ANALISIS PERSEPSI HARGA, KUALITAS PELAYANAN, CUSTOMER RELATIONSHIP MARKETING, DAN KEPERCAYAAN TERHADAP PENINGKATAN PENJUALAN DIMEDIASI LOYALITAS PELANGGAN PADA UMKM AYAM POTONG ONLINE ELMONSU

  • Abid Muhtarom Univesitas Islam Lamongan
  • Imam Syairozi Universitas Islam Lamongan
  • Nuriyah Dita Wardani Universitas Islam Lamongan

Abstract

Pada era 4.0 persaingan dalam dunia usaha semakin tinggi, semua pelaku usaha berlomba-lomba untuk meningkatkan penjualan usahanya. usaha mikro, kecil dan menengah misalnya. Banyaknya usaha yang dibangun akan menimbulkan permasalahan yang pasti dialami setiap pelaku usaha, Kebaruan dari penelitian ini adalah terdapat variabel yang lebih banyak untuk diteliti. Jenis penelitian ini adalah pendekatan Kuntitatif dengan jumlah sampel 131 dan metode yang digunakan untuk menganalisis yaitu SEM dengan alat Smart PLS versi 3.0. uji yang digunakan adalah uji Outer Model, Uji Inner Model, Uji Mediasi dan Uji Hipotesis. Berdasarkan hasil uji Validitas menunjukkan bahwa nilai Loading Faktor leboih dari 0,7 dan nilai AVE lebih dari 0,5 dinyatakan valid, pada uji Reliabilitas nilai Composite Reliability dan Cronbach’s Alpha diatas 0,7 dikatakan Reliable. Dapat disimpulkan bahwa variabel Customer Relationship Marketing (X3)dan kepercayaan (X4) berpengaruh positif secara signifikan terhadap peningkatan penjualan (Y).Variabel persepsi harga (X1)  berpengaruh negatif dan signifikan terhadap peningkatan penjualan (Y). Sedangkan kualitas pelayanan (X2) berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap peningkatan penjualan (Y). Dalam uji Mediasi variabel Persepsi Harga terhadap peningkatan penjualan dimediasi Loyalitas pelanggan dikatakan Non Mediation. Variabel kualitas pelayanan terhadap peningkatan penjualan dimediasi Loyalitas pelanggn dikatakan Full Mediation. Variabel Customer Relationship Marketing dan Kepercyaaan terhadap peningkatan penjualan dimediasi Loyalitas pelanggan dikatakan Parsial Mediation

Keywords: Persepsi Harga, Kualitas Pelayanan, Customer Relationship Marketing, Peningkatan Penjualan Dan Loyalitas Pelanggan. SEM PLS

References

Basu,Swasta., Hani, Handoko. 2008. Analisis prilaku konsumen Edisi 1. BPFE. Yogyakarta
Berry .2014.konsep pemasaran : loyalitas Dalam Fandy, Tjiptono. Strategi Pemasaran Edisi 3 (hlm.48-53). Andi, Yogyakarta.
Devi lestari pramita putri. 2018. IPengaruh Customer relationshipImarketing terhadap loyalitasIpelanggan XL AXITA Sampang. Jurnal manajemen & kewirausahaan. Volume III;3-16.
Ghozali, Imam. 2006. PartialIleast square.PenerbitIUniversitasIDiponegoro. Semarang.
Iriandini.,wachyu. 2015. Customer Relationship Marketing dengan loyalitas. Dalam Kotler, IPhilip., Keller, KevinILane. Manajemen pemasaran.Erlangga.jakarta.
Kotler, Philip., Keller, Kevin Lane. 2014. ManajemenIPemasaran. Erlangga, Jakarta
Kotler Philip. Manajemen pemasaran.Erlangga. Jakarta
Mayer, R C., davis J H.,Schoroman. 2014. Perceived usefulness. Andi. Yogyakarta
Muharom.,Sholikha. 2017. Pengaruh persepsi harga terhadap konsumen. Dalam
Ningsih,N.,wachyu. 2016. pengaruh customer pelanggan.Irelationship marketing terhadap loyalitasIpelanggan. Dalam Francis Buttle. Customer Relationship
Pambudy, A. P., & Syairozi, M. I. (2019). Analisis Peran Belanja Modal dan Investasi Swasta Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Serta Dampaknya Pada Kesejahteraan Masyarakat. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 20(1), 26-39.
Putri Nilam Kencana. 2020. Pengaruh hargaIdan kualitasIpelayananIterhadapIvolume
penjualan pada PT SRIWIJAYA BERKAH INDONESIA. Jurnal ekonomi efektif. Volume 02; 151-155.
Susanti, I., Syairozi, M. I., & Lukman, H. Y. W. (2021). Analisis Sistem Manajemen Dalam Pengelolaan Bumdes Di Desa Bluluk. Jurnal Sains Sosio Humaniora, 5(2), 701-710.
Syairozi, M. (2015). Pengaruh Faktor Eksternal (Inflasi, Bunga) Dan Faktor Internal (Bagi Hasil, Jumlah Bank) Terhadap Deposito Mudharabah Pada Perbankan Syariah Di Indonesia (Doctoral dissertation, Universitas Brawijaya).
Shasa, Dwi Harumi. 2016. PengaruhIkepercayaan dan kepuasanIpelangan terhadap loyalitas pelanggan diperusahaan SEIKO LAUNDRY. Jurnal Analitika. Volume 08; 115.
Sita, Budiasari. 2016. Pengaruh kualitas produk, persepsi harga dan citra merek terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan beton siap pakai HOLCHIM. Jurnal media ekonomi & manajemen. Volume 3; 87-89.
Ugeng Budi Bandoko. 2019. Pengaruh kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan pada IRANCH 99 MARKET. Jurnal ekonomi efektif. Volume 2; 161.
Wijaya, K., & Syairozi, M. I. (2020). Analisis perpindahan tenaga kerja informal Kabupaten Pasuruan. Jurnal Paradigma Ekonomika, 15(2), 173-182.
     Plum Analytic Metrics

Published
2022-01-07

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.