ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMILIHAN HOTEL (STUDI PADA HOTEL NAGOYA HILL BATAM)

  • Robby Kurniawan UNIVERSITAS INTERNASIONAL BATAM
  • Jemmy Lim

Abstract

Industri pariwisata bisa dianggap sebagai jawaban untuk menghadapi berbagai masalah ekonomi Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, kepercayaan dan fasilitas terhadap keputusan pemilihan. Populasi penelitian ini adalah tamu hotel yang menginap di Hotel Nagoya Hill Batam yang berjumlah 2.940 orang. Sampel terdiri dari 352 responden, yang diambil dengan metode accidental sampling. Analisis data menggunakan regresi berganda dan uji hipotesis serta menggunakan SPSS versi 23. Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa variabel kualitas pelayanan berpengaruh signifikan dengan perolehan signifikansi 0.000<0.05, variabel kepercayaan dengan perolehan signifikansi 0.000<0.05, variabel fasilitas dengan perolehan angka signifikansi 0.000<0.05. Variabel kualitas pelayanan, kepercayaan dan fasilitas dengan hasil uji f yang signifikansi 0.000<0.05, maka secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pemilihan.

Keywords: kualitas pelayanan, kepercayaan, fasilitas, keputusan pemilihan

References

Abidin, Z., & Triono, L. D. (2020, May). Fresh frozen fish consumer behavior: effect of the mix and trust marketing on buying interest, purchase decision and customer satisfaction in E-commerce, silly fish Indonesia. In IOP Conference Series: Earth and Environmental Science (Vol. 493, No. 1, p. 012041). IOP Publishing.

Arifin, Samsul. (2011). Pengaruh Kepercayaan, Fasilitas Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Hotel Jepara Indah. Jurnal Dinamika Ekonomi dan Bisnis Vol.8 No.1.

Aulya, D. A., & DJASTUTI, I. (2013). ANALISIS PENGARUH PRODUK, HARGA, DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN “(Studi pada Coffee Shop Stove Syndicate di Semarang) (Doctoral dissertation, Fakultas Ekonomika dan Bisnis).

Carvalho, H. de F., Saldanha, E. de S., & Amaral, A. M. (2020). The Mediation Effects of Customer Satisfaction on the Relations Between Product Price, Service Quality and Purchasing Decision. Timor-Leste Journal of Business and Management, 2(1), 14–26.

Che, J. W., Cheung, C. M., & Thadani, D. R. (2017, January). Consumer purchase decision in Instagram stores: The role of consumer trust. In Proceedings of the 50th Hawaii International Conference on System Sciences.

Chen, A., Lu, Y., & Wang, B. (2017). Customers’ purchase decision-making process in social commerce: A social learning perspective. International Journal of Information Management, 37(6), 627–638

Dewi, Wahyu Setia. Leonardo Budi Hasiolan. Maria Minarsih. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Susu Bebelac Di Giant Hypermarket Karangayu Semarang). Journal Of Management Vol.2 No.2.

Djatmiko, Tjahjono, and Rezza Pradana. 2016. “Brand Image and Product Price; Its Impact for Samsung Smartphone Purchasing Decision.” Procedia -Social and Behavioral Sciences.

Gama, Agus Wahyudi. Ni Wayan Rustiarini. Ni Putu Nita Anggraini. (2016). Pengaruh Lokasi, Fasilitas, Dan Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Pasar Seni Guwang Sukawati). Jurnal Universitas Mahasaraswati Denpasar Vol.11 No.1. ISSN 1978-6069.

Ghozali, Imam. (2014). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hidayat, A., Wijaya, T., Ishak, A., & Endi Catyanadika, P. (2021). Consumer trust as the antecedent of online consumer purchase decision. Information, 12(4), 145.

Irawan, I. A. (2018). Effect of trust, convinience, security and quality of service on online purchase decision (consumer case study in tangerang selatan area). Jurnal Ekonomi, 23(1), 114-122.

Jain, M., Rao, A. B., & Patwardhan, A. (2018). Consumer preference for labels in the purchase decisions of air conditioners in India. Energy for Sustainable Development, 42, 24–31

Jayanti, Ratna Dwi. (2015). Pengaruh Harga Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online (Studi Kasus Pada Harapan Maulina Hijab Jombang). EKSIS Vol X No.1. ISSN 1907-7513.

Jun, S. P., & Park, D. H. (2016). Consumer information search behavior and purchasingdecisions: Empirical evidence from Korea. Technological Forecasting and Social Change, 107, 97–111

Kiswanto, Anjar. (2011). Pengaruh Harga, Lokasi Dan Fasilitas Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan Di Objek Wisata Dampo Awang Beach Rembang. Universitas Negeri Semarang. Skripsi

Koestanto, Tri Hari. (2014). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Bank Jatim Cabang Klampis Surabaya. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen Vol.3 No.10

Kotler dan Armstrong. (2013). Bauran Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. CV.Alfabeta. Bandung.

Kotler dan K. L. Keller. (2013). Manajemen Pemasaran. Edisi Ketigabelas. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Lăzăroiu, G., Neguriţă, O., Grecu, I., Grecu, G., & Mitran, P. C. (2020). Consumers’ decision-making process on social commerce platforms: online trust, perceived risk, and purchase intentions. Frontiers in Psychology, 11, 890.

Lee, H., Lee, Y., & Yoo, D. (2000). The determinants of perceived service quality and its relationship with satisfaction. Journal of Services Marketing, 14(3), 217-231.

Linh, N. T. C., Nga, D. Q., & Trang, P. N. T. (2019). Evaluating the Ability to Achieve Efficiency in Providing Services of the Freight Forwarding Firms in Viet Nam. International Journal of Supply Chain Management, 8(6), 146-152. https://ojs. excelingtech.co.uk/index.php/IJSCM/article/view/2659

Lisa, S. (2018). Pengaruh Variasi Produk, Kemasan, Kepercayaan Dan Fasilitas Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Kerupuk Jangek Di Kota Padang. STKIP PGRI Sumatera Barat. Disertasi

Meliana, Sulistiono dan Budi Setiawan. (2013). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian (Studi kasus pada Giant Hypermarket). Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan Vol.1 No.3

Moha, Sartika dan Sjendry Loindong. (2016). Analisis Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Hotel Yuta Di Kota Manado. Jurnal EMBA Vol.4 No.1. ISSN 2303-1174.

Mramba, N. R. (2015). Does the brand name matter to purchase decision? The case of mobile phone.

Normasari, Selvy. Srikandi Kumadji dan Andriani Kusumawati. (2013). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan, Citra Perusahaan dan Loyalitas Pelanggan (survey pada tamu pelanggan yang menginap dihotel Pelangi Malang). Jurnal Administrasi Bisnis Vol.6 No.2

Nurhayati. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Lokasi Terhadap Keputusan Menginap Konsumen Pada Hotel Zahra Syariah Kendari. Business UHO: Jurnal Administrasi Bisnis Vol.1 No.2. ISSN 2503-1406.

Pengenggar, Gadhang. Hidayat. Wahyu Nurseto. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Lokasi Dan Fasilitas Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Konsumen Warung Kopi Tunjang Cafe Dan Restaurant Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis Vol.5 No.1.

Permatasari, B. (2019). Pengaruh Daya Tarik, Kepercayaan, Dan Keahlian Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian. TECHNOBIZ: International Journal of Business, 2(2), 76-81.

Pop, R. A., Săplăcan, Z., Dabija, D. C., & Alt, M. A. (2021). The impact of social media influencers on travel decisions: The role of trust in consumer decision journey. Current Issues in Tourism, 1-21.

Rujiramora, N. (2017). Factors influencing customer purchase intention of fitness center membership: a case study of MBA students at Assumption University city campus. International Research E-Journal on Business and Economics, 3(1).

Saldanha, E., Silva, A., Seran, A. and Brites da Silva, H. (2021) “The Empirical Model on The Relationship among Price, Service Quality and Customer Purchasing Decision: The Case of the Dili Tais Market in Timor-Leste.”, Timor Leste Journal of Business and Management, 3(2), pp. 17-25. doi: 10.51703/bm.v3i2.51.

Sanusi, A. (2014). Metode Penelitian Bisnis. Jakarta: Salemba Empat.

Sarkar, R., & Das, S. (2017). Online shopping vs offline shopping: A comparative study. International Journal of Scientific Research in Science and Technology, 3(1), 424-431.

Setyawan, Bagus Dwi. (2013). Pengaruh Kualitas Produk dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Konsumen Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening (Studi pada PDAM Tirta Moedal Semarang). Skripsi Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Semarang

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: CV Alfabeta.

Sulistiono. (2013). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian (studi kasus pada Giant Hypermarket). JIMKES Vol.1 No.3. ISSN: 2720-3362.

Suryawardana, Edy. (2015). Analisis Pengaruh Reputasi, Kualitas Pelayanan Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (Spbu) Di Kota Semarang. Jurnal Dinamika Sosial Budaya Vol.17 No.2. ISSN 1410-9859.

Susilo, Heri. Andi Tri Haryono. Moh Mukery. (2018). Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan, Promosi, Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Konsumen Dengan Keputusan Berkunjung Sebagai Variabel Intervening Di Hotel Amanda Hills Bandungan. Journal of Management Vol.4 No.4. ISSN 2502-7689.

Tjiptono, F., & Chandra, G. (2016). Service, Quality And Satisfaction. Yogyakarta: Andi

Tjiptono, Fandy. 2015. Strategi Pemasaran. Edisi Kedua. Yogyakarta: Andi Offset

Ulfa, Amelia. (2017). Pengaruh Persepsi Nilai, Harapan, Kepercayaan dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Penyedia Jasa Travel Haji dan Umroh. Skripsi Ilmu Administrasi Bisnis. Universitas Lampung

Zulian Yamit. 2010. Manajemen Kualitas Produk dan Jasa. Cet. 5. Yogyakarta: Ekonisia
     Plum Analytic Metrics

Published
2022-06-01
How to Cite
Kurniawan, R., & Lim, J. (2022). ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMILIHAN HOTEL (STUDI PADA HOTEL NAGOYA HILL BATAM). Jesya (Jurnal Ekonomi Dan Ekonomi Syariah), 5(2), 1227-1237. https://doi.org/https://doi.org/10.36778/jesya.v5i2.721

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.