Dampak Zakat Produktif Baznas Kabupaten Pasaman Barat terhadap Kesejahteraan Masyarakat di Kecamatan Rao

  • Novia Indriani UIN Imam Bonjol Padang
  • Andriani Syofyan UIN Imam Bonjol Padang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak zakat produktif BAZNAS Kabupaten Pasaman terhadap kesejahteraan masyarakat di Kecamatan Rao. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah sampel jenuh. Dengan menggunakan sampel sebanyak 100 Responden yang merupakan semua mustahik zakat produktif Kecamatan Rao. Penelitian ini menggunakan Analisis Deskriptif dan Uji Paired Simple t-test. Zakat produktif yang disalurkan BAZNAS Kabupaten Pasaman di Kecamatan Rao sampai saat ini berjalan dengan lancar, hal ini terlihat dari wawancara yang dilakukan oleh peneliti di lapangan, mereka sangat bersyukur karena telah mendapat bantuan modal usaha dan bantuan BAZNAS lainnya, dengan bantuan ini mereka dapat membuka usaha baru seperti beternak, berkebun dan membuka warung kecil-kecilan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel zakat produktif berdampak signifikan terhadap kesejahteraan masyarakat di Kecamatan Rao. Artinya kalau zakat produktif itu ditingkatkan maka akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kecamatan Rao yaitu dalam bentuk pemberian bantuan 1. modal usaha, 2. pemberian bibit tanaman dan, 3. pemberian hewan ternak

Keywords: Zakat Produktif, Kesejahteraan

References

Ali, M. D. (1998). Sistem Ekonomi Islam: Zakat dan Wakaf. Jakarta: UI Press.

Bintarto. (1989). Interaksi Desa-Kota dan Permasalahannya. Bogor: Ghalia Indonesia.

Fahrudin. (2012). Pengantar Kesejahteraan Sosial. Bandung: Refika Aditama.

Fitri. (2017). Zakat Produktif bagi Kesejahteraan Masyarakat. Semarang: Piramedia.

Hafinuddin, D. (2012). Zakat Dalam Perekonomian Modern. Jakarta: Gema Insani.

Hanjani, D. A. (2012). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Tingkat Kesejahteraan Karyawan Outsourcing PT. Perkebunan Nusantara II Unit Kebun Sawit Seberang. Jurnal Ilmiah, 1-13.

Muharir, & Hariani, R. (2021). Pengaruh Bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) dan BLT Desa Terhadap Tingkat Kesejahteraan Masayarakat (Studi Pada Kelompok Penerima Manfaat (KPM) di Desa Tirta Makmur Kecamatan Air Kumbang96. Jurnal Menajemen Profesional, 139-140.

Narbuko, C., & Ahmadi, A. (2003). Metodologi Penelitian. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Ningsih, E. L., & Alansori, A. (2020). Kontribusi UMKM Terhadap Kesejahteraan Masyarakat. Yogyakarta: IKAPI.

Pasaman, P. K. (2019, Oktober 13). Profile Kabupaten Pasaman. Pasaman, Sumatera Barat, Indonesia: pasamankab.go.id. Retrieved Oktober 13, 2019, from pasamankab.go.id

Putri, A. B., & Suhadak. (2019). Uji Beda Ekspor Dan Impor Indonesia Sebelum Dan Sesudah Perang Dagang Amerika Serikat Dan China. Jurnal Administrasi Bisnis , 6.

Qadir, A. (2001). Zakat (dalam Dimensi Mahdah dan Sosial). Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sarwono, J. (2011). Mixed Methods Cara Menggabungkan Riset Kuantitatif dan Riset Kualitatif Secara Benar. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Statistik, B. P. (2000). Jakarta.
     Plum Analytic Metrics

Published
2023-01-02

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.