Pengaruh Servicescape dan Keragaman Produk Terhadap Keputusan Pembelian konsumen Pada 212 Mart Tebing Tinggi

  • Fitrianingsih Fitrianingsih STIE BINA KARYA
  • Ayu Zurlaini Damanik STIE Bina Karya
  • Ricka Zuliany STIE Bina Karya

Abstract

Kehadiran 212 Mart  dalam bisnis menambah banyaknya pilihan dalam memutuskan pembelian bagi konsumen. Penelitian ini bertujuan menganalis pengaruh servivescape dan keberagaman produk dalam menentukan pembelian di 212 mart Tebing Tinggi. Penelitian ini menggunakan data primer dengan sampel penelitian berjumlah 62 orang . Pengolahan data  dilakukan dengan bantuan software Spss dengan hasil penelitian yaitu servicescape tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen sedangkan keragaman produk berpengaruh signifikan. Selanjutnya hasil uji f membuktikan bahwa servicescape dan keberagaman produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen 212 mart Tebing Tinggi.

Keywords: Servicescape, Keragaman Produk dan Keputusan Pembelian

References

Buchari, Alma, (2016) Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung. Alfabeta
Agustina, L. (2017), Pengaruh Suasana Toko dan Keanekaragaman Produk Terhadap Keputusan Pembelian pada Toserba Maya di Kec. Randublatung. Jurnal Fakultas Ekonomi, 1(1). 39-43
Bitner, M. J,(1992), Servicescape: the impact of physical surroundings on customer and employess,” dalam Journal of marketing. 56( 2 )
Engels, James dan Roger Blackwell. 2015. Perilaku Konsumen. Jakarta: Binarupa


Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller, (2009), Manajemen Pemasaran. (Terjemahan Edisi ke -13 Jilid I), Jakarta: PT. Indeks.
, (2016),NMarketing Management, 15th Edition New Jersey: Pearson Pretice Hall, Inc.
Kotler, Philip dan Gary Amstrong, (2018), Principles of Marketing. Edisi 15 Global Edition. Pearson.
Marsella, Dinda Dwi , M. Taufik dan Hartono, (2020), Pengaruh Keragaman Produk, Kualitas Pelayanan dan Suasana Toko terhadap Keputusan Pembelian di Butik Nabila Lumajang, Jobman: Journal Of Organization and Business Managment, Vol.2 No.4 Hal.236-241.
Marwia, (2019), Pengaruh Harga Dan Keragaman Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Online Shop (Studi Kasus Pada Konsumen Online Shop Di Unismuh Makassar), Skripsi, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Makassar.
Meutia, Rahmi dan Ivan Aulia, ( 2019), Analisis Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian pada Pusat Jajanan Kota Langsa, Jurnal Manajemen Dan Keuangan, Vol 8, NO 3, DESEMBER 2019, P-ISSN : 2252-844X E-ISSN : 2615-1316
Mimi S A dan Feliciana Daniaty, (2017), Pengaruh Harga, Pelayanan, Lokasi, Dan Keragaman Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Hypermart Puri Indah Di Jakarta Barat , Jurnal Ekonomi/Volume XXII, No. 01, hlm. 124-131.
Rifianita, Renata Dini dan R.Sugeng Basoeki, (2019), Pengaruh Store Layout Dan Keragaman Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Seamart Swalayan Malang), J A B Jurnal Aplikasi Bisnis Volume:5 Nomor:3, E-ISSN: 2407-5523 ISSN :2407-3741.
Rumangkang, Senny Febiola, Olivia Syanne Nelwan dan Irvan Trang, (2014), Potongan Harga dan Servicescape Pengaruhnya terhadap Keputusan Pembelian Pakaian Anak pada Matahari Megamas Manado. Jurnal EMBA Vol.2 No.4.
Setiyaningrum et al., (2015), Prinsip-prinsip Pemasaran, Yogyakarta: ANDI OFFSET

Siregar, Hana Fitri Anggreini dan Dr. Dian Surya Sampurna, S.E., M.M, (2020), Analysis Of The Influence Of Store Atmosphere, Location, And Product Diversity On Purchase Decisions (Case Study on Consumers at Indomaret Sentul Jaya V Harapan Jaya., Artikel ilmiah, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia.
Sugiyono, (2015), Metode Penelitian Manajemen, Bandung: Alfabeta

Yingyi Wu, Haiquan Chen, Hu’an Wang, (2019), The Influence of Product Diversity on
Consumers’ Impulsive Purchase in Online Shopping Environment, American Journal of Industrial and Business Management, 2019, 9, 680-698
Zeithaml, Bitner & Gemler, (2013) Services Marketing: Integrating Customer Focus Across The Firm, Sixth Edition. McGrawhill.
     Plum Analytic Metrics

Published
2022-01-01
How to Cite
Fitrianingsih, F., Damanik, A., & Zuliany, R. (2022). Pengaruh Servicescape dan Keragaman Produk Terhadap Keputusan Pembelian konsumen Pada 212 Mart Tebing Tinggi. Jesya (Jurnal Ekonomi Dan Ekonomi Syariah), 5(1), 478-485. https://doi.org/https://doi.org/10.36778/jesya.v5i1.592

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.