Peran Mompreneur Dalam Mendukung Ekonomi Keluarga Pada Masa Pandemik Covid-19 di Kota Ternate

  • Basaria Nainggolan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ternate
  • Marwa Marwa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ternate
  • Nurqaida Hamid Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ternate

Abstract

Masa pandemik 19 telah memberikan pengalaman yang berbeda, pendidikan yang selama ini anak didik masuk kelas, maka kondisi pandemic 19 mengalami perubahan, begitu juga dalam kehidupan sosial, transportasi dan ekonomi.  Kehidupan ekonomi ini, memberikan arah kehidupan dalam memenuhi kebutuhan keluarga yang dilakoni oleh penanggungjawab keluarga, yaitu ayah dan ibu.  Namun pada masa covid 19 kehidupan mencari nafkah ini tidak hanya dilakukan oleh suami, tetapi istri juga berperan yang dikenal dengan istilah “Mompreneur”. Jiwa enternership para istri tak dapat dibendung karena ingin membantu ekonomi keluarga, lalu bagaimana peran mompreneur dalam mendukung ekonomi keluarga pada masa covid-19 di Kota Ternate.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa peran mompreneur dalam mendukung ekonomi pada masa covid-19 di Kota Ternate.  Jenis penelitian adalah analisis kualitatif deskriptif  yaitu menggali data tentang peran mompreneur di Kota Ternate melalui tehnik penelitian dan analisa data. Di samping itu untuk menggali data yang akurat dan mempermudah peneliti, maka melakukan Fokus Diskusi Group sebanyak 30 orang.

Hasil penelitian bahwa mompreneur memiliki peran yang sangat strategis dalam mendukung ekonomi keluarga pada masa covid 19. Saat lalu lintas ekonomi mengalami situasi yang berbeda, namun mompreneur bergerak dengan karyanya/hasilnya untuk mendapatkan tambahan pokok keuangan suami, bahkan menjadi tulangpunggung keluarga dalam memenuhi kebutuhan keluarga. Pada penelitian, melakukan wawancara terhadap 40 mompreneur yang ada di Kelurahan Dufa-dufa, Gamalama dan Fitu.  Dari 40 yang di wawancara, peneliti melakukan Fokus Diskusi Group sebanyak 30 orang untuk tahap pertama di Kelurahan Dufa-dufa dan 15 orang untuk tahap kedua di Kelurahan Fitu.  Mompreneur melakukan usaha, seperti menjual sayur segar, ikan segar, kue, ikan asap, pentolan, nasi kuning dan membuka kios. Kreteria peran yang dilakukan dapat untuk memenuhi kebutuhan pokok,  danjuga bisa membantu pembayaran uang sekolah, lampu, air, acara perkawinan dan acara keluarga, seperti arisan, dan tahlilan.

Keywords: Momprenerur, Ekonomi Keluarga

References

Adam, S., Rumapea, P., & Rumawas, W. (2016). Pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah Kota Ternate (Studi Dinas Koperasi dan UKM Kota Ternate). Jurnal Society, 129–142.

Agarwal, A. (2010). Financial Deepening, Financial Inclusion : Challenges and Opportunities. The 23rd Skoch Summit.

Diochon, M., & Anderson, A. (2011). Ambivalence and Ambiguity in Social Enterprise; Narratives About Values In Reconciling Purpose and Practices. International Entrepreneurship Management, 93–109.

Dwivedi, D. (2010). Macroeconomics Theory and Policy. Tata Mc Graw Hill Education Pte Ltd.

Fritsch, & Storey. (2014). Entrepreneurship in a Regional Context : Historical Roots, Recent Developments and Future Challenges. Regional Studies, 48(6), 939–954.

Iji, M., EA, E., & Ojong-Ejoh, M. (2021). Women and Small Business : Contributing to Household Income and Family Wellbeing. Quantitative Economics and Management Studies (QEMS), 2(5), 307–318.

Kemenkeu RI. (2021, 04 23). Pandemi berdampak lebih berat kepada Perempuan ini respon pemerintah. Dipetik 10 11, 2021, dari Kementerian Keuangan Republik Indonesia Web site: https://www.kemenkeu.go.id/publikasi/berita/pandemi-berdampak-lebih-berat-kepada-perempuan-ini-respon-pemerintah/

Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian RI. (2021). UMKM Menjadi Pilar Penting dalam Perekonomian Indonesia. Dipetik 04 01, 2022, dari Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian RI.Web site: https://ekon.go.id/publikasi/detail/2969/%20umkm-menjadi-pilar-penting-dalam-perekonomian-indonesia

LIPI. (2020). Strategi Penguatan Ketahanan Pangan Rumah Tangga dan Jaringan Pengamanan Sosial di Masa Pandemi COVID-19.
https://ekonomi.lipi.go.id/public/images/publikasi/1610772926_Policy_Brief_Pangan_ISBN_Barcode.pd.

Molina, J. A. (2020). Family and Entrepreneuship : New Empirical and Theoretical Results. Journal of Family and Economic Issues, 41, 1–3.

Richomme-Huet. (2013). Mumpreneurship : A New Concept For An Old Phenomenon. International Journal of Entrepreneurship and Small Business, 19(2), 251–275.

Saningoutra, G., Yuniawan, A., & Rahardja, E. (2016). Motivasi Mompreneur Untuk Terlibat Dalam Komunitas Indonesia Mompreneur. Semarang : Universitas Diponegoro.

Slameto. (1991). Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta.

Tawainella, I. (2021). Dinas Koperasi dan UKM Kota Ternate. https://indotimur.com/nusantara/dinas-koperasi-dan-ukm-kota-ternate-usulkan-28012-pelaku-usaha-mikro-penerima-bpum-2021

Tindangen, M., Engka, D. S. M., & Wauran, P. C. (2020). Peran Perempuan Dalam Meningkatkan Ekonomi Keluarga (Studi Kasus : Perempuan Pekerja Sawah Di Desa Lemoh Barat Kecamatan Tombariri Timur Kabupaten Minahasa). Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 20(3), 80.

Vanita. (2010). Macroeconomics : Theory and Policy.
     Plum Analytic Metrics

Published
2023-06-01

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.