Pengaruh Pendapatan Dan Budaya Terhadap Konsusmsi Rumah Tangga Di Kecamatan Mappedeceng

  • Ahmad Husain Universitas Muhammadiyah Palopo
  • Sri Wahyuny Mustafa Universitas Muhammadiyah Palopo
  • H Mustafa Muhani Universitas Muhammadiyah Palopo

Abstract

Hasil penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh Pendapatan dan Budaya Terhadap Konsumsi Rumah Tangga. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, data di peroleh melalui penyebaran kuensioner kepada masyarakat tempat penelitian di laksanakan. Jumlah sampel penelitian ini sebanyak 90 responden. Analisisn data dalam penelitian ini mengunakan metode regresi linear dan uji t serta uji f, dan di olah dengan memkai program SPSS 22. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa di peroleh hasil simultan pendapatan dan budaya mempunyai pengaruh singnifikan terhadap konsumsi rumah tangga dengan hasil ini uji t di peroleh nilai t tabel (13.391>1,986) dengan nilai signifikan 0,000. Berdasarkan tabel di atas di ketahui bahwa nilai singnifikan 0,000<α 0,05 dan nilai f hitung 200,610 > f tabel 2.70. Merujuk pada hasil uji statistik, uji hipotesis serta pembahasan di atas maka dapat di tarik kesimpulan bahwasanya pendapatan berpengaruh positif dan tidak singnifikan terhadap konsumsi rumah tangga hal ini di karenakan pendapatan pada konsumsi rumah tangga mengindikasi bahwa adanya pendapatan atau tidak adanya pendapatan maka konsumsi rumah tangga tetap terpenuhi. Selanjutnya budaya berpengaruh positif dan singnifikan terhadap konsumsi rumah tangga, hal ini di karenakan budaya yang berhubungan dengan tradisi memerlukan biaya yang akan mempengaruhi konsumsi rumah tangga

Keywords: Pendapatan, Budaya, Konsumsi Rumah Tangga

References

Adiana & Karmini (2014), pengaruh pendapatan, jumlah anggota keluarga,dan pendidikan terhadap pola konsumsi rumah tangga miskin di kecamatan Gianyar. Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Udayana Arsyad,

Ariani, M. dan Rachman, H.P.S., 2003. Analisis Tingkat Ketahanan Pangan Rumah Tangga. Media Gizi dan Keluarga. 27 (2). 1-6

Diah, N., & Setyaningrum, B. (n.d.). Budaya Lokal Di Era Global. 1662.

Giantara, M. S., Santoso, J., Perhotelan, M., & Petra, U. K. (n.d.). Pengaruh Budaya, Sub Budaya, Kelas Sosial, Dan Persepsi Kualitas Terhadap Peerilaku Keputusan Pembelian Kue Tradisional Kue Tradisional Oleh Mahasiswa Di Surabaya. 1–17.

Hanum, N. (2018). Pengaruh Pendapatan , Jumlah Tanggungan Keluarga Dan Pendidikan Terhadap Pola Konsumsi Rumah Tangga Nelayan Di Desa Seuneubok Rambong Aceh Timur. 2(1), 75–84.

Kokhaki, Sarmadnia, Gha, M., dan A. V., Fähling, J., Industry, M., Nielsch, W., Abbildung, D., Turtle, P., Lanza, G. et al., Messe, H., Cases, U., Ar-anwendungen, P., Reality, A., Werkzeug, M., App, D., Vsm, S. I. M., E.V., T.-I. S. K., BSI, B. F. S. in der I., Group, S. S., Heller, J., Industrie, D. P., … Komission, E. (2018). Analisis Determinan Pengeluaran Knsumsi Rumah Tangga Di Indonesia. Bitkom Research, 63(2), 1–3.

Kotler, P. & Armstrong, G. (2008). Prinsip – prinsip pemasaran (12th ed). Jakarta: Erlangga.

Kotler, P. & Keller, K. L. (2007). Manajemen pemasaran (12th ed). Jakarta: PT. Indeks. Kue tradisional dan modern (2013, February 21). Retrieved November 5, 2013.

Marbun, B., N. (2003). Kamus manajemen. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.

Mubyarto. (2004). Ekonomi Rakyat Program IDT dan Deniokrasi Ekonomi Indonesia. Penerbit Aditya Media. Jakarta.
Nurhadi. 2005. Ekonomi. Jakarta:Erlangga.

Prasetijo, R. & Ihalauw, J.J.O.I. (2005). Perilaku konsumen. Yogyakarta: Andi.

Riyadi H. 2003. Penilaian Gizi Secara Antopometri. Bogor: Departemen Gizi dan Masyarakat. Salemba Medika
Rahardja&Manurung. (2000). Teori Ekonomi Makro. Jakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.
Ramlan. 2006. Pengantar Ilmu Ekonomi Mikro. Yogyakarta: Andi.

Reksoprayitno .2004. Sistem Ekonomi dan Demokrasi Ekonomi, ( Jakarta: Bina Grafika).

Schiffman, L. G. & Kanuk, L. L. (2008). Consumer behavior (7th ed). International Edition, Upper Saddle River, New Jersey: Prentice Hall.

Solomon, M. R. (2004). Consumer behavior: buying, having, and being (6th ed). Upper Saddle River, New Jersey: Pearson Prentice Hall.

Sukirno. Sadono. 2006. Teori Mikroekonomi Suatu Pengantar. Jakarta: PT. RajaGrafindo

Vidiawan & Tisnawati (2015) Analisis Pengaruh Pendapatan, Jumlah Anggota Keluarga Dan Pendidikan Terhadap Jumlah Konsumsi Rumah Tangga Miskin DiDesa Batu Kandik Kecamatan Nusa Penida Kabupaten Klungkung. Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana. E Journal.

Zella Yanti, M. (2019). Pengaruh pendapatan, jumlah anggota keluarga dan tingkat pendidikan terhadap konsumsi rumah tangga di kecamatanmuara dua kota lhokseumawe. VIII, 72–81.
     Plum Analytic Metrics

Published
2023-06-01

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.