Pengaruh Modal Kerja, Leverage, Ukuran Perusahaan dan Status Konglomerasi Terhadap Profitabilitas di BEI

  • Mipo Mipo Universitas IBBI Medan

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh modal kerja bersih, ukuran perusahaan, leverage, dan status konglomerasi terhadap profitabilitas, penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Data dikumpulkan secara deret waktu dan sesuai kriteria penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah Perusahaan Efek yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama tahun 2017 sampai dengan 2018 sebanyak 104 perusahaan dan sampel yang diambil dari laporan keuangan menjadi 56 perusahaan dengan teknik pengambilan sampel berupa purposive sampling. Pengujian data dilakukan dengan menggunakan analisa statistik yaitu deskriptif statistik, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, uji t dan uji F. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa secara parsial modal kerja bersih dan ukuran perusahaan berpengaruh terhadap profitabilitas pada Perusahaan Efek. Sedangkan leverage dan status konglomerasi tidak berpengaruh terhadap profitabilitas pada Perusahaan Efek yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Secara simultan modal kerja bersih, leverage, ukuran perusahaan, dan status konglomerasi berpengaruh terhadap profitabilitas pada perusahaan efek yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.

Keywords: Modal Kerja, Leverage, Konglomerasi dan Profitabilitas

References

Ardiansyah, Edo. (2017). Pengaruh Leverage, Likuiditas, dan Ukuran perusahaan pertambangan terhadap Profitabilitas pada perusahaan Pertambangan yang terdaftar di BEI. Jurnal Ekonomi Perbanas. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi.

Ambarwati, (2015). Pengaruh Modal Kerja, Likuiditas, Aktivitas, dan Ukuran Perusahaan terhadap Profitabilitas pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Ekonomi Ganesha Universitas Pendidikan Ganesha.

Harto, Puji. (2007). Pengaruh Diversifikasi Korporat Terhadap Kinerja Perusahaan. Jurnal Akuntansi dan Keuangan. Vol 1. No. 3. 2007.


Hartono, Jogiyanto. 2008. Teori Portofolio dan Analisis Investasi Edisi Kelima. BPFE. Yogyakarta.

Jensen, M., C., dan W. Meckling, (1976). “Theory of the firm: Managerial behavior, agency cost and ownership structure”, Journal of Finance Economic 3:305- 360, di-download dari http://www.nhh.no/for/courses/spring/eco420/jensenmeckling-76.pdf.


Jumingan. 2014. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: Media Grafika

Kasmir. (2011). "Analisis Laporan Keuangan ". Penerbit PT Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 1945 Tentang Pasar Modal
     Plum Analytic Metrics

Published
2023-01-06

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.