PENGARUH BRAND IMAGE, HARGA, DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA RUMAH MAKAN IKAN BAKAR GATSU PROBOLINGGO

  • Mufid Andrianata Fakultas Ekonomi Universitas Panca Marga Probolinggo
  • Judi Suharsono Fakultas Ekonomi Universitas Panca Marga Probolinggo
  • M Novan Fithrianto Fakultas Ekonomi Universitas Panca Marga Probolinggo

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh secara simultan maupun parsial, dan dominan antara variabel brand image, harga, dan lokasi terhadap keputusan pembelian konsumen rumah makan ikan bakar Gatsu Probolinggo. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, dengan variabel yang digunakan yaitu brand image, harga, dan lokasi sebagai variabel independen dan keputusan pembelian sebagai variabel dependen. Populasi dalam penelitian ini yaitu konsumen yang melakukan pembelian pada bulan februari 2022 pada rumah makan ikan bakar Gatsu Probolinggo sebanyak 502 orang. Pengambilan sampel sebanyak 50 responden. Metode analsisis data dalam penelitian ini menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, uji hipotesis, dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa brand image, harga, dan lokasi berpengaruh secara simultan dan parsial terhadap keputusan pembelian, serta variabel yang paling berpengaruh (dominan) terhadap keputusan pembelian adalah variabel brand image. Hasil ini dibuktikan melalui uji hipotesis dengan thitung X1 sebesar 4,097, thitung X2 sebesar 2,762, dan thitung X3 sebesar 2,825 yang menunjukkan lebih besar dari  ttabel yaitu 2,010.

Keywords: Brand Image, Harga, Lokasi, dan Keputusan Pembelian

References

Amalia, dan Oloan. 2017. Pengaruh Citra Merek, Harga, dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Merek Xiaomi di Kota Langsa. Vol 6 No 1. Universitas Samudra.

Darmawan, Deni. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: PT Remaja Rosdaka Rya.

Djazari, Rahmawati, dan Mahendra. 2013. Pengaruh Sikap Menghindari Resiko Sharing Knowledge Self-Efficacy Terhadap Informal Knowledge Sharing Pada Mahasiswa FISE UNY. Vol 2 No 2. Universitas Negeri Yogyakarta.

Fatihudin, dan Anang. 2019. Pemasaran Jasa. Pasuruan: CV Qiara Media.

Fikri, dan Mulazid. 2018. Pengaruh Brand Image, Lokasi dan Store Atmosphere Terhadap Proses Keputusan Pembelian Konsumen Pada Minimarket “Kedai Yatim”. Vol 4 No 1. Universitas Telkom.

Fouratama, dan Zainul. 2018. Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Terhadap Keputusan Pembelian (Survei pada Mahasiswa Program Studi Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang Tahun Angkatan 2014/2015 dan 2015/2016 Pengguna Oppo Smartphone). Vol 56 No 1. Universitas Brawijaya.

Gain, Herdinata, dan Krismi. 2017. Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Vodkasoda Shirt. Vol 2 No 2. Universitas Ciputra.

Ghanimata, dan Mustafa. 2012. Analisis Pengaruh Harga Kualitas Produk, dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Studi Pada Pembeli Produk Bandeng Juwana Elrina Semarang. Vol 1 No 2. Universitas Diponegoro.

Haris, Abdul. 2016. Manajemen Pemasaran. Malang: Surya Pena Gemilang.

Lestari, dan Ida. 2017. Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Adidas di Paris Van Java Bandung. Vol 3 No 1. Universitas Telkom.

Lupiyoadi, Rambat. 2014. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat.

Maulana, Yogi Sugiarto. 2018. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pemilihan Lokasi Pabrik PT Sung Chang Indonesia Cabang Kota Banjar. Vol 2 No 2. STISIP Bina Putera Banjar.

Mursid, M. 2014. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Nugroho, Yohanes Anton. 2011. Olah Data Dengan SPSS. Yogyakarta: Skripta Media Creative

Putra, Sasrawan, dan Gusti. 2016. Pengaruh Harga dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Tiket Maskapai Citilink Oleh Wisatawan Nusantara di Bandara Ngurah Rai Bali. Vol 4 No.2. UNUD.

Priansa, Donni Juni. 2017. Perilaku Konsumen. Bandung: Alfabeta.

Rahmat, Abdul. 2017. Pengaruh Gaya Hidup dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Pelanggan.Vol 21 No.3. Universitas Negeri Gorontalo.

Rangkuti, Freddy. 2016. Customer Care Excellence. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Rizan, Mohamad. 2015. Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Study Banding Konsumen Indomie Dan Mie Sedap). Vol 6 No 1. Universitas Negeri Jakarta.

Sianipar, Gloria. 2019. Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen di Alfamart Study Kasus Konsumen Alfamart di Perumnas Mandala. Vol 3 No 1. Universitas HKBP Nommensen.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian (Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sujarweni, Wiratna. 2015. Metodologi Penelitian (Bisnis & Ekonomi). Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Sujarweni, Wiratna. 2018. Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Tjiptono, Fandy. 2014. Pemasaran Jasa. Surabaya: ANDI.

Tjiptono, Fandy. 2017. Strategi Pemasaran. Surabaya: ANDI.

Ulum, Ihyaul. 2011. Klinik Skripsi. Malang: Aditya Media Publising.

Wulandari, dan Farah. 2017. Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Nike Study Pada Mahasiswa Fakultas Komunikasi dan Bisnis. Vol 11 No 1. Universitas Telkom.

Yuvita, Zakaria, dan Sulastri. 2019. Pengaruh Brand Image dan Sales Promotion Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Brand Equity Survey Terhadap Nasabah Bank BNI. Vol 9 No 3. Universitas Sriwijaya.
     Plum Analytic Metrics

Published
2022-06-26
How to Cite
Andrianata, M., Suharsono, J., & Fithrianto, M. (2022). PENGARUH BRAND IMAGE, HARGA, DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA RUMAH MAKAN IKAN BAKAR GATSU PROBOLINGGO. Jesya (Jurnal Ekonomi Dan Ekonomi Syariah), 5(2), 2657-2666. https://doi.org/https://doi.org/10.36778/jesya.v5i2.867

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.