2019).

Scribd (2021). Sejarah-Gedung-Jasindo-Medan: https://www.scribd.com/document/438448380/Sejarah-Gedung-Jasindo-Medan. (2021, 07 April)

Sriyanto. (2015). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Nasabah PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk Unit Sangatta Lama Diakses:https://media.neliti.com/media/publications/55958-ID-pengaruh-kualitas-layanan-terhadap-kepua.pdf

Sugiyono (2017). Metode Penelitian Kuantitati, Kualitatif dan R & D.. Alfabeta, Bandung

Suryani, Ade Irma. S (2012). Analisis Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Tingkat Kepuasan Nasabah Pada PT. Asuransi Takaful Umum Cabang Pekanbaru. Skripsi Manajemen Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Pekanbaru 2012.

Suryawan, Sheehan dan Dharmayanti, Diah, 2013. Analisa Hubungan Antara Experential Marketing, Customer Satisfaction Dan Customer Loyalty Cafe Nona Manis Grand City Mall Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran: Vol. 1, No. 2, (2013) 1-10.

Thio, S. (2001). Membangun Service Quality untuk Mencapai Kepuasan Konsumen di Industri Hospitality. Jurnal Manajemen & Kewirausahaan, Vol. 3, No. 1, halaman 61 – 71

Tjiptono, F. (2012). Service Management Mewujudkan Layanan Prima. Yogyakarta: Andi Offset

Winarta, R.C dan Kunto,Y.S. (2013). Pengaruh Kualitas Layanan Rumah Makan Bromo Asri Terhadap Kepuasan. Jurnal Manajemen Pemasaran Vol. 1, No. 1, (2013) 1-10 1.

Wikipedia. (2021). Asuransi Jasa Indonesia: https://id.wikipedia.org/wiki/Asuransi_Jasa_Indonesia. (2021, 27 Agustus).
     Plum Analytic Metrics

Published
2022-01-01
How to Cite
Sani, I., Saskia, S., & Syahyunan, S. (2022). Analisis Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Konsumen pada PT. Asuransi Jasa Indonesia Cabang Medan. Jesya (Jurnal Ekonomi Dan Ekonomi Syariah), 5(1), 333-346. https://doi.org/https://doi.org/10.36778/jesya.v5i1.580

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.