Menelisik Makna Riba Pada Bank Muamalat Di Kota Palopo

  • Sahwa Hermila Universitas Muhammadiyah Palopo
  • Antong antong
  • Halim Usman

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memajukan perekonomian memiliki strategi  penting agar masyarakat terhindar dari prinsip ribawi dengan pinjaman modal dengan sistem bagi hasil yang tidak mengarah pada sistem bunga. Metode yang di gunakan dalam penelitian adalah Kualitatif dengan menggunakan studi literatur kepustakaan yang menunjukan bahwa riba merupakan tambahan, namun penambahan menimbulkan keadilan,hal ini di jelaskan dalam berbagai sumber termasuk Al-Qur’an. Penelitian ini  dilaksanakan di salah satu Bank Muamalat di kota palopo, hasil penelitian ini yang di temukan berdasarkan hasil wawancara riba adalah suatu nilai tambah yang di kenakan kepada nasabah untuk memenuhi kebutuhan bank, karena bank adalah pengelolah atau  intermediasi dimana intermediasi merupakan suatu fungsi lembaga keuangan bank melalui cara penarikan atau penghimpunan dana dari para nasabah kemudian disalurkan lagi dalam bentuk pinjaman kepada pihak-pihak yang membutuhkan.

 

Keywords: Makna riba, system bagi hasil, bank syariah

References

Muthe, Safaruddin. 2020. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Nasabah Menabung Pada Tabungan Mudharabah Di Bank Muamalat Cabang Balai Kota Medan.” Jurnal Akuntansi dan Keuangan 9(1): 18–28.
Noer, M U H Afta. 2022. “GAMBARAN UMUM PERBANKAN SYARIAH DI INDONESIA Makalah Ini Disusun Untuk Memenuhi Tugas Pada Mata Kuliah Manajemen Pemasaran Perbankan Syariah.”
Marimin, A., and Romdhoni, A.H (2017). Perkembangan Bank Syariah Di Indonesia. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 1(2), 75–87.
suardi, Didi. 2019. “Banque Syar’i : Jurnal Ilmiah Perbankan Syariah Volume.” Jurnal Ilmiah Perbankan Syariah 2(1): 59–66.
Richa, Angkita et al. 2016. “Celah Riba Pada Perbankan Syariah Serta Konsekwensinya.” Cakrawala XI(1): 1–21.
Budiono, Arief, and Universitas Muhammadiyah Ponorogo. 2017. “Penerapan Prinsip Syariah Pada Lembaga Keuangan Syariah.” 2(1): 54–65.
Kholila, Siti. 2018. “Pengaruh Motifasi Menghindari Riba Dan Pengetahuan Produk Perbankan Syariah Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah Di Bank Muamalat.” مجلة جامعة كركوك للدراسات الانسانية 7: 1–25.
NPutra, Yoka Irfan. 2015. “‘Buku Pintar Membuat Website Gratis Tanpa Guru.’”
Rahim, Abdul. 2015. “Konsep Bunga Dan Prinsip Ekonomi Islam Dalam Perbankan Syariah.” Human Falah 2(2): 1–15.
Juliana, Niken, Y Sonafist, and Nuzul Iskandar. 2021. “Pemikiran Abdullah Saeed Tentang Riba Dan Implikasinya Terhadap Hukum Bunga Bank.” JISRAH: Jurnal Integrasi Ilmu Syariah 2(3): 23.
     Plum Analytic Metrics

Published
2023-06-01

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.