PENERAPAN STRATEGI DIGITAL MARKETING DALAM MENINGKATKAN OMSET DENGAN PENDEKATAN ANALISIS SWOT PERSPEKTIF MARKETING SYARIAH PADA TOKO FIHADAESSIE SURABAYA

  • Ananda Mega Pratiwi Universitas Trunojoyo Madura
  • Abdur Rohman Universitas Trunojoyo Madura

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemajuan teknologi internet yang saat ini berkembang pesat di masyarakat, Strategi digital marketing menjadi jalan alternatif bagi pelaku bisnis untuk menjangkau konsumen dengan sangat luas dan cepat dalam mempromosikan produknya melalui internet dan untuk meningkatkan volume penjualan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan strategi digital marketing pada toko Fihadaessie Surabaya alam mengembangkan bisnis dengan mempromosikan prodak yang dapat meningkatkan omset penjualannya yang diukur menggunakan matriks SWOT dan meninjau strategi digital marketing apakah sudah sesuai dengan prinsip marketing syariah. Penelitian ini dilakukan pada Toko Fihadaessie dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode  Matriks IFAS, Matriks EFAS, dan Matriks SWOTuntuk mengukur kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman. Sumber data diperoleh dari data primer dan data sekunder.Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan strategi digital marketing pada toko Fihadaessie Surabaya sudah berhasil mengimplementasikan dengan baik melalui media sosial whatsapp, instragram, shopee dan tiktok sehingga terjadi peningkatan dalam omsetnya dan penerapan strategi digital marketing sudah sesuai dengan prinsip marketing syariah. Dari hasil matriks IFAS sudah kuat dalam mengidentifikasikan faktor internal, Matriks EFAS toko Fihadaessie Surabaya dengan baik merespon peluang yang ada dan menghindari ancaman yang datang dari pesaing.

Keywords: Strategi;Digital Marketing;SWOT;Marketing Syariah

References

Adhistiana, Patria, dkk. (2020) Implementasi Digital Marketing Dalam Meningkatkan Omset Penjualan Susu Kambing Etawa Budidaya Pesantren Masyhad An-Nur Sukabumi : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1)

Adinugraha, Hendri Hermawan, Asih Maisaroh, Rifqi Hidayatullah, dan M. Bahrurizqil.(2021) Analisis Strategi Pemasaran Melalui Digital Marketing Dalam Meningkatkan Omzet Penjualan Batik : Jurnal Ilmu Teknik dan Informatika, 1(2)

Aini, Fajar Nur. (2020) Teknik Analisis SWOT, (Kota Yogyakarta : Anak Hebat Indonesia)

Ari, Juwita. (2019) Skripsi : Analisis SWOT Dalam Menentukan Strategi Pemasaran Pada Usaha Furniture di Some Renders Madiun

Aryanto, Vincent Didiek Wiet dan Yohan Wismanto. (2020) Marketing Digital Solusi Bisnis Masa Kini Dan Masa Depan, (Kota Yogyakarta : PT Kanisus)

D, Dzikrulloh. (2014) Jual Beli Dropshipping Dalam Bisnis Online, Jurnal Ekonomi dan Keuangan Islam,1(2)

Hadi, Wiwik Puspita dan Lilis Suaibah. (2021) Improvement Of Productivity On Educational Toys Craftsmen Through Training Of Production And Digital Marketing, Journal of Character Education Society, 4(1)

Hadi, Demaz Fauzi, Kiki Zakiah. (2021) Strategi Digital Marketing Bagi UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) Untuk Bersaing di Era Pademi : Jurnal Competitive, 16(1)

Hanum, Farida. (2019) Bisnis Online Indonesia Menarik Minat Kalangan Muda. Jurnal Bisnis Corporate, 4(1)

Hariani, Cicik, Heru Sri Wulan,Feri Agustina, (2021) Digital Marketing Bagi UMKM, (Kota Bandung: Media SAINS Indonesia)

Husnan, Fathul dan Java Creativity. (2015) Buku Pintar Bisnis Online, (Kota Jakarta : PT Elex Media Kompotindo)

Kertajaya, Hermawan dan Muhammad Syakir Sula. (2006) Syariah Marketing, (Kota Bandung : PT Mizan Pustaka)

Lestary, Lena, Heny Hendrayati, Agus Rahayu. (2022). Analisis SWOT dan Digital Marketing. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Keuangan, 4(4)

Ma’aruf, Amir. (2022) Analisis Strategi, (Kota Yogyakarta : CV Andi Offset)

Munandar, Dandang. (2022) Digital Marketing, (Kota Surabaya : Cipta Media Nusantara)

Prayoga, Jordy. (2020) Perkembangan Bisnis Online di Indonesia Saat Ini, https://gudangssl.id/blog/perkembangan-bisnis-online-di-indonesia/diakses11 November 2022

Purkon, Arip. (2014) Bisnis Online Syariah, (Kota Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama )

Rachmadewi, Ira Promasanti, Firdaus Aulia, Qurtubi, Wahyudhi Sutrisno, Chancard Basumerda. (2021) Analisis Strategi Digital Marketing Pada Toko Online Usaha Kecil Menengah: Jurnal INTECH Teknik Industri Universitas Serang Raya, 7(2)

Rifa’I, Zanuar dan Witriantino, Dwiki Agung. (2020). Analisis Digital Marketing Start-up Hompimpaa.id Menggunakan Metode Analisis SWOT, Value Proposition Canvas, dan Competitive Five Force. Jurnal Indonesian Journal on Software Engineering (IJSE), 8(1)

Rohman, Abdur. (2016) Analisis Penerapan Akad Ju’alah Dalam Multi Level Marketing, Jurnal Al-Adalah, 13(2)

Sanjaya, Ridwan, dkk. (2019) Mudah Membuat Aplikasi Pemasaran Digital 360 Derajat, (Kota Jakarta : PT Elex Media Kompotindo)

Sudaryo, Yoyo, dkk. (2020) Digital Marketing Dan Fintech Di Indonesia, (Kota Yogyakarta : CV Andi Offset)

Stefanus, Stefen dan Mohammad Ridwanz. (2022) Analisis Strategi Marketing Syariah Untuk Meningkatkan Omset Penjualan Pada Era Globalisasi Di Toko Emas Pantes Sindang Laut Kabupaten Cirebon : Change Think Journal, 1(1)

Wijayanti, Hasna. (2021) Panduan Analisis SWOT Untuk Kesuksesan Bisnis, (Kota Yogyakarta : Anak Hebat Indonesia)
     Plum Analytic Metrics

Published
2023-01-01

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.