Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Konsumen Transportasi Online di Kota Makassar)

  • Serlin Serang Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muslim Indonesia
  • Ramlawati Ramlawati Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muslim Indonesia
  • Muh. Haerdiansyah Syahnur Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muslim Indonesia

Abstract

Transportasi merupakan faktor penting dalam keberhasilan pembangunan, terutama dalam hal memperlancar kegiatan ekonomi masyarakat. Sistem transportasi saat ini dimaksudkan untuk meningkatkan mobilitas penduduk dan sumber daya lainnya untuk mendorong pembangunan ekonomi dan sosial. Warga Kota Makassar, kota dengan pengguna internet terbanyak di Pulau Sulawesi, memandang penerapan teknologi di bidang transportasi sebagai alternatif yang layak dilakukan karena lebih praktis dan murah. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan promosi terhadap keputusan pembelian konsumen jasa transportasi online di Makassar. Jumlah responden yang diolah menjadi data penelitian adalah 75, data diperoleh dengan menyebarkan kuesioner, menggunakan teknik purposive sampling. Uji kelayakan instrumen (validitas dan reliabilitas), uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, dan pengujian hipotesis digunakan untuk analisis data. Hasil uji parsial menunjukkan bahwa kualitas layanan berpengaruh positif dan signifikan secara statistik terhadap keputusan konsumen, dan promosi juga berpengaruh positif dan signifikan secara statistik terhadap keputusan konsumen. Dengan menggunakan uji dominan, ditentukan bahwa kualitas pelayanan memiliki nilai kontribusi sebesar 43,5 persen sehingga menjadi variabel yang paling berpengaruh terhadap keputusan konsumen. Temuan penelitian menunjukkan bahwa perusahaan transportasi online mempertahankan dan meningkatkan kualitas layanan mereka dan menawarkan promosi berkala untuk mempengaruhi keputusan klien secara positif.

Keywords: Kualitas Layanan, Promosi, Keputusan Pembelian

References

APJII. (2019). Penetrasi & Profil Perilaku Pengguna Internet Indonesia Tahun 2018. Apjii, 51. www.apjii.or.id

Ashoer, M., Syahnur, H., & Murdifin, I. (2019). Bagaimana Gaya Hidup mempengaruhi Keputusan Pembelian Tiket Online ? JURNAL ILMIAH MANAJEMEN DAN BISNIS, 20(1), 52–65.

Ashoer, M., Syahnur, M. H., Taufan, R. R., & Siangka, A. N. (2019). Menyelidiki Loyalitas Millenial Pada Transportasi Online; STUDI MEDIASI BERBASIS SEM PLS. BENEFIT Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 183–198.

Bahari, A. F., & Ashoer, M. (2018). Pengaruh Budaya, Sosial, Pribadi Dan Psikologis Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Ekowisata. Jurnal Manajemen, Ide Dan Inspirasi, 5(1), 69–78.

Basalamah, J., Syahnur, M. H., Ashoer, M., & Bahari, A. F. (2020). Consumer Behavior in Online Transportation Services : A Systematic review of Business Strategies. Ilomata International Journal of Management, 1(3), 134–144.

Dewa, C. B. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Promosi Penjualan Jasa Grabcar Terhadap Kepuasan Pelanggan ( Studi Kasus Pada Wisatawan di Yogyakarta ). Perspektif, XVI(1), 1–6.

Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Universitas Diponegoro.

Hair, J., Black, W., Babin, B. J., & Anderson, R. E. (2009). Multivariate data analysis. Prentice Hall.

Immanuel Mega Christyananda. (2019). Pengaruh Kualitas Layanan, Harga, dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan Gojek (Issue 1). Universitas Sanata Dharma.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Marketing Management. Prentice Hall.

Kotler, P., & Lee, N. R. (2009). Up and Out of Poverty: The Social Marketing Solution. Pearson Education, Inc.

Lovelock, C. H., Widyantoro, A., Samosir, M., & Wright, L. K. (2007). Manajemen Pemasaran Jasa. Indeks.

Malhotra, N. K. (2019). Marketing Research: An Applied Orientation, 7th Edition. Pearson.

Parasuraman, A. (1997). Reflections on Gaining Competitive Advantage Through Customer Value. 25(2), 154–161.

Rifaldi, Kadunci, & Sulistyowati. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Transportasi Online Gojek Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Mahasiswa / I. Epigram, 13(2), 121–128.

Saksono, D. A. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Promosi Terhadap Keputusan Dalam Menggunakan Jasa Laundry Sepatu. Universitas Sanata Dharma.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kombinasi. CV Alfabeta.

Syahnur, M. H., Basalamah, J., & Gani, A. A. (2020). Customer Experience Factor Analysis Towards Customer Satisfaction Online Shopping. Jurnal Analisis Bisnis Ekonomi, 18(2), 83–94.

Syahnur, M. H., Soeharijanto, M., & Tazlie, L. (2018). Analisis Customer Experience Dengan Importance Performance Analysis ( Ipa ) – Suatu Studi Pada Pelanggan Telkom Indihome. 5(2), 1–12.
     Plum Analytic Metrics

Published
2022-06-15

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.