PERFORMA KEUANGAN YANG MEMENGARUHI NILAI PERUSAHAAN PADA SAHAM KATEGORI LQ45 PERIODE 2019-2021

  • Nadia Inggrida Jurusan Akuntansi, Universitas Bunda Mulia
  • Temy Setiawan Universitas Bunda Mulia
  • Veny Veny Jurusan Akuntansi, Universitas Bunda Mulia

Abstract

Perusahaan memiliki tujuan jangka panjang yaitu mengoptimalkan nilai perusahaan karena berkaitan dengan harga saham sehingga memaksimalkan kemakmuran para pemegang saham. Tujuan dari penelitian ini untuk membuktikan adanya pengaruh profitabilitas, leverage, ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan. Teknik pengambilan sampel dipilih secara purposive sampling sehingga menghasilkan jumlah sampel sebanyak 25 perusahaan dan setelah outlier menjadi 19 perusahaan. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi data panel dengan program EViews versi 9. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa profitabilitas berpengaruh dan positif terhadap nilai perusahaan. Yang artinya semakin tinggi laba yang dihasilkan semakin tinggi juga nilai perusahaan. Sedangkan leverage dan ukuran perusahaan tidak mempengaruhi nilai perusahaan. Yang artinya besar kecilnya leverage dan ukuran perusahaan tidak mempengaruhi keputusan investor dalam menginvestasikan dana yang dimilikinya. Berdasarkan hasil penelitian ini, bagi para investor diharapkan dapat mempertimbangkan faktor yang dapat mempengaruhi nilai perusahaan seperti melihat profitabilitas dari perusahaan yang akan diinvestasikan agar dapat meminimalisir kerugian. Selain itu, diharapkan kepada eksekutif perusahaan dapat memberikan informasi terkait faktor yang mempengaruhi nilai perusahaan seperti yang terkait dengan profitabilitas, yang mana hal tersebut dapat menjadi pertimbangan investor untuk berinvestasi sehingga dapat mempertahankan dan meningkatkan nilai perusahaan, serta meningkatkan kepercayaan publik terhadap perusahaan

Keywords: Profitabilitas, Leverage, Ukuran Perusahaan, Nilai Perusahaan

References

Amelia, B., & Riharjo, I. B. (2022). Pengaruh Profitabilitas, Kebijakan Deviden, dan Growth Opportunity Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi, 11(6).

Anggraeny, N., & Suwitho. (2020). Pengaruh Profitabilitas, Leverage dan Growth Opportunity Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 9(12).

Baramuli, D. (2020). Analisis Pengaruh Leverage, Profitabilitas Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Pada Industri Perbankan Yang Terdaftar Di Bei. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 8(3), 174–183.

Dewantari, N. L. S., Cipta, W., & Susila, G. P. A. J. (2020). Pengaruh Ukuran Perusahaan Dan Leverage Serta Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Food and Beverages Di Bei. Prospek: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 1(2), 74. https://doi.org/10.23887/pjmb.v1i2.23157

Dewi, L. A., & Praptoyo, S. (2022). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, dan Leverage Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi, 11(2).

Dina, D. A. S., & Wahyuningtyas, E. T. (2022). Pengaruh Profitabilitas, Leverage, dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris pada Perusahaan LQ45 pada Bursa Efek Indonesia Periode 2018-2020. Accounting and Management Journal, 6(1), 36–49. https://doi.org/10.33086/amj.v6i1.2821

Endri, E., & Fathony, M. (2020). Determinants of firm’s value: Evidence from financial industry. GrowingScience, 10, 111–120. https://doi.org/10.5267/j.msl.2019.8.011

Firdaus, A. N., Krisnanto, E., & Kharlina, S. (2021). Pengaruh Growth Opportunity, Kebijakan Dividen dan Firm Size Terhadap Nilai Perusahaan (Studi perusahaan pertambangan di Indonesia yang terdaftar di BEI Periode 2015 - 2020). Humanities,Management and Science Proceedings, 1(2), 156–172.

Ghozali, I., & Ratmono, D. (2017). Analisis Multivariat Dan Ekonometrika Teori, Konsep, Dan Aplikasi dengan EViews 10 (2nd ed.). Universitas Diponogoro.

Gunanta, R., & Saudi, M. H. (2021). Effect Of Profitability On Company Value When The Covid-19 Pandemic In The Sector Of Telecommunication Companies Registered On The Indonesian Stock Exchange. Turkish Journal of Computer and Mathematics Education, 12(8), 601–606.
https://www.proquest.com/docview/2623459840/1E232CD78BEB40DBPQ/41

Husna, A., & Satria, I. (2019). Effects of Return on Asset, Debt To Asset Ratio, Current Ratio, Firm Size, and Dividend Payout Ratio on Firm Value. International Journal of Economics and Financial Issues, 9(5), 50–54. https://doi.org/10.32479/ijefi.8595

Kieso, D. E., Weygandt, .J., & Warfield, T. D. (2018). Intermediate Accounting: IFRS Edition (3rd ed.). Wiley.
Lestari, E. P., Astuti, D., & Basir, M. A. (2020). The role of internal factors in determining the firm value in Indonesia. GrowingScience, 6, 665–670. https://doi.org/10.5267/j.ac.2020.6.018

Mahardikari, A. K. W. (2021). Pengaruh Profitability, Liquidity, Leverage, Dividend Policy, Firm Size, dan Firm Growth terhadap Nilai Perusahaan. In Jurnal Ilmu Manajemen (Vol. 9, Issue 2, p. 399). https://doi.org/10.26740/jim.v9n2.p399-411

Nathanael, R. F., & Panggabean, R. R. (2020). Pengaruh Struktur Modal, Profitabiltas, Leverage dan Growth Opportunity Terhadap Nilai Perusahaan. BALANCE: Jurnal Akuntansi, Auditing Dan Keuangan, 17(2), 175–200. https://doi.org/https://doi.org/10.25170/balance.v17i2

Purwani, T., & Oktavia, O. (2018). Profitabilitas, Leverage, Kebijakan Dividen, Kepemilikan Institusional dan Growth terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Bisnis Dan Ekonomi, 25(1), 13–25.

Putra, I. G. S., Lestianto, A. A., Putri, D. F., Fatimah, H. H., Wijaya, I. D., & Saffanah, R. H. (2021). Testing of Internal Factors Financial Performance on Firm Value. REVIEW OF INTERNATIONAL GEOGRAPHICAL EDUCATION, 11(6), 688–696. https://doi.org/10.48047/rigeo.11.06.85

Putra, R. D., & Gantino, R. (2021). Pengaruh Profitabilitas, Leverage, dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Bisnis Dan Manajemen Volume, 11(1), 81–96. https://doi.org/http://doi.org/10.15408/ess.v11i1.20338

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Yanti, I. G. A. D. N., & Darmayanti, N. P. A. (2019). Pengaruh Profitabiltas, Ukuran Perusahaan, Struktur Modal, dan likuiditas Terhadap Nilai Perusahaan Makanan dan Minuman. E-Jurnal Manajemen, 8(4), 2297–2324. https://doi.org/https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2019.v8.i4.p15
     Plum Analytic Metrics

Published
2023-01-01

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.