Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan
Abstract
The purpose of this research is to determine the influence of service quality, price and promotion on loyalty through cotumer satisfaction at Rocket Chicken Baturaja. The type of this research is Explanatory Research with data used in this study is primary data obtained using questionnaire and library research. Analysis of data using simple linear regression and multiple regression test with SPSS 26. While hypothesis testing using the t test, f test, correlation coefficient, and the coefficient of determination. Based on the analysis it can be concluded that there is a positive and significant influence between service quality to satisfaction, positive and significant influence between price to satisfaction, positive and significant influence between promotion to satisfaction, positive and significant influence between service quality, price and promotion to satisfaction between service quality to loyalty, positive and significat influence between price to loyalty, positive and significant influence between promotion to loyalty, there is positive and significant influence between service quality to loyalty, there is positive and significant influence between quality of the service, price and promotion to loyalty.
References
Anggraeni, F., Budiarti, A. (2020). Pengaruh Harga, Promosi, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dimediasi Kepuasan Pelanggan Pada Konsumen Gojek. JUPE. 8(3) : 86-94.
Arianto, N. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Pasien (Studi Kasus pada Pasien Rawat Jalan Rumah Sakit Premier Bintaro). Jurnal Organisasi & Manajemen. 13(1) : 1-9.
Arianto, N., Kurniawan, F. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Promosi Terhadap Loyalitas dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening (Studi Home Industri Produk Pakaian Sablon & Bordir). Jurnal Pemasaran Kompetitif. 4(2) : 254-268.
Cardia, D, N, R., Santika, I, W., Respati, N, Z, R. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan. E-Jurnal Manajemen. 8(11) : 6762-6781.
Delima, A., Ashhary, H, M., Usman. (2019). Influence of Service Quality, Product Quality, Price, Brand Image, and Promotion to Customer Satisfaction Affecting on Consumer Loyalty (Online Shop). Journal Economics. 1(1) : 1-15.
Dhasan, D., Aryupong, M. Effects Of Product Quality, Service Quality And Price Fairness On Customer Engagement And Customer Loyalty. ABAC Journal. 39(2) : 82-102.
Diana., Mardika, N, H. (2020). Pengaruh Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Restoran Bakso Lapangan Tembak Senayan. Jurnal Ilmu Ekonomi Manajemen. 11(1) : 32-45.
Farisi, S., Siregar, Q, R. (2020). Pengaruh Harga dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan Pengguna Jasa Transportasi Online di Kota Medan. Jurnal Ilmiah Magister Manajemen. 3(1) : 148-159.
Insani, N, A., Madiawati, P, A. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Promosi terhadap Loyalitas Pelanggan GoFood di Kota Bandung. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi dan Akuntansi). 4(3) : 112-122.
Khakim, L., Fathoni, A, F., Minarsih, M, M. (2015). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Variabel Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Pada Pizza Hut Cabang Simpang Lima. Journal of Management. 1(1) : 1-15.
Khoirulloh., Haryono, A, T., Wulan, H, S. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasa Pembelian Sebagai Variabel Intervening ( Studi Pada Roti Bakar Breadhouse Sirojudin,Tembalang Semarang). Journal of Management. 4(4) : 1-21.
Kotler, P., Amstrong, G. (2012). Principles of Marketing. New Jersey: Pearson Prentice Hall.
Kotler, P., Keller, K, L. (2016). Marketing Management. 16th Edition. Ohio: Pearson.
Lupioyadi. (2016). Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi. Salemba Empat. Jakarta.
Lupiyoadi, R., Hamdani, A. (2008). Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi ke-2. Jakarta: Salemba Empat.
Mariansyah, A., Syarif, A. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Cafe Kabalu. JIBM. 3(2) : 1-15.
Molle, M, A., Mandey, S, I., Kojo, C. (2019). Pengaruh Kepuasan Konsumen Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Royal’s Resto And Function Hall Di Kota Ternate. Jurnal EMBA. 7(1) : 871-880.
Nurwulandari, A., Maharani, S. (2021). Pengaruh Harga, Produk, Distribusi Dan Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Dampaknya Pada Loyalitas Pelanggan Pada Kedai Kopi Coffee 19 Café (2020). Jurnal Ilmiah MEA (Manajamen, Ekonomi dan Akuntansi). 5(3) : 465-493.
Oktavia, E. (2019). Kejar Target, Deretan Bisnis yang Buka Cabang di Lampung Akhir 2019. Lampung Geh. Diakses di: https://kumparan.com/lampunggeh/kejar-target-deretan-bisnis-yang-bukacabang-di-lampung-akhir-20191sBF3SXEi5t/full.
Olivia, G. (2020). Bank Dunia: Ada 115 juta Penduduk Indonesia Berpotensi jadi Kelas Menengah. Diakses di: https://nasional.kontan.co.id/news/bank-dunia-ada-115-jutapenduduk-indonesia-berpotensi-jadi-kelas-menengah.
Permono, V, R., Pasharibu, Y. (2021). Pengaruh Kualitas Layanan, Harga dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Pizza Hut. Jimek : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi. 4(1) : 2621-2374.
Rahayu, S. (2021). Pengaruh Harga, Kepercayaan dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pengguna E-commerce Tokopedia. Journal Management, Business, and Accounting (MBIA). 20(1) : 40-50.
Rahayu, S., Faulina, S. (2022). Pengaruh Digital Customer Experience dalam Menciptakan Customer Satisfaction dan Customer Loyalty di Era Digital. Jurnal Ekonomi dan Ekonomi Syariah (JESYA). 5(1) : 1-13.
Rimawan, E., Mustofa, A., Mulyanto, A, D. (2017). The Influence of Product Quality, Service Quality and Trust on Customer Satisfaction and Its Impact on Customer Loyalty (Case Study PT ABC, Tbk.). International Journal of Scientific & Engineering Research. 8(7) : 2330–2336.
Sari, A, C, M., Lestariningsih, M. (2021). Pengaruh Promosi Dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelangga Aplikasishopee (Studi Pada Mahasiswa Stiesia Surabaya). Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen. 10(5) : 1-17.
Sari, D, K., Paludi, S. 2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Restoran Uccello. Majalah Ilmiah Panorama Nusantara. 15(1) : 1-13.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan RD. CV. Alfabeta Bandung.
Sukirno, Zakaria dan Poerwanto. (2014). Komunikasi Bisnis. Penerbit. Pustaka Pelajar, Yogyakarta.
Suwandi, Sularso, A., Suroso, I. (2015). Pengaruh Kualitas Layanan, Harga Dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan Pos Ekspres Di Kantor Pos Bondowoso Dan Situbondo. JEAM. XIV April : 68-88.
Tesar, M., Suprihhadi, H. (2022). Pengaruh Kualitas Layanan, Harga, Dan Promosi, Terhadap Kepuasan Pelanggan Layanan Gojek Di Surabaya. Jurnal Ilmiah dan Riset Manajemen. 11(5) : 1-16.
Tjiptono, F. (2016). Service Management Mewujudkan Layanan Prima. Edisi 2. CV. Andi Offset Yogyakarta.
Tjiptono, F., Chandra, G. (2012). Pemasaran Strategik. CV. Andi Offset Yogyakarta.
Wibawa, P, T., Farida, N., Listyorini, S. (2014). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Hharga dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan PT. Matahari Silverindo Jaya Semarang. Jurnal Ilmu Administrasi. 3(4) : 185-190.
Woen, N, G., Santoso, S. (2021). Pengaruh Kualitas Layanan, Kualitas Produk, Promosi, dan Harga Normal terhadap Kepuasan dan Loyalitas Konsumen. Jurnal Maksipreneur. 10(2) : 146-163.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.