Analisis Pengaruh Kepuasan, Kualitas layanan, Dan Nilai Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Restoran Seafood Di Kota Batam
Abstract
Kota Batam dikenal dengan kota industri, Kota Batam saat ini sedang berkembang di sektor pariwisata sehingga tidak heran jika banyak wisatawan lokal maupun mancanegara berdatangan ke kota batam ini. Sebagai kota yang berkembang di sektor pariwisata tentunya harus menyediakan kebutuhan para wisatawan, salah satunya adalah restoran. Untuk restoran yang ada di kota batam diantaranya termasuk restoran keluarga, restoran cepat saji, restoran steak, kafetaria, dan banyak lagi. Salah satu restoran yang paling populer di Batam adalah restoran seafood. Restoran seafood sebagai salah satu tempat terjadinya transaksi jual beli terus mengalami perkembangan di era modern ini. Adanya perkembangan restoran seafood membuat penulis melakukan penelitian untuk menganalisis pengaruh kepuasan, kualitas pelayanan dan nilai harga terhadap loyalitas pelanggan di Kota Batam. Kelompok sasaran penelitian ini adalah masyarakat Kota Batam yang pernah mengunjungi restoran seafood, dengan menggunakan sampel sebanyak 400 responden. Pengumpulan data diperoleh dengan menyebarkan kuesioner ke berbagai media sosial berupa Google Sheets, IBM SPSS Statistic 23 sebagai software untuk mengolah data. Hasil pembahasan yang diperoleh dalam penelitian ini adalah variabel kepuasan, kualitas pelayanan dan nilai harga berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan.
References
Asad, M., & Abid, U. (2018). CSR Practices and Customer’s Loyalty in Restaurant Industry: Moderating Role of Gender. NUML International Journal of Business & Management, 13(2), 144–155. http://proxy.library.tamu.edu/login?url=https://search.proquest.com/docview/2202753969?accountid=7082%0Ahttp://linkresolver.tamu.edu:9003/tamu?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info:ofi/fmt:kev:mtx:journal&genre=article&sid=ProQ:ProQ%3Aabiglobal&atitle=CSR+
Badan Pusat Statistik Kota Batam. (2020). Hasil Sensus Penduduk 2020, Penduduk Kota Batam 2020 1.196.396 Jiwa. Https://Batamkota.Bps.Go.Id/.
Binsar Kristian P., F. A., & Panjaitan, H. (2014). Analysis of Customer Loyalty through Total Quality Service, Customer Relationship Management, and Customer Satisfaction. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE), 3(3), 142–151. https://doi.org/10.11591/ijere.v3i3.6191
Cha, S. S., & Seo, B. K. (2020). The effect of food delivery application on customer loyalty in restaurant. Journal of Distribution Science, 18(4), 5–12. https://doi.org/10.15722/jds.18.4.20204.5
Darmawan, D. (2020). PROFESIONALISME, MOTIVASI BERPRESTASI, KOMITMEN ORGANISASI DAN PENGARUHNYA TERHADAP INTENSI BERWIRAUSAHA. EKUITAS (Jurnal Ekonomi Dan Keuangan), 3(3). https://doi.org/10.24034/j25485024.y2019.v3.i3.4167
Ding, L., & Jiang, C. (2021). Restaurant proactive philanthropic activities and customer loyalty: a scenario-based study during the COVID-19 pandemic period. International Hospitality Review, ahead-of-p(ahead-of-print). https://doi.org/10.1108/ihr-08-2020-0045
Hidayat, A., Zalzalah, G. G., & Ekasasi, S. R. (2016). The role of relationship marketing on customer loyalty toward indonesian fast food restaurant. Pertanika Journal of Social Sciences and Humanities, 24(June), 215–223.
Keshavarz, Y., & Jamshidi, D. (2018). Service quality evaluation and the mediating role of perceived value and customer satisfaction in customer loyalty. International Journal of Tourism Cities, 4(2), 220–244. https://doi.org/10.1108/IJTC-09-2017-0044
Kotler, P. and K. L. K. (2007). Manajemen Pemasaran Edisi 12 Jilid 1.
Lepojević, V., & Đukić, S. (2018). Factors Affecting Customer Loyalty in the Business Market - an Empirical Study in the Republic of Serbia. Facta Universitatis, Series: Economics and Organization, 15, 245. https://doi.org/10.22190/fueo1803245l
M. E. Diab, D., E. Mohammed, H., Hassam Mansour, E., & Saad, O. (2016). Investigating the impact of key dimensions of service quality on customers’ satisfaction and loyalty: Evidences from the restaurant industry in Sudan. Marketing and Branding Research, 3(2), 153–165. https://doi.org/10.33844/mbr.2016.60459
Makudza, F. (2021).

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.