Pengaruh budaya PENGARUH BUDAYA PERUSAHAAN DAN KPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA PADA KANTOR REGIONAL 1 MEDAN 20004

  • Regina Caely Ayu Putri Fitri Hasian Gultom Student

Abstract

Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi kinerja itu sendiri adalah budaya organisasi/budaya perusahaan. Seorang karyawan akan merasa nyaman bekerja apabila nilai-nilai yang mereka anut sesuai dengan nilai-nilai yang diterapkan oleh perusahaanya. Berdasarkan hasil penelitian yang kami amati dikantor pos masih banyak dibudaya perusahaanya para karyawan belum menaati jam kerja dan menyelesaikan pekerjaan sesuai dengan terget, kepuasan karyawan belum memadai, dan kinerja karyawan belum optimal terlaksana. melaksanakan penelitian sampel pada sebuah perusahaan Kantor Pos Regional 1 Medan 20004,dan Uji Valid dikantor Pos Binjai 20700 sebagai tempat penelitian dikarenakan perusahaan yang bergerak dibidang jasa (pengiriman barang) tersebut memiliki dampak budaya organisasi yang begitu besar terhadap suksesnya perusahaan serta pentingnya pemeliharaan kepuasaan kerja terhadap kinerja karyawan. table V diketahui VIF Variabel harga (XI)dan variable kulitas produk(X2) adalah 1.148 < 10 dan nilai tolerance value 0,871 > 0,1 maka data tersebut tidak terjadi multikolinieritas. Berdasarkan table dapat dilihat nilai konstanta (nilai a) sebesar 16.089 dan untuk Budaya perusahaan (nilai b1) 0,269 sementara kepuasan kerja (nilai b2) -0,051. Berdasarkan tabel diatas diketahui nilai koefisien determinasi atau R Square adalah sebesar 0,098.nilai R square 0,097 ini berasal dari pengkuadratan nilai koefisien korelasi R yaitu 0,313 x 0,313 = 0,097.besarnya angka koefisien determinasi (R square) adalah 0,097 atau sama dengan 09,7%.angka tersebut mengandung arti bahwa variabel budaya perusahaan (X1) dan Variabel Kepuasan kerja (X2) secara simultan bersama-sama berpengaruh terhadap variabel Kepuasan Kerja (Y) sebesar 09,7%.sedangkan sisany (100%-0,97% = 99,0%) dipengaruhi oleh variabel lain diluar persamaan regresi ini atau variabel yang tidak diteliti. Diketahui nilai T hitung 2.458 > T tabel 2,002.dari hasil ini dapat disimpulkan bahawa budaya perusahaan dapat berpengaruh bagi kinerja karyawan dikantor pos regional 1 medan 20004.selain itu dari hasil analisis linear berganda memiliki hasil dengan nilai koefisien regresi variabel motivasi menunjukkan bahwa pengaruh antara budaya perusahaan terhadap kinerja ada positif

Diketahui nilai T hitung -500 < T tabel 2,002.disimpulkan bahawa Kepuasan kerja tidak dapat berpengaruh bagi kinerja karyawan Pt Pos Regional 1 Medan 20004. Dari hasil ini bahwa dikatakan tidak selamanya kepuasan itu tidak berpengaruh terhadap kinerja begitu pun sebaliknya. Menurut Wexley dan Yukl (2005:130) menyatakan bahwa “ kepuasan atau ketidakpuasan dengan sejumlah aspek pekerjaan tergantung selisih antara apa yang telah didapat dengan apa yang diinginkan”. Seseorang akan merasa tidak terpuaskan jika terdapat selisih antara sesuatu yang diinginkan dengan kondisi sebenarnya. Semakin banyak hal yang diinginkan seseorang yang tidak tercapai, maka semakin besar tingkat ketidakpuasannya

Keywords: Kata Kunci Kinerja Karyawan,Budaya Perusahaan,Kepuasan Kerja

References

Wardiman Mokodompit. 2016. Pengaruh Budaya Organisasi dan Kepuasaan Kerja
Terhadap Kinerja Karyawan PT. POS INDONESIA (PERSERO) Cabang Makassar. Skripsi. Jurusan Manajemen Sumber Daya Manusia Universitas Negeri Makassar.
Dr. Meithiana Indrasari, S.T., M.M. 2017. Kepuasan Kerja dan Kinerja Karyawan.
Sidoarjo:Indomedia Pustaka.
Ghozali, I. 2018. Aplikasi Analisis Multivariete SPSS 25 (9th ed.). Semarang:
Universitas Diponegoro.
Joko Sutopo. 2018. Pengaruh Partisipasi Anggaran, Komitmen Organisasi, Kepuasan
Kerja, JOB RELEVANT INFORMATION, Budaya Organisasi Dan Locus Of Control Terhadap kinerja Pegawai Bagian Keuangan Dinas Pendidikan Kabupaten Klaten. Skripsi. STIE Adi Unggul Bhirawa.
Nur Abidin. 2010. Pengaruh Kepuasan, Motivasi dan Kedisiplinan Kerja Terhadap
Kinerja Pegawai di Lingkungan Kantor Wilayah Departemen Agama Provinsi
Jawa Tengah. Jurnal Program Pascasarjana Magister Manajemen. Universitas
Dian Nuswanto Semarang.
Damayanti, R, Hanafi, A. & Cahyadi, A. 2018. Pengaruh Kepuasan Kerja Terhadap
Kinerja Karyawan. Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Terapan.15(2);75-86.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif dan R & B, Bandung: Alfabeta.

Ghozali. 2011. Uji Asumsi Klasik. (http://reseach.upi.education.ac.id)

Prof. Dr. H. Edy Sutrisno, M.Si. Budaya Organisasi. Rawamangun: PRENADAMEDIA
GROUP.
Mukhlis. 2015. Analisis Pengaruh Budaya Perusahaan, Lingkungan Kerja, Dan
Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan DI POS INDONESIA (PERSERO)
KANTOR POS MEDAN. Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia USU.

Dr. Sjahril Effendy P. Drs., M.Si., M.A., M.Psi., M.H. 2010. Budaya Organisasi
Budaya Perusahaan Budaya Kerja Edisi-3. Medan: Usu Press.

Tiara Pertiwi. 2015. Pengaruh Budaya Organisasi dan Stress Kerja Terhadap Kinerja
Karyawan Pada PT. Kereta Api Indonesia (PERSERO) DAOP II. Skripspi
Bandung.

Purwanto. 2019. Analisis Korelasi dan Regerasi Liniear dengan SPSS 21.

Junaidi. Cara baca Tabel F(Download Tabel F Lengkap | Junaidi (wordpress.com)
Junaidi. Persentasi Distribusi T (http://junaidichaniago.wordpress.com)

Aidil putra. Uji Heterokedasitas Metode Uji White dengan SPSS (Uji Heteroskedastisitas Metode Uji White Dengan SPSS - YouTube.

Man nfo. Uji Normalitas SPSS- Uji Asumsi Klasik - Uji Kolmogorov Smirnov -Histogram -pplot SPSS (Uji Normalitas spss- Uji Asumsi Klasik - Uji Kolmogorov Smirnov -Histogram -pplot SPSS - YouTube).
Alpha statistika, Cara Uji Normalitas Sekaligus Mengatasi Data Yang Tidak Normal(Cara Uji Normalitas Sekaligus Mengatasi Data Yang Tidak Normal - YouTube.
     Plum Analytic Metrics

Published
2022-06-14
How to Cite
Hasian Gultom, R. C. (2022). Pengaruh budaya PENGARUH BUDAYA PERUSAHAAN DAN KPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA PADA KANTOR REGIONAL 1 MEDAN 20004. Jesya (Jurnal Ekonomi Dan Ekonomi Syariah), 5(2), 2250-2260. https://doi.org/https://doi.org/10.36778/jesya.v5i2.836

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.