Perilaku Milenial Melakukan Rahn Hasan: Studi Motivasi Nasabah Pengguna Aplikasi Pegadaian Syariah Digital Service
Abstract
Milenial dikenal sebagai generasi pertama yang melek teknologi. Mereka tumbuh beriringan dengan pesatnya kemajuan dunia digital. Dalam pemenuhan kebutuhannya mereka selalu mengandalkan teknologi yang ada. Salah satu yang mereka lakukan adalah pemenuhan kebutuhan finansial melalui aplikasi Pegadaian
Syariah Digital Service. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan tentang bagaimana motivasi generasi milenial dalam melakukan rahn hasan dan peran rahn hasan bagi milenial. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi nasabah. Data diambil melalui metode snow ball kemudian dilakukan wawancara, observasi dan dokumentasi langsung terhadap narasumber. Selanjutnya analisis data dilakukan dengan mereduksi hingga dilakukan penyajian data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada empat motivasi paling dominan bagi generasi milenial dalam melakukan rahn hasam. Paling banyak merupakan motivasi kemudahan transaksi, cepatnya proses pencairan dana, jaminan yang ringan dan beragam, serta tanpa adanya mu’nah atau biaya pemeliharaan. Rahn hasan memberikan lima peran paling dominan bagi milenial. Sebagai solusi bagi nasabah non-bankable, meringankan beban nasabah dengan kemudahan transaksi dan pencairan, sebagai jaminan rasa aman bagi nasabah karena terlepas dari rentenir, serta sebagai solusi mudah untuk memenuhi kebutuhan yang mendesak.
References
Badan Pusat Statistik, Laporan Data Kependudukan 2021, (https://bps.go.id/pressrelease.html), diakses pada 20 Desember 2021.
Creswel, John. W., Terjemahan Penelitian Kualitatif Dan Desain Riset: Memilih Diantara Lima Pendekatan, edisi ke 3, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2015.
Departemen Agama RI, Al-Qur’an dan Terjemahan, Surabaya: Setia Jaya, 2012.
DSN MUI, "Fatwa DSN MUI No. 25 Tentang Rahn" , (http://mui.or.id/wpcontent/uploads/files/fatwa/25-Rahn.pdf), diakses pada 28 Desember 2021.
Dwiastutik, Rini, Ilmu Perilaku Konsumen, Malang: Jniversitas Brawijaya Pers, 2012.
Janwari, Yadi, Lembaga Keuangan Syariah, Bandung: Remaja Rosyda Karya, 2015.
Kementrian Komunikasi dan Informatika, Mengenal Generasi Milenial, (https://www.kominfo.go.id/content/detail/8566/mengenal-generasimillennial/0/sorotan_media), diakses tanggal 20 Desember 2021.
Mira, Enok, Fadil, Mari, Aris, Wawancara, 7 Januari 2022.
Moloeng, Lexy, Metode Kualitatif Edisi Revisi, Bandung: Remaja Rosadakarya, 2009.
Nazir, Moh., Metode Penelitian, Bogor: Ghalia Indonesia, 2005.
Resmi, S., Gali Tutup Lubang Itu Biasa: Strategi Buruh Menanggulangi Persoalan Dari Waktu Ke Waktu, Bandung: Yayasan Akatiga, 2005.
Rianto, M. Nur dan Euis Amalia, Teori Mikro Ekonomi: Suatu Perbandingan Ekonomi Islam Dan Ekonomi Konvensional, Jakarta: Prenada Media Group, 2010.
Sabiq, Sayyid, Fiqih Sunnah Jilid 11, 12, Bandung: Pustaka Percetakan Offset, 1997.
Schiffman, L.G. dan L.L. Kanuk, Perilaku Konsumen, Jakarta: PT. Indeks, 2000.
Setiadi, Nugroho J., Perilaku Konsumen, Jakarta: PT. Kharisma, 2013.
Sobur, Alex, Psikologi Umum, Bandung: Pustaka Setia, 2011.
Suharno, Edi, Coping Strategies Dan Keperfungsian Sosial, Aloysiur Gunata Brata, 2003.
Sumarwan, Ujang, Perilaku Konsumen, Bogor: Ghalia Indonesia, 2014.
Suprayito, Eko, Ekonomi Islam Pendekatan Ekonomi Makro Islan Dan Konvensional, Yogyakarta: Graha Ilmu, 2005.
Tim Advika, "Seperti Apa Penerapan Akad Rahn Hasan Dalam Pegadaian Syariah" (https://pegadaiansyariah.co.id/seperti-apa-penerapan-akad-rahn-hasan-dalam-pegadaian-syariah- detail-1696, d), diakses pada 28 Desember 2021.
Utari, Reni, Generasi Milenial, Generasi yang Rawan Terhadap Gangguan Mental, (https://www.sehatq.com/artikel/generasi-milenial-generasi-yang-rentan-terhadap-gangguan-mental), diakses pada 20 Desember 2021.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.