Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Membeli Rumah
Abstract
Penelitinan ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh bauran pemasaran (produk, harga, tempat, promosi) terhadap keputusan konsumen dalam membeli rumah pada CV. ANDAR Makassar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang telah membeli rumah di Lagoosi Home sejak tahun 2017 sampai 2021 yaitu sebanyak 105 responden. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling sensus, karena semua anggota populasi digunakan sebagai sampel penelitian. Data dalam penelitian ini menggunakan data primer yang dikumpulkan dengan menyebar kuesioner kepada seluruh responden. Data yang berhasil dikumpulkan akan dianalisis secara deskriptif dan analisis regresi linear berganda. Selanjutnya untuk menentukan pengaruh dan tingkat signifikan dapat diuji dengan menggunakan uji-f dan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bauran pemasaran yang terdiri atas harga, lokasi, produk, dan promosi berpengaruh terhadap keputusan konsumen dalam membeli rumah di Lagoosi Home. Setelah melakukan pengujian secara analisis regresi linear menujukkan bahwa harga yang berpengaruh paling dominan. Dan hasil pengujian secara simultan menunjukkan bahwa keempat variabel independen yaitu harga, tempat, produk, dan promosi secara bersama-sama mempunyai pengaruh yang signifikan sebesar 0,000 terhadap variabel dependen yaitu keputusan pembelian.
References
Ali, M. T. R., & Khuzaini, K. (2017). Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Lokasi, Dan Fasilitas Terhadap Keputusan Pembelian Rumah. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen (Jirm), 6(9). http://repository.stiesia.ac.id/id/eprint/717
Andika, B. (2019). Rancang Bangun Sistem Pengambilan Keputusan Pembelian Rumah Pada Perumahan Bale Lintang Dengan Metode Profil Matching. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Senatik), 2(1), 141–148. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SENATIK/article/view/1101
Daud, Z. U. (2018). Pengaruh Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Rumah Pada Green Avina Birem Puntong Langsa Baro. Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 7(2), 174. https://doi.org/10.33059/jmk.v7i2.981
Drucker, P. (2000). Linking Organizational Strategy To E-Commerce. http://citeseerx.ist.psu.edu/viewdoc/download?doi=10.1.1.196.3210&rep=rep1&type=pdf
Fauzi, F., & Asri, R. (2020). Pengaruh Etnosentrisme, Citra Merek Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Batik (Studi Pada Konsumen Di Wilayah Jakarta Barat). Jurnal Manajemen Pemasaran, 14(2), 86–95. https://doi.org/10.9744/pemasaran.14.2.86-95
Gunanto, E., & Gusti, Y. K. (2014). Pengaruh Lintas Budaya Pada Pemasaran Internasional Dengan Pendekatan Perilaku Konsumen. Jurnal Riset Manajemen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha Program Magister Manajemen, 1(2), 168–176. http://jurnal.stieww.ac.id/index.php/jrm/article/view/113
Handoko, T. H., & Swasta, B. (2008). Perilaku Konsumen. Yogyakarta: Bpfe.
Isir, Y., Ali, M., & Purnomo, A. (2017). Implementasi Kebijakan Pembangunan Perumahan Rumah Sederhana (Rs) Dan Rumah Sangat Sederhana (Rss) Di Kota Sorong. Gradual, 6(1), 64–80. http://ejournal.um-sorong.ac.id/index.php/gl/article/view/593
Išoraitė, M. (2016). Marketing Mix Theoretical Aspects. International Journal Of Research-Granthaalayah, 4(6), 25–37. https://5y1.org/download/1cfba71cfa314d4a3ebb4fa00df96775.pdf
Kotler, P. (2005). The Role Played By The Broadening Of Marketing Movement In The History Of Marketing Thought. Journal Of Public Policy & Marketing, 24(1), 114–116. https://doi.org/10.1509%2Fjppm.24.1.114.63903
Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran. Edisi.
Linardo, M. (2018). Manajemen Pemasaran. Cikudanews.
Manu, F. A., & Sriram, V. (1996). Innovation, Marketing Strategy, Environment, And Performance. Journal Of Business Research, 35(1), 79–91. https://doi.org/10.1016/0148-2963(95)00056-9
Memah, D., Tumbel, A., & Van Rate, P. (2015). Analisis Strategi Promosi, Harga, Lokasi, Dan Fasilitas Terhadap Keputusan Pembelian Rumah Di Citraland Manado. Jurnal Emba: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 3(1). https://doi.org/10.35794/emba.3.1.2015.8285
Mowen, J. C., & Minor, M. (2002). Perilaku Konsumen. Jakarta: Erlangga, 90.
Novari, P. M., & Lestari, P. V. (2016). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage, Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Pada Sektor Properti Dan Real Estate. Udayana University. https://ojs.unud.ac.id/index.php/Manajemen/article/download/22690/15445
Pajarwati, R. (2018). Pengaruh Pengakuan Pendapatan Terhadap Laba Pada Perumahan Setia Budi Estate. Universitas Muhammadiyah Sukabumi. http://eprints.ummi.ac.id/id/eprint/552
Pardede, R., & Haryadi, T. Y. (2017). Pengaruh Persepsi Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Yang Dimediasi Kepuasan Konsumen. Journal Of Business & Applied Management, 10(1). http://dx.doi.org/10.30813/jbam.v10i1.870
Prasetijo, R., & Ihalauw, J. J. O. I. (2005). Perilaku Konsumen.
Ramenusa, O. (2016). Analisis Lingkungan Pemasaran Potensi Wisata Bahari Di Selat Lembeh Kota Bitung. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 16(3). https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jbie/article/view/13521
Santoso, U. (2017). Hukum Perumahan. Prenada Media.
Sherly, S., Halim, F., Butarbutar, M., Arfandi, S. N., Sisca, S., Purba, B., Ferinia, R., Dewi, I. K., Hasyim, H., & Sudarso, A. (2020). Pemasaran Internasional. Yayasan Kita Menulis.
Sugiyono, S. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Dan R&D. Alfabeta Bandung.
Supriyono, K., & Leonardo Budi Hasiolan, M. (2015). Pengaruh Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Membeli Rumah Pada Perumahan Bukit Semarang Baru (Bsb) City Di Semarang. Journal Of Management, 1(1). http://jurnal.unpand.ac.id/index.php/MS/article/view/263
Tjiptono, F. (2019). Strategi Pemasaran.
Tresnanda, D. A. (2014). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Rumah (Survei Pada Konsumen Perumahan Blukid Residence Sidoarjo). Brawijaya University. https://www.neliti.com/publications/79221/pengaruh-bauran-pemasaran-terhadap-keputusan-pembelian-rumah-survei-pada-konsumen

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.