PERILAKU MANAJEMEN KEUANGAN MAHASISWA SEBAGAI PERILAKU USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH

  • Budi Gautama Siregar IAIN Padangsidimpuan
  • Aswadi Lubis IAIN Padangsidimpuan

Abstract

Masih banyak mahasiswa yang tidak mampu mengelola keuangannya secara tepat dan cerdas yang dibuktikan dengan masih banyak mahasiswa yang senantiasa mencari jalan keluar dengan cara berutang dalam memenuhi tuntutan kehidupan sehari-hari. Pengelolaan keuangan merupakan kunci utama dalam perkembangan kualitas kehidupan . penelitian ini dilakukan untuk menganalisis peran literasi keuangan, pengetahuan keuangan dan sikap keuangan dalam mempengaruhi perilaku pengelolaan keuangan mahasiswa IAIN Padangsidimpuan sebagai pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah. Responden penelitian adalah mahasiswa IAIN Padangsidimpuan yang aktif sampai penelitian ini dilakukan sebagai pelaku usaha mikro kecil dan menengah. Data-data yang diperlukan dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan quesioner, dan akan diolah secara statistik dengan menggunakan bantuan aplikasi SPSS. Penelitian ini menemukan bahwa literasi keuangan, pengetahuan keuangan dan sikap keuangan secara positif dan signifikan mempengaruhi perilaku manajemen keuangan mahasiswa IAIN Padangsidimpuan sebagai pelaku usaha mikro kecil dan menengah.

Keywords: Literasi Keuangan, Pengetahuan, Sikap Keuangan dan Perilaku Manajemen Keuangan

References

Buchari, A. (2018). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: CV. Alfabeta.

Budiono, T. (2015). Keterkaitan Financial Attitude, Financial Behavior dan Financial Knowledge. Universitas Atmajaya Yogyakarta.

Danes, S., & Haberman, H. (2007). Teen financial knowledge, self-efficacy, and behavior. A Gendered View.

Ferdinand, A. (2006). Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian untuk Skripsi, Tesis dan Disertasi. Semarang: Universitas Diponegoro.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hery. (2019). Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. Grasindo.

Hrdjiono, I., & Damanik, L. A. (2016). “Pengaruh Financial Attitude, Financial Knowledge, Parental Income Terhadap Financial Management Behavior. Jurnal Manajemen Teori dan Terapan, 9(3), 226-241.

Humaira, I., & Sagoro, E. (2018). Pengaruh pengetahuan keuangan, sikap keuangan, dan kepribadian terhadap perilaku manajemen keuangan pada pelaku UMKM. Barometer Riset Akuntansi dan Manajemen, 7(1), 96-110.

Ina, R. (2016, Oktober). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Citra Institusi Terhadap Kepuasan Mahasiswa Yang Berdampak Pada WOM. Journal of Management and Business, 1(1), 51-77.

Indah, N. A., & Rieke, S. R. (2017, Desember). Pengaruh WOM Marketing Terhadap Citra Perguruan Tinggi dan Dampaknya Terhadap Keputusan Menjadi Mahasiwa di STKIP Pasundan Cimahi. Tourism Scientific Journal, 3(1), 31-57.

Magdalena. (2020, Januari-Juni). Penjaminan Mutu Pendidikan Islam di Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Muhammadiyah Sibolga Tapanuli Tengah. Jurnal Al-Fatih Jurnal Pendidikan dan Keislaman, III(!), 20-28.

Muhidia, S. (2019). Pengaruh Pengetahuan Keuangan, Sikap Keuangan dan Locus of Control terhadap Perilaku Keuangan Mahasiswa. 58-65.

Nujumal, L. (2013). Pengaruh Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Mahasiswa dalam Mengelola Keuangan. Jurnal Pendidikan Akuntansi.

Ratih, H. (2015). Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung: Alfabeta.

Remound. (2010). Faktor Yang Mempengaruhi Literasi Keuangan Mahasiswa. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya.

Rifka, A. N., & dkk. (2015, Juli). Pengaruh Citra Institusi dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Mahasiswa Universitas Moch. Sroedji Jember. Jurnal Bisma, 9(2), 190-201.

SL, T., & Rahayu, T. (2016, Agustus). Pengaruh Citra Perguruan Tinggi Terhadap Keputusan Mahasiswa Memilih Perguruan Tinggi dengan WOM sebagai Variabel Intervening. Eksplorasi, 29(1), 63-75.

Suharsimi, A. (1993). Prosedur Penelitian . Jakarta: Rineka Cipta.

Susatyo, H. (2014). Basic Marketing (Dasar-Dasar Pemasaran): Cara Mudah Memahami Ilmu Pemasaran. Yogyakarta: Gosyen Publishing.

Thi Ngoc, M. N., & Phuon, T. T. (2015). Factors Affecting Personal Financial Management Behaviors. Evidence from Vietnam Proceeding of the Second Asia-Pasific Conference on Global Bunisness, Economics, Finance and Social Science. AP15 Vietnam Conference.

Umiarso, & Imam, G. (2010). Manajemen Mutu Sekolah di ra Otonomi Pendidikan. Yogyakarta: IRCISoD.

Utari, E. C. (2016, Januari-Juni). Strategi Bersaing Dalam Berbisnis Secara Islami. At-Tijaroh, 2(1), 56-70.

Vincentinus, A., & Linawati, N. (2014). Hubungan Faktor Demografi dan Pengetahuan Keuangan terhadap Perilaku Keuangan Karyawan. FINESTA, 2(02).
     Plum Analytic Metrics

Published
2022-06-01
How to Cite
Siregar, B., & Lubis, A. (2022). PERILAKU MANAJEMEN KEUANGAN MAHASISWA SEBAGAI PERILAKU USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH. Jesya (Jurnal Ekonomi Dan Ekonomi Syariah), 5(2), 2038-2051. https://doi.org/https://doi.org/10.36778/jesya.v5i2.749

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.