Pengaruh Perilaku Konsumen Terhadap Pembelian Produk KFC di Makassar

  • Fitriany Fitriany Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia
  • La Ode Amijaya Kamaluddin Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia Makassar

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk 1) Untuk menganalisis dan mengetahui apakah faktor kebudayaan mempengaruhi konsumen dalam membeli makanan cepat saji di KFC Makassar 2) Untuk menganalisis dan mengetahui apakah faktor sosial mempengaruhi konsumen dalam membeli makanan cepat saji di KFC Makassar. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen produk KFC berjumlah 7.005 konsumen. Total sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 orang. Jenis dan sumber data yang digunakan dalam penulisan laporan adalah data kualitatif dan data kualitatif bersumber dari data primer dan data sekunder. Data Primer yaitu data yang diperoleh melalui penelitian di lapangan baik melalui responden maupun hasil pengamatan. Data sekunder yaitu data yang diperoleh dari hasil bacaan dari buku-buku, majalah, makalah dan maupun kepustakaan lain yang ada hubungannya dengan permasalahan yang dihadapi. Untuk memperoleh data yang dibutuhkan, dipergunakan teknik pengumpulan dengan metode observasi, dokumentasi dan survei. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Faktor kebudayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumen. 2) Faktor sosial sangat berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumen.

Keywords: Budaya, Sosial, Perilaku Konsumen, Keputusan Pembelian

References

Amberg, N., & Fogarassy, C. (2019). Green consumer behavior in the cosmetics market. Resources, 8(3), 137. https://doi.org/10.3390/resources8030137

Asatiani, A., Hämäläinen, J., Penttinen, E., & Rossi, M. (2021). Constructing continuity across the organisational culture boundary in a highly virtual work environment. Information Systems Journal, 31(1), 62–93. https://doi.org/10.3390/resources8030137

Ben-Akiva, M., McFadden, D., & Train, K. (2019). Foundations of stated preference elicitation: Consumer behavior and choice-based conjoint analysis. Foundations and Trends® in Econometrics, 10(1–2), 1–144. https://www.nowpublishers.com/article/Details/ECO-036

Daud, Z. U. (2018). Pengaruh Produk, Harga dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Rumah pada Green Avina Birem Puntong Langsa Baro. Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 7(2), 174. https://doi.org/10.33059/jmk.v7i2.981

Fauzi, F., & Asri, R. (2020). Pengaruh Etnosentrisme, Citra Merek Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Batik (Studi Pada Konsumen Di Wilayah Jakarta Barat). Jurnal Manajemen Pemasaran, 14(2), 86–95. https://doi.org/10.9744/pemasaran.14.2.86-95

Fetscherin, M. (2019). The five types of brand hate: How they affect consumer behavior. Journal of Business Research, 101, 116–127. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2019.04.017

Gunanto, E., & Gusti, Y. K. (2014). Pengaruh lintas budaya pada pemasaran internasional dengan pendekatan perilaku konsumen. Jurnal Riset Manajemen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha Program Magister Manajemen, 1(2), 168–176. http://jurnal.stieww.ac.id/index.php/jrm/article/view/113

Hamilton, R. W., Mittal, C., Shah, A., Thompson, D. V, & Griskevicius, V. (2019). How financial constraints influence consumer behavior: An integrative framework. Journal of Consumer Psychology, 29(2), 285–305. https://doi.org/10.1002/jcpy.1074

Martínez-Caro, E., Cegarra-Navarro, J. G., & Alfonso-Ruiz, F. J. (2020). Digital technologies and firm performance: The role of digital organisational culture. Technological Forecasting and Social Change, 154, 119962. https://doi.org/10.1016/j.techfore.2020.119962

Obeidat, A. M., Abualoush, S. H., Irtaimeh, H. J., Khaddam, A. A., & Bataineh, K. A. (2018). The role of organisational culture in enhancing the human capital applied study on the social security corporation. International Journal of Learning and Intellectual Capital, 15(3), 258–276.

Pardede, R., & Haryadi, T. Y. (2017). Pengaruh persepsi harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian konsumen yang dimediasi kepuasan konsumen. Journal of Business & Applied Management, 10(1). https://core.ac.uk/display/268049975?utm_source=pdf&utm_medium=banner&utm_campaign=pdf-decoration-v1

Putra, G. P., Arifin, Z., & Sunarti, S. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian dan Dampaknya Terhadap Kepuasan Konsumen (Survei Pada Mahasiswa Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Administrasi Angkatan 2013 dan 2014 Universitas Brawijaya Yang Melakukan Pembelian Paket Data Kampus). Brawijaya University. https://media.neliti.com/media/publications/88103-ID-pengaruh-kualitas-produk-terhadap-keputu.pdf

Santoso, I. (2016). Peran kualitas produk dan layanan, harga dan atmosfer rumah makan cepat saji terhadap keputusan pembelian dan kepuasan konsumen. The Asian Journal of Technology Management, 15(1), 94. https://www.proquest.com/info/openurldocerror;jsessionid=4F848CF7915DD9A44BD28300A08DE1B1.i-0ccd806e52521f3ff

Supriyono, K., & Leonardo Budi Hasiolan, M. (2015). Pengaruh produk, harga dan promosi terhadap keputusan konsumen dalam membeli rumah pada perumahan bukit semarang baru (bsb) city di semarang. Journal Of Management, 1(1). http://jurnal.unpand.ac.id/index.php/MS/article/view/263

Szydło, J., & Grześ-Bukłaho, J. (2020). Relations between national and organisational culture—Case study. Sustainability, 12(4), 1522. https://doi.org/10.3390/su12041522

Tirtayasa, S. (2019). Pengaruh kepemimpinan, budaya organisasi, dan motivasi terhadap kinerja pegawai. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 2(1), 45–54. http://dx.doi.org/10.30596%2Fmaneggio.v2i1.3367

Tran, Q. H. N. (2020). Organisational culture, leadership behaviour and job satisfaction in the Vietnam context. International Journal of Organizational Analysis. https://doi.org/10.1108/IJOA-10-2019-1919

Tresnanda, D. A., & Arifin, Z. (2014). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Rumah (Survei pada Konsumen Perumahan BluKid Residence Sidoarjo). Jurnal Administrasi Bisnis, 8(1).

Trudel, R. (2019). Sustainable consumer behavior. Consumer Psychology Review, 2(1), 85–96. https://doi.org/10.1002/arcp.1045

White, C. J., & Tong, E. (2019). On linking socioeconomic status to consumer loyalty behaviour. Journal of Retailing and Consumer Services, 50, 60–65. https://doi.org/10.1016/j.jretconser.2019.05.001
     Plum Analytic Metrics

Published
2022-08-20
How to Cite
Fitriany, F., & Kamaluddin, L. O. (2022). Pengaruh Perilaku Konsumen Terhadap Pembelian Produk KFC di Makassar. Jesya (Jurnal Ekonomi Dan Ekonomi Syariah), 5(2), 2762-2775. https://doi.org/https://doi.org/10.36778/jesya.v5i2.898

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.