Pengaruh Pengetahuan, Kesadaran dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepatuhan Pajak PBB di Kecamatan Patumbak

  • Tan Kim Hek Universitas IBBI
  • Petrus Gani Universitas IBBI

Abstract

Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pengetahuan, kesadaran wajib pajak, dan kualitas pelayanan pajak terhadap kepatuhan wajib pajak dalam melakukan pembayaran pajak bumi dan bangunan di kecamatan patumbak, karena teridentifikasi rendahnya pengetahuan,  kesadaran wajib pajak, kepatuhan wajib pajak dan kualitas pelayanan pajak  dari tahun 2017 sampai 2020. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif yang dilakukan melalui pengumpulan data menggunakan Kuesioner dan analisis data pengujian statistik. Sampel pada penelitian ini berjumlah 98 responden. Instrumen yang digunakan adalah uji validitas dan uji reliabilitas. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji t secara parsial, uji F secara simultan dan uji determinasi. Hasil penelitian dari uji regresi linear berganda yaitu Y = 2,864 + 0,677X1 + 0,243X2+0,446X3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial dan simultan Pengetahuan, Kesadaran Wajib Pajak dan Kualitas Pelayanan Pajak berpengaruh terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Melakukan Pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan di Kecamatan Patumbak.

Keywords: Pengetahuan, Kesadaran, Pelayanan, Kepatuhan dan Pajak

References

Atikasari, Teti Tri dan Nur Handayani (2017), Dampak Revaluasi Aset Tetap Terhadap Pajak Penghasilan. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi, Volume 6, Nomor 8.

Fajriyan (2015), Pengaruh Persepsi Pelaksanaan Sensus Pajak Nasional, Sikap Wajib Pajak pada Pelaksanaan Sanksi Denda dan Kesasadaran Perpajakan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Studi Pada Wajib Pajak Orang Pribadi di Kelurahan Miji Mojokerto). Jurnal Perpajakan (JEJAK) Vol. 1, No. 1.

Ghozali Imam (2016), Aplikasi Analisis Multivariete IBM SPSS 23 (Edisi VIII).Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Lesmana, Dina Agustian (2018), Pengaruh Pemahaman Wajib Pajak Mengenai Akuntansi Perpajakan, Kualitas Pelayanan Pajak Dan Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Survey Pada Wajib Pajak Orang Pribadi Pengusaha Tertentu Di Wilayah Kantor Pelayanan Pajak Pratama. Jurnal Perpajakan (JEJAK) Vol. 2, No. 1.

Mardiasmo (2016), Perpajakan (Edisi Revisi). Yogyakarta:Penerbit Andi.

Nurmatu Safri (2015), Pengantar Perpajakan (Edisi II). Jakarta: Granit

Purwono, H (2017), Dasar-Dasar Perpajakan dan Akuntansi Pajak (Edisi II). Jakarta: Erlangga.

Rahayu Siti Kurnia (2017), Perpajakan Konsep dan Aspek Formal (Edisi I). Bandung: Rekayasa Sains.

Ratnawati, Juli dan Retno Indah Hernawati (2015), Dasar-dasar Perpajakan (Edisi I).
Yogyakarta: Deepublish

Sugiyono (2018), Metode Penelitian Kuantitatif (Edisi I). Bandung: Alfabeta

Undang-undang nomor 28 Tahun 2009 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah.

Wardani Dewi Kusuma (2017), Pengaruh Pengetahuan Wajib Pajak, Kesadaran Wajib Pajak, Dan Program Samsat Corner Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor. Jurnal Akuntansi Dewantara. Vol. 1 No. 2.
     Plum Analytic Metrics

Published
2023-01-05

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.