PENGARUH MOTIVASI KERJA, KOMPETENSI DAN KOMPENSASI TERHADAP KINERJA GURU DI YAYASAN PENDIDIKAN NURHASANAH MEDAN

  • Indra Surya politeknik ganesha medan
  • Diding Kusnady politeknik ganesha medan
  • nova yesyca naipospos Politeknik LP3I Medan

Abstract

Yayasan Pendidikan Nurhasanah Medan adalah suatu Lembaga Pendidikan Islam, terletak di Jl. Garu I No 28 Medan. Yayasan ini memiliki 90 orang Guru yang bekerja sebagai pengajar dari tingkat TK, SD, SMP, Mts sampai dengan SMK/SMA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa pengaruh Motivasi Kerja, Kompetensi, dan Kompensasi terhadap Kinerja karyawan di Yayasan Pendidikan Nurhasanah Medan. Hasil penelitian menggambarkan bahwa variabel Motivasi kerja dan variabel kompetensi berpengaruh terhadap kinerja karyawan sedangkan variabel kompensasi tidak berpengaruh. Gambaran hasil penelitian yang diperoleh dapat digambarkan dengan persamaan  Y = 0,271 + 0,714X1 + 0,409X2 - 0.168 X3, di mana X1 = Motivasi Kerja, X2 = Kompetensi, dan X3 = Kompensasi. Artinya konstanta sebesar 0,271 menyatakan bahwa faktor faktor selain variabel X1, X2, dan X3 yang mempengaruhi kinerja karyawan sebesar 0,271. Koefisien Motivasi kerja sebesar 0,714 menyatakan bahwa apabila variabel X1 bertambah satu satuan akan menambah pengaruh kinerja karyawan sebesar 0.714 dengan anggapan variabel kompetensi dan kompensasi adalah konstan. Koefisien regresi X2 sebesar 0,409 adalah bahwa apabila variabel X2 bertambah satu satuan akan menambah kinerja pegawai sebesar 0,409 dengan anggapan variabel motivasi kerja dan kompensasi adalah konstan.  Selanjutnya dengan koefisien regresi X3 sebesar -0,168. Ini berarti bahwa dengan faktor lain dianggap konstan, pengaruh kompensasi lebih kecil dibandingkan dengan  motivasi kerja dan kompetensi. Hasil penelitian ini dapat menjadi acuan bagi yayasan Pendidikan Nurhasanah Medan untuk meningkatkan kinerja guru guru. Untuk itu perlu adanya perhatian terhadap motivasi kerja  dalam yayasan. Selain itu, perlu juga dilakukan pengembangan kemampuan karyawan secara terus menerus melalui kompetensi dan kompensasi terhadap para guru.

Keywords: Motivasi Kerja, Kompetensi, Kompensasi, Kinerja Guru

References

Abdurrahman, J. (2017). Faktor Yang Mempengaruhi Evaluasi Kinerja Para Pegawai Di Kantor Pemerintah. Jurnal Pendidikan, 6(1).
Ajabar. (2020). Manajemen Sumber Daya Manusia. In Edisi Revisi Jakarta: Bumi Aksara.
Enny W, M. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia In Manajemen Sumber Daya Manusia. In Edisi Revisi Jakarta: Bumi Aksara.
Hasibuan, M. S. P. (2013). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bumi Aksara.
Kawiana, I. G. P. (2020). Manajemen Sumber Daya Manusia, “MSDM” Perusahaan. In UNHI Press (Vol. 4, Issue 3).
Mardiana, I., Kasmir, K., & Safuan, S. (2021). Pengaruh Kompetensi, Kompensasi terhadap Kinerja melalui Motivasi Karyawan SIMPro PT. Solusi Inti Multiteknik. Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 4(1). https://doi.org/10.36778/jesya.v4i1.291
Riyanto, S., & Hatmawan, A. A. (2020). Metode Riset Penelitian Kuantitatif Penelitian Di Bidang Manajemen, Teknik . In Deepublish Publisher.
Rudlia. (2016). Pengaruh Kompetensi dan Kompensasi terhadap Kepuasan Kerja dan Kinerja Pegawai (Studi Kasus Pada Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Kepulauan Sangihe ) Justisia Iriani Rudlia. Jurnal Riset Bisnis Dan Manajemen, 4.
Sumardi Hr, & Surianti. (2019). PENGARUH PEMBERDAYAAN, KOMPETENSI, DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA DOSEN UNIVERSITAS WIRALODRA INDRAMAYU. Jurnal Investasi, 5(1). https://doi.org/10.31943/investasi.v5i1.20
Supriadi, D., Moeis, N., & . D. (2019a). PENGARUH MOTIVASI KERJA DAN KEPEMIMPINAN TERHADAP KINERJA DOSEN STMIK KHARISMA KARAWANG. Jurnal Manajemen & Bisnis Kreatif, 4(2). https://doi.org/10.36805/manajemen.v4i2.529
Supriadi, D., Moeis, N., & . D. (2019b). PENGARUH MOTIVASI KERJA DAN KEPEMIMPINAN TERHADAP KINERJA DOSEN STMIK KHARISMA KARAWANG. Jurnal Manajemen & Bisnis Kreatif, 4(2). https://doi.org/10.36805/manajemen.v4i2.529
Zain, R., & Yuliana, A. T. R. D. (2017). Pengaruh Kompensasi dan Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Dosen di Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. MANAGERIA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(1). https://doi.org/10.14421/manageria.2017.21-06
     Plum Analytic Metrics

Published
2022-02-11

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.