Faktor Psikologis dan Rasionalis Yang Mempengaruhi Ketertarikan Mahasiswa Menabung di Bank Syariah
Abstract
Perilaku menabung mampu mendorong perkembangan ekonomi dan menunjang pembangunan. Hasil dari budaya menabung ini dapat digunakan baik kepentingan pribadi ataupun untuk kepentingan yang mendesak seperti pendidikan dan kebutuhan masa depan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor psikologis dan rasionalis yang mempengaruhi ketertarikan mahasiswa menabung di bank syariah. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif. Pengujian secara parsial membuktikan bahwa parsial bebas yaitu motivasi (X1), sikap (X3) dan persepsi (X4) tidak berpengaruh secara parsial terhadap ketertarikan mahasiswa menabung di bank syariah. Sedangkan variabel belajar (X2) dan Keuntungan (X5) berpengarh secara parsial terhadap ketertarikan mahasiswa menabung di bank syariah. Hasil uji membuktikan bahwa semua variabel independen yakni motivasi (X1), belajar (X2), sikap (X3), persepsi (X4) dan keuntungan/ bagi hasil (X5) berpengaruh secara simultan terhadap dependen yakni ketertarikan mahasiswa menabung di bank syariah. Variabel tingkat keuntungan/ bagi hasil (X5) merupakan variabel yang pengaruhnya dominan terhadap ketertarikan mahasiswa menabung di bank syariah karena memiliiki koefisien regresi yang paling besar.
References
Alifah, D. A., & Hakim, L. 2021. Pengaruh Pengetahuan, Produk dan Religiusitas Terhadap Minat Menabung dengan Variabel Moderating Persepsi. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 9(1), 116-122.
Andespa, Roni. 2017. Pengaruh Faktor Psikologis Terhadap Minat Menabung Nasabah Di Bank Syariah. Jurnal Kajian Ekonomi Islam, 2(02), 183.
Andriani, Fanny G & Halmawati. 2017. Pengaruh Bagi Hasil, Kelompok Acuan, Kepercayaan Dan Budaya Terhadap Minat Menjadi Nasabah Bank Syariah. Jurnal Eksplorasi Akuntansi. 1(03): 1322-1336.
Anggraeni, Suci. 2019. Analisis Pengaruh Persepsi Kemudahan Dan Persepsi Kemanfaatan Terhadap Minat Nasabah Menggunakan Mobile Banking Dengan Kepercayaan Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Bank Mandiri Syariah Kcp Muntilan). Skripsi Sarjana Perbankan Syariah, Institut Agama Islam Negeri Salatiga.
Astuti, R. I. et al. 2020. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Menabung Di Bank Syariah Surakarta. Jurnal Business Innovation & Enterpreneurship, 2(2),168.
Astuti, S. 2019. Pengaruh Faktor Psikologi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Produk Martha Tilar Di Kota Tembilahan. Jurnal Analisis Manajemen, 5(2), 96-97.
Bank Indonesia. 2008. Undang-Undang Republika Indonesia Nomor 21 Tahun 2008 Tentang Perbankan Syariah. www.bi.go.id. 12 Oktober.
Cita., & Dalmi. 2020. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kurangnya Minat Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Muslim Nusantara (Umn) Al Washliyah Menabung Di Bank Syariah. Prossiding Seminar Hasil Penelitian. Proseding Seminar Nasional Kewirausahaan, 3 (1), 1-7.
Damayanti, S. 2017. Pengaruh Pandangan Islam, Pelayanan Dan Keamanan Terhadap Minat Nasabah Untuk Menabung Di Bank Syariah Mandiri Cabang X. Jurnal Manajemen Dan Pemasaran Jasa, 9(1), 17.
Digdowiseiso. 2017. Metodologi Penelitian Ekonomi Dan Bisnis. Jakarta Selatan: Lembaga Penerbitan Universitas Nasional (LPU-UNAS).
Fadli. 2018. Pengaruh Pengetahuan Dan Iklan Terhadap Minat Menabung Di Bank Syariah (Studi Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Iain Padangsidimpuan Angkatan 2014). Imara: Jurnal Riset Ekonomi Islam, 1(1), 1.
Hutagalung. 2017. Pengaruh Pengetahuan Dan Sikap Terhadap Minat Masyarakat Pada Bank Syariah. Jurnal Al-Qasd, 1 (2), 1-12.
Kurniawan, M., & Septiana, E. 2020. Pengaruh Finance Knowledge, Persepsi, Reeligiusitas dan Disposible Income Terhadap Minat Menabung Di Bank Syariah (Studi Pada Pelaku UMKM Di Kecamatan Terbanggi Besar Lampung Tengah). Jurnal Kenangan dan Perbankan Syariah, 1(1), 57-58.
Madhani, A. Y. 2020. Pengaruh Deposito Muddharabah, Tabungan Mudharabah dan Pembiayaan Mudharabah Terhadap Return On Asset (ROA) (studi kasus pada PT Bank BNI syariah Persero, Tbk. Periode 2010-2019), Tugas Akhir, Jurusan Akuntansi. Politeknik Negeri Balikpapan.
Monika, Sri. 2019. Pengaruh Pembiayaan Mudharabah dan Pembiayaan Musyarakah terhadap Laba Bersih pada PT. Bank Syariah Mandiri Periode 2013-2017. Jurrnal Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Batanghari Jambi, 1 (3), 120.
Mudzani, A. M. 2018. Pengaruh Kesehatan Bank Dan Jumlah Kantor Cabang Terhadap Jumlah Dana Pihak Ketiga (DPK) Pada Bank BUMN Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2008-2015. Skripsi. Perpustakaan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpas Bandung. Universitas Pasundan.
Muthaher, Osmad. 2012. Akuntansi Perbankan Syariah. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Nasution, dkk. 2019. Analisis Pengaruh Harga, Promosi, Kepercayaan Dan Karakteristik Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada 212 Mart Di Kota Medan. Proseding Seminar Nasional Kewirausahaan, 1(01), 194-199.
Nisa, dkk. 2019. Pengaruh Brand Image Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Umsu, 1(1), 61.
Novianti, A., & Hakim, L. 2020. Pengaruh Pengetahuan, Produk dan Religiusitas Terhadap Minat Menabung dengan Variabel Moderating Persepsi. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 9(1), 116-122.
Nurmaeni, dkk. 2020. Analisis Pengaruh Hedonisme, Religiusitas, Motivasi dan Promosi Terhadap Keputusan Menabung Pada Bank Syariah (Studi Kasus Pada PT Bank BRI Syariah, TBK kantor Cabang Pembantu Majapahit Semarang). Jurnal Tabarru’ Islamic Banking and Finance, 3(2), 303-312.
Prihanto, Hendi. 2017: Analisis Terhadap Faktor -Faktor Yang Memengaruhi Masyarakat Untuk Menabung Di Bank Syariah. Jurnal Komunikasi Ilmiah dan Perpajakan, 10(1), 1-26.
Robin, & Djanuarko. 2021. Faktor Yang Mempengaruhi Minat Dan Perilaku Menabung Pada Masyarakat Kota Batam Factors EEffecting Interest And Saving Behavior In Batam City. Jurnal Dimensi, 10 (01), 112-126.
Siyoto, & Sodik. 2015. Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.
Sobria, Eva. 2016. Pengaruh Pengamalan Islam, Pendapatan Dan Pengetahuan Menabung Dalam Islam Terhadap Minat Menabung Mahasiswa IAIN Salatiga. Skripsi. Slatiga: Institut Agama Islam Negeri Salatiga.
Sugiarti, dkk. 2020. Factors Affecting Community Interest In Sharia Bank Saving Products (Studies on the Community of South Tangerang City). Ad-Deenar: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 4(02), 189.
Sumarwan, Ujang. 2016. Perilaku Konsumen Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Bogor: Ghalia Indonesia.
Triani Muthia. (2017). Analisis Saving Behaviour pada Mahasiswa S1 di Kota Padang. Skripsi. Padang: Universitas Andalas.
Undang – Undang Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 1998 Tentang Perbankan, Jakarta.
Undang-Undang Nomor 7 Tahun 1992 tentang Perbankan Bagi Hasil, yang direvisi dengan UU No. 10 tahun 1998, bank syariah dan lembaga keuangan non bank tumbuh dengan pesat.
Uniyanti. 2018. Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Minat Nasabah Menabung Di Bank Syariah, Skripsi, Jurusan Ekonomi Islam. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.
Yumanita, D., & Ascarya. 2005. Bank Syariah: Gambaran Umum. Jakarta: Pusat Pendidikan dan Studi Kebanksentralan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.