Pengaruh PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN PRODUK TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA UMKM
Abstract
Loyalitas pelanggan perusahaan merupakan faktor penting dalam keberhasilan bisnis perusahaan; mempertahankan loyalitas ini berarti meningkatkan kinerja keuangan perusahaan dan menjamin bahwa perusahaan akan terus eksis. Kualitas layanan dapat diartikan dalam berbagai cara yang berbeda karena fakta bahwa kualitas terdiri dari sejumlah tingkat universal yang sama di mana-mana. Sistem kepercayaan budaya sangat penting untuk pembentukan budaya. + 0,556 X3 + e, pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji F secara simultan, selain uji t parsial dan uji koefisien determinasi (R2). Berdasarkan temuan penelitian ini, variabel independen Kualitas Pelayanan (X1), Kualitas Produk (X2), dan Kepuasan Pelanggan (X3) semuanya berpengaruh positif dan signifikan secara simultan terhadap variabel dependen Loyalitas Pelanggan. Hal ini ditunjukkan dengan Fhitung 99,345 melebihi Ftabel 2,70. Keterkaitan antara kedua variabel menunjukkan bahwa variabel kepuasan pelanggan (X3) berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel loyalitas pelanggan (Y). Hal ini ditunjukkan dengan thitung (7,523) > ttabel (1,98609). Nilai adjusted R Squer yang menunjukkan koefisien determinasi dalam penelitian ini adalah 0,836 yang berarti 83,6% dari total. Hal ini menunjukkan bahwa variabel kualitas layanan, kualitas produk, dan kepuasan pelanggan dapat menyumbang 83,6% dari variabilitas loyalitas pelanggan. Sisanya 16,4% dari variabilitas loyalitas pelanggan dapat dipertanggungjawabkan oleh faktor tambahan yang tidak diselidiki dalam penelitian ini.
References
Melysa Elisabeth Pongoh “Kualitas Pelayanan, Kualitas Poduk Dan Harga Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Pelanggan Kartu As Telkomsel Di Kota Manado”, Jurnal EMBA, Vol.1 No.4 Desember 2013, Hal. 86-94
Nurafrina Siregar, S.E, M.Si “Pengaruh Pencitraan, Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Rumah Makan Kampoeng Deli Medan”, Jurnal Manajemen Tools Vol. 8 No. 2, ISSN : 2088-3145, 2017,
Yana Yulianto “Analisis pengaruh kualitas dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan” Studi Kasus pada Rumah Makan Lombok Idjo Cabang Gajah Mada di Kota Semarang, 2016
Zainudin Tambunan “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaru Loyalitas Pelanggan Serta Dampaknya Terhadap Keunggulan Besaing” Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen Vol 4 ,No.3, Edisi Khusus Pemasaran & Keuangan 2016: 445-460
Ghozali, Imam. 2016. Desain Penelitian Kuantitatif & Kualitatif, Yoga Pratama, Semarang.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.