DAMPAK KUALITAS, PERSEPSI KONSUMEN DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK ENDORSEMENT

  • Lila Kaban Universitas Pelita Harapan
  • Rifin Khong

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat seberapa besar dampak kualitas produk, persepsi konsumen dan brand image terhadap keputusan pembelian produk endorsement pada masyarakat di Medan dengan menggunakan word of mouth sebagai variabel moderasi. Sampel penelitian ini adalah sebesar 100 orang responden dengan teknik analisis data menggunakan analisis jalur (path analysis). Hasil dari penelitian ini menunjukkan kualitas produk, persepsi konsumen dan brand image berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk endorsement pada masyarakat di Medan. Lebih lanjut, word of mouth tidak memoderasi kualitas produk terhadap keputusan pembelian dan juga tidak memoderasi persepsi konsumen terhadap keputusan pembelian namun word of mouth memoderasi brand image terhadap keputusan pembelian produk endorsement bagi masyarakat di Medan.

Keywords: Kualitas Produk, Persepsi Konsumen, Brand Image, Keputusan Pembelian, Produk Endorsement

References

Astaki Ni Putu Dinda Prameswari Putri dan Ni Made Purnami, 2019. Peran Word Of Mouth Memediasi Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Jurnal Manajemen, Volume 8, Nomor 9.

Atmaja Ni Putu Cempaka Dharmadewi dan Ni Nyoman Menuh, 2019. Peran Mediasi Brand Trust Pada Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online. Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian, Mei.

Fatmawati dan Euis Soliha, 2017. Kualitas Produk Citra Merek Dan Persepsi Harga Terhadap Proses Keputusan Pembelian Konsumen Sepeda Motor Matic “Honda”. Jurnal Manajemen Teori dan Terapan, Volume 10, Nomor 1, April.

Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang.

Kotler dan Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi ke 13. Erlangga, Jakarta.

Kotler Philip dan Amstrong Gary, 2014. Principles of Marketing, 12th Edition, Jilid 1 Terjemahan Bob Sabran, Erlangga, Jakarta.

Joesyiana Kiki, 2018. Pengaruh Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Media Online Shop Shopee Di Pekanbaru (Survey pada Mahasiswa Semester VII Jurusan Pendidikan Akuntansi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Riau). Jurnal Valuta, Vol 4, Nomor 1, April.

Martini Aldini Nofta, Ahmad Feriyansyah, dan Sella Venanza, 2021. Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Oppo di Kota Pagar Alam. Jurnal Aktiva : Riset Akuntansi dan Keuangan, Volume 3, Nomor 3.

Sardanto Rino dan Sigit Ratnanto, 2016. Pengaruh Persepsi Konsumen Terhadap Keputusan Pada Angkringan Kota Kediri. Jurnal Benefit, Volume 3, Nomor 1, Juli.

Syahputro, Darwin Lie, Marisi Butarbutar, dan Ady Inrawan, 2015. Pengaruh Persepsi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Pada CV. Harmoni Lestari Pematangsiantar. Jurnal Sultanist, Volume 3, Nomor 1.

Shiratina Aldina dan Pipit Afiatun, 2017. Pengaruh Persepsi Konsumen Dan Motivasi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kain Rajut (Studi Kasus CV. Sinar Agung). Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen, Volume VII, Nomor 1.

Swastha Dharmmesta dan T. Hani Handoko. 2012. Manajemen Pemasaran: Analisis Perilaku Konsumen, Edisi Pertama, Cetakan Kelima. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta
     Plum Analytic Metrics

Published
2022-01-20
How to Cite
Kaban, L., & Khong, R. (2022). DAMPAK KUALITAS, PERSEPSI KONSUMEN DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK ENDORSEMENT. Jesya (Jurnal Ekonomi Dan Ekonomi Syariah), 5(1), 909-919. https://doi.org/https://doi.org/10.36778/jesya.v5i1.667

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.