PENGARUH PELAYANAN VENDOR TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA PT. PLN PEMBANGKITAN SUMATERA BAGIAN UTARA SEKTOR PEMBANGKITAN PANDAN
Abstract
Secara umum tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Pelayanan vendor terhadap kepuasan konsumen pada PT. PLN (Persero) Pembangkitan Sumatera Bagian Utara Sektor Pembangkitan Pandan dengan menarik hioptesis bahwa Ada pengaruh Pelayanan vendor terhadap kepuasan konsumen pegawai pada PT. PLN (Persero) Pembangkitan Sumatera Bagian Utara Sektor Pembangkitan Pandan .Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif korelasional. Penulis menggunakan 23 orang responden sebagai sampel yang diambil dari seluruh populasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan yang positif antara Pelayanan vendor dan kepuasan konsumen pada PT. PLN (Persero) Pembangkitan Sumatera Bagian Utara Sektor Pembangkitan Pandan sebesar 0,30, sehingga apabila diinterpretasikan dalam skala nilai dapat dikategorikan rendah. Persamaan regresi yang diperoleh Y= 27,717 + 0,25 X yang menunjukkan pengaruh pelayanan vendor terhadap kepuasan konsumen. Uji t menunjukkan bahwa hipotesis yang diajukan ditolak kebenarannya, dimana t hitung 1,459 < t tabel 2,07961, yang berarti kepuasan konsumen belum tentu akan bertambah sebesar koefisien regresi/ slop (0,25) apabila variabel pelayanan vendor ditambah dengan satu satuan. Sementara koefisien determinasi diketahui bahwa pelayanan vendor hanya berperan sebesar 9 % terhadap kepuasan konsumen pada PT. PLN (Persero) Pembangkitan Sumatera Bagian Utara Sektor Pembangkitan Pandan dan sisanya sebesar 91 % dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti.
References
Aviliani, R dan Wilfridus, L. 2007. Membangun Kepuasan Pelanggan Melalui Kualitas Pelayanan. Usahawan, No.5
Azwar, Saifudddmin. 2007. Reabilitas dan Vadilitas, Pustaka Pelajar, Yogjakarta
Bovee, Houston & Thill G. Mike, 2002, Dasar-Dasar Pemasaran. Jakarta: Prenhallindo
Boediono, B. (2003). Pelayanan Prima Perusahaan, Rineka Cipta, Jakarta
David R. Krathwohl. 2011. Manajemen Pemasaran Strategis, Pustaka Belajar, Yogjakarta
Furchan Arif, 2007, Penggantar Metode Penelitian Kualitatif, Surabaya,Usaha Nasional
Hardianti, 2011, Teori Efektifitas Dalam Kinerja Karyawan. Yogyakarta : Gajah Mada University Press
Helmi Syafrizal Situmorang dan Lufti Muslich, 2012, Analisis Data untuk Manajemen dan Bisnis, Edisi 2, USU press, Medan.
Jhon. F Lytle,. 2003. Cara Jitu Memuaskan Pelanggan ( What Do Your Customers Really Wants ) Terjemahan Agus Sharno. Jakarta: Abdi Tandur
Kuncoro, Mudarajat, 2003, Metode Penelitian Bisnis dan R & D, Erlangga, Jakarta
Lukman, Sampara. 2000. Manajemen Kualitas Pelayanan. Jakarta: STIA LAN Press.
Lupiyoadi, Rambat. 2004. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat
Kotler, Philip. 2002. Manajemen Pemasaran, Analisis Perencanaan, Pengaruh, dan Pengendalian. Jakarta: Salemba Empat.
------------------, 2009, Manajemen Pemasaran, Erlangga, Jakarta
Ndraha, Taliziduhu. 2000. Teori Budaya Organisasi. Jakarta: Rineka Cipta
Parasuraman. 2001. The Behaviorial Consequenses of Service Quality, Jurnal of Marketing. Vol 60.
Rangkuti, Freddy, 2003. Strategi Promosi yang Kreatif dan Analisis, Kasus Integrated Marketing Communication. Jakarta : PT. Ramedia Pustaka Utama
Saefullah, 2009. Konsep dan Metode Pelayanan Umum yang Baik, dalam Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Sumedang: Fisip UNPAD.
Sedarmayanti. 2009. Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja. Jakarta: Mandar Maju.
Stanton, Etzel & Walker, 2001, Prinsip-Prinsip Marketing, Erlangga, Jakarta
Sunarto. 2003. Perilaku Organisasi. Amus : Jakarta
Sugiyono, 2006, Metode Penelitian Bisnis, Bandung : Alfabeta
Tjiptono, Fandy. 2004. Strategi Pemasaran, Yogyakarta: Andi Yogyakarta

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.